Cara Mengatasi Penyakit Anemia

Posted on

Mungkin bagi sebagian anda sudah tahu apa itu penyakit anemia. Anemia itu ialah sebuah enyakit kekurangan jumlah sel darah merah ataupun kekurangan kandungan hemoglobin yang anda di dalam darah kita. Anemia sendiri ini bisa terjadi karena tubuh kita telah kehilangan darah yang di sebabkan trauma ataupun karena penyakit. Tak heran jika anemia ini sering terjadi pada wanita loh guys, tapi anak-anak dan pria juga ada yang mengalaminya ko.

cara mengatasi anemia

Berbagai penyebab anemia ini juga berbeda-beda loh guys. Kebanyakan orang itu merasa mudah lelah pada saat anemia ini menyerang tubuh, tak hanya itu rasa lelah, lesu dan juga tidak bersemangat pun akan datang kepada diri anda nantinya. Dan untuk itu berbegai pencegahan bisa anda lakukan, antara lain berikut ini:

  1. Komsumsi makanan tinggi zat besi

Kekurangan zat besi ini juga bisa menyebabkan anemia. Kondisi seperti ini juga sangatlah sering terjadi pada seorang wanita dengan berbagai macam penyebab yang berbeda tentunya. Zat besi sendiri ini ialah mineral yag sangat bermanfaat tubuh anda dan juga bisa membantu mengedarkan oksigen lewat sel darah merah ke semua bagian tubuh anda tentunya. Zat besi ini juga bisa menghasilkan energi bagi tubuh anda, membantu kerja syaraf dan juga bisa meningkatkan sistemkekebalan  tubuh anda. So, untuk mengtasi anemia ini anda disarankan mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti halnya sereal, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau dan juga daging merah yang tanpa lemak.

  1. Komsumsi makanan tinggi vitamin B12

Vitamin B12 ini juga merupakn vitamin alami yang bisa anda temukan pada susu, semua olahan susu, daging dan juga prosuk kedelai lainnya. Vitamin B12 ini bisa membantu mengatasi tubuh anda karena vitamin B12 ini bisa mengubah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh menjadi gula, hal seperti ini bisa mengatasi tubuh yang lemah. Dan adapun dampak dari vitamin B12 ini ialah berbahaya seperti penyakit kanker dan juga enyakit jantung.

  1. Kpmsumsi makanan tinggi vitamin C

Tanpa kita sadari jika kita mengkomsumsi berbagai makanan yang mana disitu banyakmengandung vitamin C, ini bisa membantu anda dalam penyakit anemia loh. Beberapa jenis vitamin C alami dari buah dan sayuran ini juga banyakmengandung bahan antioksidab yang berfungsi mengatasi kerusakan akibat zat radikal bebas yang nantinya bisa menyebabkan penyakit anemia.

  1. Batasi meminum kopi dan teh

Mungkin kebiasaan anda yang satu ini akan mengakibatkan penyakit anemia. Karena hal ini bisa terjadi ketika anda meminum semua jenis minuman yang dimana dia banyak sekali mengandung kafein  ini bisa membuat pergerakan pada tubuh anda dalam menyerap zat besi akan sangat lambat sekali. So, mulai sekarang jangan terlalu sering meminum teh ataupun kopi yah guys.

  1. Perbanyaklah meminum air mineral

Oke, untuk yang satu ini anda bisa biasakan meminum air mineral secara banyak. Karena pada proses ini jumlah yang bagus untuk anda meminum air mineral itu tiga liter perhari. Karena air putih itu bisa melarutkan zat-zat yang tidak baik yang berada di dalam tubuh anda tentunya.

  1. Seringlah anda memakan sayur bayam

Sayur bayam ini juga merupakn salah satu sayuran yang sangat sederhana sekali loh guys, karena sayuran yang satu ini juga bisa mencegah datangnya penyakit anemia pada tubuh anda nantinya. Karena bayam sendiri ini banyak sekali mengandung nutrisi yang lengkap seperti vitamin A, vitamin B9, Vitamin C, Vitamin E, zat besi dan masih banyak lagi tentunya. Bayam juga akan membantu menjngkatkan tubuh anda memproduksi darah.So, mulai sekarang jangan lupa merutinkan memakan sayur bayam guna mencegah penyakit anemia.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply