casing

Penjelasan Lengkap Mengenai Casing

Posted on

Penjelasan Lengkap Mengenai Casing

Perangkat yang satu ini mungki sering di abaikan oleh para user dalam pembeliannya. Tahukah kalian bahwa casing computer itu tidak boleh asal beli ajah. Emang Kenapa???. Dikarenakan kebutuhan computer setiap orang itu berbeda-beda. Misalnya kita ingin merakit computer khusus game dan ingin merakitnya sendiri. Di saat kita melakukan pembelian dan kita membeli casing standar hal itu akan berdapak buruk nantinya pada computer kalian.

Pada artikel saya kali ini saya akan menjelsakan tentang pengertian, fungsi, serta jenis-jenis dari casing. Tujuannya agar kalian itu teliti di saat membeli casing computer dan saat ingin melakukan perakitan computer.

Pengertian Casing Komputer

Casing adalah rumah untuk komponen-komponen computer seperti mhoter board, prosesor, power supply, VGA, sound card, network card, dan lainya. Selain itu casing juga di gunakan untuk melindungi komponen-komponen computer yang bersifat sensitive dan mudah rusak seperti mhther board, prosesor, power supply, VGA, hardisk serta komponen sensitive lainya.

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah casing itu tempat atau rumah bagi perangkat-perangkat yang sensitive dan melindunginya dari benturan-benturan kecil yang ada.

Fungsi Casing

Adapun fungsi dar casing sendiri ada sangat banyak bukan hanya sebagai rumah untuk perangkat-perangkat sensitive yang ada tapi casing juga berguna untuk melindungi perangkat computer lainya dair panas, debu, air, dan benturan kecil yang ada. Juga casing berfungsi untuk tempat peamsangan fan agar computer tetap dingin dalam pengoperasiannya.

Jenis-Jenis Casing

Casing terdiri dari 4 jenis yaitu Casing Deskop, Casing Tower, Casing mini ITX, dan Casing Gaming.

  • Casing Deskop: Casing deskop merupakan casing yang berbentuk kotak dengan ukuran lebar 30-40 cm dan memiliki panjang 50-60 cm. casing yang satu ini biasanya suka berada di bawah monitor, dan casing ini bukanlah casing jadul, melainkan masih banyak orang memakai casing jenis satu ini, Karena bentuknya yang kecil tapi casing ini memiliki kelemahan yaitu beratnya.
  • Casing Tower: Casing Tower merupakan casing tahun 2012an, casing ini mempunyai ruang yang cukup besar di dalamnya, serta casing ini memiliki suhu yang tidak mudah panas. Casing jenis tower ini terdiri dari casing jenis mini tower dan middle tower.
  • Casing Mini ITX: Jenis Casing Yang satu ini memiliki rancangan yang lebih mantap dan modern, dan ini merupakan casing keluaran tahun 2012an.
  • Casing Gaming: Casing jenis satu ini biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan luas di banding casing lainya. Karena para pecinta game bisa menambah perangkat-perangkat yang mereka inginkan agar bisa menikmati game mereka dengan lebih maksimal lagi, Casing jenis yang satu ini memiliki susunan kabel yang sangat rapih dan tidak memerlukan obeng untuk pemasangannya. Contoh casing Gaming yang ada yaitu: CBM Azza Toledo 301, dan Toolest.

Demikianlah sedikit penjelasan yang bisa saya berikan mengenai casing semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. TERIMAKASIH…

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply