Cara Ampuh Tanpa Obat Untuk Mengatasi Mual Saat Hamil
Cara Ampuh Tanpa Obat Untuk Mengatasi Mual Saat Hamil

10 Cara Ampuh Tanpa Obat Untuk Mengatasi Mual Saat Hamil

Posted on

Cara mengatasi mual saat hamil banyak dilakukan oleh ibu hamil yang mengalami muntah dan mual pada saat 3 bulan pertama kehamilannya maupun saat . Memang pada saat 3 bulan pertama kehamilan, banyak ibu hamil banyak mengalami mual dan muntah karna pada saat itu janin mereka masih sangat rawan, janin masih sangat rentan mengalami keguguran, dan oleh sebab itulah saat usia kehamilan masih muda para ibu hamil harus selalu menjaga kehamilannya.

Beberapa Penyebab Ibu Hamil Sering Merasa Mual
Beberapa Penyebab Ibu Hamil Sering Merasa Mual

Ibu hamil akan mudah merasa mual saat trisemester peratamanya karna penciumannya masih sangat peka, saat bumil ini mencium sesuatu yang tidak ia sukai biasanya ia langsung merasa mual. Para ibu hamil sebaiknya mengetahui hal apakah yang menyebabkannya merasa mual, sehingga bisa mengatasi dan menghilangkan rasa mual tersebut dengan mudah. Dan berikutlah beberapa hal yang bisa menyebabkan ibu hamil merasa mual:

  • Asam Lambung

Bagi ibu hamil yang sebelumnya mempunyai riwayat asam lambung, bisa jadi saat hamil dia akan terus-terusan muntah dan mual. Dan jika memang iya, jangan sampai membiarkan perut ibu hamil tersebut kosong atau tidak terisi makanan sama sekali karna asam lambungnya akan semakin naik nantinya.

  • Hormon yang Meningkat

Hormon dalam tubuh yang meningkat merupakan salah satu penyebab naiknya asam lambung, hormon yang dimaksud adalah hormone estrogen. Hormon estrogen ini banyak keluar saat pagi hari dan sangat mempengaruhi kondisi asam lambung seseorang, karna itulah banyak ibu hamil yang merasa mual saat pagi hari.

  • Metabolisme yang Berubah

Metabolesme merupakan salah satu proses yang terjadi pada tubuh semua orang, lebih tepatnya proses pencernaan. Saat hamil muda, sistem metabolisme dalam tubuh berubah menjadi semakin lambat, dan inilah yang menyebabkan ibu hamil muda merasa mual.

  • Pencernaan yang Terdesak

Rasa mual bisa timbul pada ibu hamil yang usia kandungannya masih muda atau yang sudah tua, ini dikarenakan janin yang semakin berkembang yang mendesak organ pencernaan dan saluran cerna dan membuat keduanya menjadi semakin sempit.

  • Psikologis

Pemicu utama rasa mual pada ibu hamil adalah kondisi psikologis bumil yang belum siap untuk memiliki anak.

Cara sederhana mengatasi rasa mual saat hamil:

  1. Makan Sedikit Namun Sering

Alasan dari cara ini adalah:

  • Makan dengan porsi yang sedikit akan membuat makan lebih mudah masuk dan dicerna dengan tubuh.
  • Makan dengan porsi yang banyak hanya akan menambah rasa mual pada bumil.
  • Kebanyakan ibu hamil akan merasa eneg saat melihat makanan dengan porsi yang banyak.
  • Makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat, karna bisa membuat ibu hamil selalu berenergi dan terhindar dari lemah dan lesu.
  1. Mengambil Jeda Saat Pagi Hari

Saat pagi hari, ibu hamil biasanya langsung beranjak dari tempat tidurya, dan itulah yang menyebabkan ibu hamil merasa mual saat pagi hari. Untuk mengatasinya adalah dengan memberi jeda waktu antara bangun tidur dengan beranjak dari tempat tidur.

  1. Hindari Makanan yang Menghasilkan Gas

Makanan yang menghasilkan gas seperti nangka, durian, makanan hasil fermentasi(tape), minuman yang mengandung soda, dan sawi hijau sangat tidak disarankan untuk ibu hamil. Makanan-makanan tersebut akan membuat perut kembung dan akibatnya ibu hamil akan sering merasa mual.

  1. Jauhi Makanan yang Dapat Menambah Rasa Mual

Para ibu hamil dianjurkan untuk menjahui makanan yang dapat membuat mereka merasa mual, seperti makanan yang mengandung tinggi lemak, makanan yang berminyak, dan makanan yang pedas, dan lain-lain.

  1. Minum Cukup

Ibu hamil yang sering muntah bisa jadi disebabkan karna tubuh kekurangan cairan. Oleh karna itu para ibu hamil harsu memenuhi keperluan cairan untuk tubuh mereka dengan rajin-rajin meminum air putih.

  1. Mengkonsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C secara teratur akan mengurangi rasa mual ibu hamil secara perlahan dan bertahap. Vitamin C yang terdapat dalam buah akan dapat menetralisir rasa mual, namun buah yang terlalu asam juga tidak disarankan untuk ibu hamil yang memiliki riwayat asam lambung.

  1. Mengkonsumsi Buah Dingin

Buah yang didinginkan memiliki kemampuan menetralisir rasa mual yang lebih dibandingkan buah yang didiamkan dalam suhu ruang. Ini dikarenakan usus akan lebih mudah menerima buah yang suhunya turun dibandingkan buah yang suhunya tetap.

  1. Menghirup Udara Pagi

Saat mencium udara yang segar pada pagi hari, tubuh ibu hamil akan merasa rileks. Dan saat tubuh dalam keadaan rileks itulah otak dapat bekerja untuk menekan rasa mual.

  1. Olahraga

Olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah olahraga yang ringan seperti jogging dan berenang, olahraga ringan tersebut dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

  1. Terapi

Terapi akupuntur merupakan terapi untuk menghilangkan rasa mual saat hamil. Akupuntur itu sendiri merupakan totok jarum di titik syaraf tubuh seseorang, akupuntur ini berguna untuk memperbaiki kesalahan pada syaraf perut yang membuat ibu hamil menjadi sering merasa mual.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply