Penjelasan Lengkap Mengenai CD/DVD ROM

Posted on

Penjelasan Lengkap Mengenai CD/DVD ROM

CD/DVD ROM merupakan hardware atau perangkat keras yang membantu atau berfungsi untuk mengirim data yang sudah di olah ke komponen-komponen computer lainya seperti media penyimpanan, agar dapat terbaca di computer dan dapat di proses lagi oleh user (pengguna).

Nah di artikel saya kali ini saya akan membahas tuntas mengenai CD ROM dan DVD ROM.

Pengertian CD ROM

CD ROM adalah akronim dari “ compact disk read only memory” merupakan sebuah piringan kompak dari jenis piringan optical disk yang bisa menyimpan data. CD  ROM ini hanya bisa dipakai untuk membaca CD saja. Secara garis besar CD ROM dibagi menjadi dua menurut tipenya yaitu: ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mencolok dari perbedaanya adalah kecepatannya. Jika ATA memiliki kecepatan 100-133 Mbps, sedangkan jenis SCSI ini memiliki kecepatan kira-kira lebih dari 150 Mbps. Untuk ipe SCSI ini biasanya di terdapat pada CR RW drive. Pada CD rom terdapat tulisan 56x yang artinya dia memiliki kemampuan transfer data dengan kecepatan 56 x150 kbps. Tipe dari CD RW juga dapat dibedakan dari kemampuan membakar dan membacanya. CD RW jenis 12x8x32 artinya dia memiliki kecepatan membaca dan membakar pada CD R secepat 12x, membakar pada CD RW sekencang 8x, dan membacanya CD R/CD RW dengan kecepatan maksimum 32x.

Fungsi CD ROM

Telah di terangkan bawa CD ROM merupakan hardware yang hanya dapat membaca CD doang. Selain itu CD ROM juga memiliki fungsi untuk melakukan pengistalan software OS (operating system), GAMES, ataupun aplikasi-aplikasi lainya. Atau juga bisa untuk melakukan booting di saat masuk ke OS bila systemnya tidak mau jalan.

Pengertian CD RW

CD RW merupakan drive yang mempunyai kemampuan untuk membaca kepingan CD dan juga alat ini dapat  menulis di kepingan CD blank. CD RW drive ini memakai sinar laser merah untuk menulis informasi yang di perintah dari computer ke merekam discs, baik itu CD R disc, yang tidak bisa di hapus, atau CD RW yang bisa di hapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD RW drive ini dapat di gunakan untuk membuat CD audio, yang bisa di putar di semua player atau data disc yang di pakai yang berfungsi untuk membuat cadangan atau menngirim data/file.

Pengertian DVD ROM

DVD memiliki kepanjangan dari Bahasa Digital Versatile Disc (DVD). Sesuai dengan namanya DVD merupakan media penyimpanan data digita yang isinya variative. Bentuknya juga sangat mirip dengan CD. Yang berbeda dari DVD dan CD adalah DVD dapat memainan film ataupun audio lebih baik dari pada CD. Dengan kapasitas data penyimpanan yang lebih besar dan proses yang lebih kencang dari pada CD. DVD juga bis menyimpan data-data penting lainya seperti document, foto, dan software, ataupun data penting dari computer lainya

 Fungsi DVD ROM

DVD ROM merupakan hardware atau perangkat keras yang memiliki fungsi dan bentuk yang mirip dengan CD ROM. Akan tetapi DVD ROM ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan CD ROM. Fungsi dari DVD ROM DDRIVE adalah membaca data atau program dari DVD.

Pengertian DVD RW

DVD RW merupakan cakram optic yang bisa menulis ulang dan memiliki kapasitas yang sama dengan DVD R dengan kapasitas biasanya 4,7 GB. Tidak seperti halnya DVD RAM, DVD RW bisa di maikan di sekitar 75% DVD player biasa.

Fungsi DVD RW

DVD RW ini menggunakan sinar laser merah sehingga berfungsi untuk menulis informasi dari computer ke merekam discs. Yang tidak dapat di hapus maupun yang dapat di hapus dan tercatat sebanyak kira-kira 1000 kali.

Demikianlah artikel saya mengenai CD ROM, CD RW dan DVD ROM dan DVD RW. Semoga apa yang saya informasikan dapat membantu kalian dalam mengetahui komponen-komponen dari computer itu sendiri.

 

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply