7 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2016

Posted on

Pendapatan nasional bruto atau GDP (Gross Domestic Product) adalah salah satu cara untuk menentukan tingkat kekayaan suatu Negara dalam setiap tahunnya. Untuk dapat mengetahui kekayaan setiap Negara tersebut ada beberapa organisasi keuangan internasional yang melakukan perhitungan GDP perkapita dengan cara membagi tingkat pendapatan nasional suatu Negara dengan penduduk pada tahun itu. Dan hasilnya nanti akan menentukan mana Negara yang terkaya pada tahun itu.

Berikut ini di bawah merupakan 7 negara terkaya di dunia tahun 2016 antara lain yaitu:

  1. Luxemborg

Luxemborg merupakan salah satu  Negara yang terkecil di Eropa akan tetapi dinobatkan oleh bank dunia sebagai Negara yang terkaya di dunia. Nama resmi dari Luxemborg ini adalah Kaharyapatihan Luksemburg.Negara ini hanyalah sebuah Negara yang kecil dengan luas sekitar 2.586 kilometer. Akan tetapi, pendapatan perkapita Negara Luxemborg ini mencapai USD 110,665 atau sekitar 1 milyar. Luxemborg ini dikelilingi tiga Negara antara lain yaitu Perancis, belgia serta Jerman yang menjadikan Negara ini kaya. Dilain sisi yaitu kaya akan ekonominya negara Luxemborg ini juga kaya akan budayanya yang terbikti dari penggunaan tiga bahasa resmi yaitu antara lain Jerman, Perancis serta Luxemborg. Negara Luxemborg ini, juga mempunyai tingkat pengangguran yang sangat rendah. Pada bulan Juli 2015 menurut Wikipedia tingkat pengangguran di Negara ini hanyalah 4,4%.

  1. Norwegia

Di urutan yang kedua yaitu diduduki oleh Norwegia. Kongeriket Norge atau disebut juga kerajaan Norwegia merupakan Negara di Eropa yang jumlah penduduknya mencapai 4,9 juta orang, dengan luas sekitar 385,525 kilometer persegi. Norwegia adalah salah satu Negara di Eropa yang tingkat kepadatan  penduduknya paling rendah. Negara Norwegia ini kaya akan minyak serta gas alam yang melimpah. Pendapatan perkapita Negara Norwegia ini paling besar adalah USD 97,363.

  1. Macau

Di urutan ketiga diduduki oleh Negara Macau. Macau merupakan colonial tertua Eropa di Tiongkok. Negara Macau ini berada di sisi barat sungai Pearl Delta yang ada di selatan Provinsi Guangdong, Cina. Pendapatan perkapita Negara Macau ini adalah mencapai USD 96,444. Negara Macau ini mempunyai bisnis besar di bidang kasino dan property.

  1. Qatar

Urutan yang keempat diduduki oleh Negara Qatar. Qatar adalah Negara yang berada di semenanjung kecil di Jazirah Arab yang berbatasan dengan Arab Saudi dan teluk Persia. Pada awlnya perekonomian Qatar yaitu mutiara dan perikanan akan tetapii sekarang menjadi gas bumi dan minyak. Oleh Karena itu, Qatar mempunyai pendapatan perkapita sebanyak USD 93,397.

  1. Swiss

Di urutan yang kelima ditempati oleh Swiss. Swiss adalah sebuah Negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen. Negara yang berbatasan dengan Negara Swiss ini adalah Perancis, Italia, Jerman serta Austria. Negara S ini mempunyai empat bahasa resmi antara lain yaitu Jerman, Romansh, Italia dan Perancis. Dalam bidang ekonomi Negara ini juga melakukan eksport bahan kimia serta mesin mesin industry. Negara Swiss adalah Negara yang terkenal akan kualitas jam tangannya dan ini menjadi pusat perbankan serta investasi terbaik di dunia. Pendapatan perkapita Negara Swiss ini mencapai USD 84,733.

  1. Australia

Di posisi ke enam yaitu adalah Negara kita Australia. Benua atau Negara Australia ini mempunyai luas wilayah sekitar 7.682.300 kilometer persegi yang jumlah populasi penghuninya adalah sebanyak 22 juta jiwa. Australia adalah Negara yang mempunyai hasil tambang uranium dan emas yang besar. Pendapatan perkapita Negara Australia ini mencapai USD 61,887.

  1. Denmark

Urutan ke tujuh diduduki oleh Denmark. Denmark adalah Negara yang paling minim korupsi, selain itu juga yang dapat membuat Negara ini masuk dalam salah satu negara terkaya di dunia karena sector pendapatan yang cukup besar yang berasal dari sector transportasi, teknologi, energy serta public yang lainnya. Pendapatan perkapita Negara Denmark ini mencapai USD 60,634.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang artikel 7 negara terkaya di dunia tahun 2016 semoga dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply