Yuk Kenali, Apa Itu Mimisan Dan 10 Penyebab Terjadinya Mimisan

Posted on

Epistaksin atau yang lebih dikenal dengan mimisan adalah sebuah gejala pendarahan atau keluarnya darah dari hidung anda, baik itu sebelah kiri, kanan ataupun dua duanya, mimisan bisa terjadi pada semua orang, mulai dari anak kecil sampai lansia. Perlu anda tau, mimisan bukanlah gejala kronis yang harus anda repotkan, yang penting anda tetap tenang jika mimisan mengenai pada anda.

Umumnya mimisan terjadi secara tiba tiba dan berlangsung tidak lama, mungkin hanya beberapa detik saja. Ketika anda terkena mimisan biasanya hidung anda tidak perih tapi hidung anda akan terasa tidak nyaman sebab adanya darah segar yang mengalir pada hidung anda.

Mimisan terjadi sebab pecahnya salah satu pembuluh darah pada hidung anda. Secara umum mimisan dibedakan menjadi dua, yang pertama mimisan anterior, ini adalah gejala yang sudah sering terjadi pada manusia tetapi jika mimisan yang satu ini, atau yang disebut mimisan posterior, gejala ini harus ditangani lebih serius daripada biasanya sebab hidung mengeluarkan darah dalam jumlah agak banyak.

Apa itu mimisan dan penyebab mimisan

Mungkin anda sering berpikir, kenapa anda bisa mimisan. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan anda mimisan, inilah beberapa hal penyebab mimisan yang perlu anda ketahui :

  1. Mengorek hidung terlalu keras

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang mengambil kotoran didalam hidung, namun harus diketahui bahwa kebiasaan ini sangat tidak sehat jika anda mengoreknya terlalu kedalam, sebab bisa saja secara tidak sengaja anda melukai bagian hidung dalam anda dan darah akan mengalir dari luka tersebut, hal tersebutlah yang menyebabkan hidung anda mimisan.

  1. Terlalu keras ketika membuang ingus

Mungkin ketika anda bersin pasti anda akan reflek untuk mengeluarkan ingus dari hidung anda, namun terkadang ada beberapa orang yang membuang ingus dengan cara kasar atau keras, yang mungkin maksut mereka agar ingus dapat keluar banyak dan hidung akan terasa ringan.

  1. Suhu atau tekanan udara yang sering berubah

Perubahan musim ataupun suhu disekitar anda akan membuat hidung anda lebih sensitif, sebab kondisi yang seperti itu dapat memecahkan beberapa pembuluh hidung anda dan menyebabkan mimisan.

  1. Penggunaan obat obatan

Tidak semua kandungan kimia dari obat dapat menyembuhkan anda, justru beberapa bahan kimia dari sebuah obat dapat menyebabkan anda mimisan.

  1. Alergi

Bagi orang yang memiliki hidung sensitif, polutan, udara yang terlalu panas ataupun udara yang terlalu dingin bisa menimbulkan mimisan pada hidung anda. Percaya atau tidak, semua udara yang kita hirup tidak semuanya baik dan itulah yang bisa menyebabkan anda alergi.

  1. Penggunaan narkotika

Selain merusak kesehatan tubuh anda, narkoba atau obat obatan terlarang dapat  menyebabkan anda terkena mimisan, apalagi jenis narkoba yang penggunaannya harus dihirup oleh hidung. Biasanya ini terjadi pada narkoba jenis kokain, ganja dan sabu.

  1. Iritasi

Selain disebabkan karena adanya alergi atau bahan kimia yang masuk kedalam hidung, ternyata ada juga beberapa bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi gatal gatal bahkan pendarahan pada hidung jika sudah terhirup. Sebaiknya anda selalu menggunakan masker, apalagi jika anda bekerja pada sebuah pabrik bahan kimia.

  1. Kelainan pembekuan darah

Tidak semua orang didunia memiliki kemampuan menghentikan luka secara cepat, ada beberapa orang yang menderita kelainan pembekuan darah atau yang lebih sering disebut hemophilia. Mereka memiliki kemampuan lambat ketika menghentikan darah, mengeringkan luka ataupun jika mereka hanya terluka sedikit saja pasti mereka akan mengeluarkan darah dalam jumlah banyak.

  1. Tumor rongga hidung

Tumor atau benjolan yang tidak normal bisa saja tumbuh pada hidung anda, ketika tumor itu semakin membesar pasti saluran pernapasan penderita akan tertutup dan beberapa pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan terjadinya mimisan.

  1. Psikosomatis

Jika seseorang terkena gangguan psikologi seperti stres, depresi, takut, phobia dan cemas bisa saja ketika gangguan mereka sedang kambuh biasanya akan diikuti dengan gejala mimisan.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply