Tips Mengatasi Sesak Nafas

Posted on

Mengatasi sesak nafas

Sesak nafas atau dalam bahasa kedokteran biasa di sebut dispnea merupakan gangguan pernafasan yang sering di derita oleh masyarakat.Penyakit ini pasti sangatlah mengganggu aktifitas,apalagi jumlah penderita sesak nafas makin lama makin  bertambah akhir-akhir ini.

sesak-nafas

Apalagi di tambah dengan jumlah polusi udara yang semakin meningkat,membuat jumlah penderita sesak nafas smakin meningkat pula.Dan dengan polusi,semakin banyak kuman yang menyebar ke dalam tubuh termasuk organ pernafasan.

Untuk mengatasi sesak nafas ada banyak cara yang dapat di coba, mulai dari yang tidak memakai obat obatan sampai menggunakan obat obatan. Untuk mengatasi sesak nafas, terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab dari terjadinya sesak nafas  itu sehingga penanganan yang diberikan tepat dan tidak mengakibatkan kefatalan karena beda penyebab pasti beda penanganannya.

Bila sesak nafas mulai kambuh harus segera diatasi, karena dapat menyebabkan hal – hal yang tidak diinginkan dan kefatalan misalnya terjadi kejang atau bahkan gagal nafas yang bisa berakibat pada kematian. Hal – hal pertama yang bisa dilakukan di rumah apabila ada seseorang yang sesak nafas nya kambuh adalah sebagai berikut :

  1. Ajak ke tempat yang nyaman dan tenang

Jangan sampai di gerumuni banyak orang,karena jiak dikerumuni udara disitu akan pengap.Kalau bisa ajak dia ke tempat yang segar yang banyak mengandung oksigenya,supaya dia bisa tenang pikirannya

  1. Berikan Posisi Setengah Duduk

Jika ada seseorang yang mengalami sesak nafas, segera mungkin posisikan dia tidur setengah duduk (45’  – 90’) dan beri dia bantal supaya dia lebih mudah untuk bernafas. Posisi ini akan membantu paru – paru penderita sesak nafas lebih mudan untuk mengembang sehingga oksigen bisa masuk secara maksimal.

  1. Latih untuk tarik nafas panjang

Ajarkan supaya bisa menarik nafas panjang,supaya pikirannya rileks dan tenang dan supaya pikirannya bisa terkendali.

  1. Beri dia oksigen

Beri oksigen dengan takaran pas supaya tidak terjadi kesalahan fatal,jangan terlalu banyak ataupun sedikit,mungkin kira-kira 2 saja

  1. Bawa ke tenaga medis

Jika pertolongan di atas sudah di berikan dan tidak membantu maka bawalah ke tenaga medis ataupun dokter,supaya bisa di tangani lebih serius.

Sekian semoga artikel saya bermanfaat untuk anda .

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply