10 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bekerja
10 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bekerja

10 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk dan Lelah Saat Bekerja

Posted on

Pekerjaan atau tugas yang banyak serta menumpuk akan membuat badan dan pikiran terasa sangat lelah,  apalagi  jika sampai harus dibawa pulang ke rumah, biasanya akan mengharuskan anda untuk begadang dan tentunya itu akan banyak menyita waktu tidur anda. Dan akibatnya saat bekerja pada hari besoknya, anda akan mudah merasa lelah dan ngantuk yang berlebihan.

Beberapa Cara Untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja
Beberapa Cara Untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja

Dan tak jarang walaupun anda melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan rasa ngantuk dan lelah yang berlebihan saat bekerja, rasa ngantuk dan lelah itu tak kunjung pergi dari anda. Hal itu bisa saja disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Kurang Olahraga

Menurut salah satu dokter dari Health Sport Therapy, kurang olahraga merupakan salah satu penyebab anda mudah ngantuk dan lelah saat bekerja. Olahraga yang dimaksud adalah olahraga yang dilakukan hingga mencapai zona latihan diri yang dilakukan secara rutin dan teratur. Dan mungkin juga sebaliknya, seseorang akan mudah merasa lelah dan ngantuk saat bekerja karna olahraga yang terlalu berlebihan.

  • Gejala Anemia

Gejala anemia atau kurang darah juga menjadi salah satu penyebab mudah ngantuk dan lelah saat bekerja atau belajar. Ini dikarenakan terganggunya suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah. Padahal oksigen merupakan salah satu unsur terpenting untuk menghasilkan oksigen. Dan untuk mengetahui kejelasannya, anda harus segera melakukan tes darah, jika hasilnya negatif (anda tidak mengidap anemia) bisa jadi rasa kantuk dan lelah yang sering melanda anda dikibatkan karna kurangnya waktu istirahat.

  • Gejala Prediabetes

Rasa kantuk dan berlebihan saat bekerja atau belajar juga bisa disebabkan karna adanya gejala prediabetes, hal inilah yang diungkapkan oleh salah satu dokter dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM yaitu dr.Dante Saksono Herbuwono,SpPD. Tubuh akan mengalami hiperinsulinemia(kelebihan insulin) saat setelah makan, sehingga kadar gula dalam darah menurun secara drastis. Amatilah gejala prediabetes dengan teliti, seperti mudah merasa haus dan sering buang air kecil, dan jika tidak segera diobati, prediabetes akan menjadi diabetes. Namun cara paling efektif untuk memastikannya adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Setelah anda mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan rasa kantuk dan lelah yang berlebihan sata bekerja atau belajar, sekarang saya akan membagikan tips untuk mengusir rasa kantuk dan lelah yang berlebihan saat bekerja atau belajar, berikut tipsnya:

1.Jalan-Jalan Ke Luar Ruangan

Bekerja atau belajar di dalam ruangan dengan lampu yang terang, AC, dan monitor komputer akan mudah membuat anda merasa ngantuk. Cara cepat untuk mengusir rasa ngantuk tersebut adalah dengan jalan-jalan ke luar ruangan dan mencari pemandangan serta udara yang segar. Hal tersebut akan membuat tubuh anda merasa segar kembali dan tidak merasa ngantuk lagi.

2.Olahraga Ringan

Orang-orang banyak yang meremehkan pentingnya olahraga dengan berbagai alasan yaitu terlalu sibuk bekerja sampai tidak sempat untuk berolahraga, dan lain sebagainya. Sehingga banyak dari mereka yang lebih mementingkan pekerjaan dan mengesampingkan olahraga yang jelas-jelas sangat penting untuk tubuh mereka. Saat anda mulai merasa lelah dan ngantuk saat bekerja, lakukanlah olahraga ringan seperti jumping jack dan lompat tali untuk membuat detak jantung anda semakin cepat sehingga tubuh anda akan mendapatkan lebih banyak oksigen dan anda akan menjadi segar kembali.

3.Olah Raga Otak

Otak yang terlalu rilex mungkin saja dapat menyebabkan anda mudah merasa ngantuk saat bekerja dan belajar. Untuk itu, asahlah otak anda untuk berpikir dengan cara mengisi TTS atau bermain permainan seperti sudoku atau monopoli. Dengan begitu otak anda akan dipaksa untuk bekerja dan tubuh anda akan semakin bersemangat.

4.Dinginkan Kepala Anda

Meminum air dingi atau es yang dicampur dengan jus lemon adalah salah satu cara untuk mendinginkan kepala. Coba anda bayangkan bagaimana rasanya, pastinya dingin dan asam. Jika anda meminumnya saya yakin anda tidak akan merasa ngantuk lagi. Cara lain untuk mendinginkan kepala adalah dengan mencipratkan sedikit es lemon tadi pada wajah anda, atau dengan meletakkan potongan es di peregelangan tangan atau di pundak dan dahi anda.

5.Ngemil Saat Kerja

Ngemil juga dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh anda agar tidak mudah ngantuk. Namun anda juga tidak boleh sembarangan memilih camilan untuk bekerja, pilihlah camilan yang ringan seperti buah dan sayur atau snack yang rendah kalori.

6.Belanja Online

Bagi anda yang suka dengan fashion, anda bisa memilih produk-produk baru yang dijual di internet saat anda mulai merasa ngantuk dan lelah dalam bekerja. Mencari barang-barang baru di internet akan mampu menyegarkan mata anda.

7.Bercanda

Luangkan sedikit waktu bekerja anda untuk bercanda bersama teman-teman bekerja anda, tujuannya adalah untuk mengusir rasa jenuh dan ngantuk saat bekerja. Jika anda tidak memiliki teman yang bisa diajak bercanda, coba bukalah situs-situs lucu yang bisa membuat anda tertawa.

8.Menelpon Ibu

Ikatan emosional ibu dan anak biasanya dapat membuat seseorang terjaga dari kantuk. Cara ini pun juga bisa anda lakukan ketika anda mulai merasa ngantuk saat bekerja, selain untuk mengusir rasa ngantuk. Selain itu, sering-sering menghubungi orang tua juga akan baik bagi anda dan orang tua anda karna tidak akan merenggangkan hubungan satu sama lain.

9.Gunakan Wangi-Wangian

Cara simple untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan menghirup wangi-wangian. Jangan lupa untuk membawa parfum aat anda bekeja, dan saat anda mulai merasa ngantuk, semprotkan parfum tersebut ke pergelangan tangan anda kemudian hirup baunya dalam-dalam. Namun jangan sampai anda membawa parfum dengan wangi lavender, karna akan membuat anda merasa semakin ngantuk.

10.Menari

Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah menari, lakukanlah hal konyol ini jika rasa kantuk anda tidak kunjung hilang. Dengarkanlah musik favorit anda di handphone, lalu menarilah sepuasnya selama 10  menit, tubuh anda akan terasa segar kembali dan rasa kantuk anda juga akan menghilang. Jika anda tidak merasa malu dengan teman-teman anda, cobalah untuk melakukan cara ini!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply