Tempat Wisata di Lamongan

Posted on

Tempat wisata apa saja ya yang ada di Lamongan, Jawa Timur? Pertanyaan ini mungkin akan mucul ketika kamu akan berkunjung ke kota Lamongan. Di Lamongan juga banyak tempat wisata alam, wisata kuliner, dan beberapa jenis wisata yang lainnya.

Tempat di jawa timus juga ada yang berada di Lamongan, salah satunya yang bertempat di kabupaten yang berdekatan dengan Tuban, Gresik dan lainnya. Di sebelah utaranya berbatasan dengan laut jawa, disitu pantai yang cukup indah. Ada juga wisata religi contohnya sunan drajat, dan juga yang terkenal akan wisata sejarahnya yaitu Monumen Der Wijck.

Lamongan sebenarnya juga terkenal dengan daerah pantai yang cukup menawan, namanya juga sudah terkenal dimana-mana, namun masih ada saja yang desas-desus tentang rashasianya kota Lamongan yang dianggap sebagai tempat orang yang berilmu magic alis jago dalam supranatural, bahkan ada kabar bahwa kebanyakan dari orang Lamongan memiliki ilmu kejawen yang sudah bukan rahasia lagi.

Terlepas dari kabar yang seperti itu, kita akan menyetujui bahwa Lamongan ini merupakan Surganya Wisatawan, apalagi ketika kamu berbicara tentang kuliner yang begitu tenar di dunia, yaitu soto Lamongan yang sangat nikmat sekali, bumbunya yang pas dan meresap, ditambahkan dengan Tahu Campur yang juga sudah menjadi khas, yang akan membuat para wisatawan menjadi lebih betah berlam-lama disini.

Untuk menjawab pertanyaan yang ada di atas, maka saya akan memberi informasi yang pas tentang tempat wisata di Lamongan yang harus kamu kunjungi dengan keluarga.

Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan

Orang biasanya menyebut tempat ini dengan sebutan WBL. Sebuah tempat yang destinasinya penuh dengan keindahan, tempat ini berada di wilayah kecamatan Paciran, yang dikelilingi dengan pantai yang indah, pemandangannya sangat luar biasa. Fasilitas di WBL ini juga tidak kalah keren.

WBL ini dikelola oleh PT Bumi Lamongan Sejati, dengan dua pihak yang memegang saham, yaitu Pemkab Lamongan dan juga PT Bunga Wangsa Sejati. Maka dari itu, WBL ini sangat cepat sekali berkembang karena dukungan dari pemerintah setempat. Jadi sudah tidak heran lagi dalam waktu beberapa tahun saja sudah banyak fasilitas dan wahana baru yang dibangun.

Dahulu, tempat wisata yang berada di jalur pantura antara Surabaya-Tuban lebih popular dengan sebutan nama Pantai Tanjung Kodok. Namun seiring dengan perkembangan, kemudian kini berubah menjadi WBL. Menu wisatanya pun juga semakin banyak pilihannya yang dibutuhkan masyarakat.

Goa Maharani Zoo

Goa Maharani Zoo

Di Lamongan juga ada goa yang amat cantik, bahkan indahnya bisa menyaingi Goa Gong yang ada di Pacitan Jawa Timur, lokasi Goa Maharani ini sangat dekat dengan WBL. Anda cukup menaiki jembatan yang bisa menghubungkan dua tempat itu, sebelum menaiki anda juga bisa berbelanja dahulu di bawah tangganya.

Didalam gua yang ditemukan pada tahun 1992 ini, memiliki kedalam 25 meter dari permukaan tanahnya. Memiliki luas sekitar 2500 meter persegi atau kurang lebih seperempat hektas. Disini banyak sekali bebatuan yang sangat kinclong dan menawan, kalau jika ini tidak segera diresmikan pada tahun 1994 bisa jadi akan di congkeli oleh orang-orang dan jadikan sebagai batu akik.

Sebelum anda memasuki ke dalam goa ini, anda akan menemukan lokasi yang penuh dengan binatang, mulai dari yang buas hingga yang jinak. Disinilah ada kebun bintang mini yang bisa menghibur ada bersama keluarga.

Wisata religi Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat

Kita sebagai orang islam, wajib mengetahui sejarah islam yang berada di pulau jawa ini. Melalui para wali atau yang biasa disebut wali songo, salah satunya yaitu Sunan Drajat. Beliau lah yang menyebarkan islam di sekitar daerah Lamongan yang dulunya masih belum tersentuh.

Untuk sampai ke Sunan Drajat ini anda cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Lamongan, jika anda melewati dari arah kota Surabaya, maka anda juga bisa melewati Tuban dengan melewati Daendels. Pemerintah juga ingin menyelamatkan bangunan yang ada di sekitar makam. Dengan memperbaiki bangunan yang kini sudah mulai rapuh.

Waduk Gondang

Waduk Gondang

Waduk Gondang ini sudah menjadi kebanggaan bagi para warga Lamongan. Tempat wisata ini sudah menjadi andalan untuk berpikir ria atau hanya sekedar untuk menghabiskan waktu libur. Waduk Gondang ini bertempat sekitar 19 km dari arah barat Lamongan.

Waduk yang cukup besar dengan pemandangan yang indah kini sudah di resmikan sejak Orde BAru, tepatnya di resmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada tahun 1987. Waduk Gondang memilik luas sekitas 6,60 hektar dengan kedalaman air sekitar 29 meter. Sangat dalam memang kedalaman waduk ini sehingga bisa menampung kepentingan masyarakat.

Monumen Van der Wijck

Monumen Van der Wijck

Mungkin kamu mendengar  kapal Van Der Wijck, maka tentunya anda mengenal juga dengan karya dari Ulama yang sekaligus menjadi sastrawan Buya Hamka. Dalam karyanya ini Tenggelamnya kapan Van Der Wijck, buya menuliskan sebuah ceritan yang terinspirasikan dari kisah nyata tentang tenggelamnya sebuah kapal pada tanggal 28 Oktober tahun 1936 di daerah perairan Brondong, pesisir utara Pulau Jawa.

Kapal ini juga ada yang bilang bahwa TITANICnya Indonesia yang dibuat di Feijenoord Rotterdam Belanda pada tahun 1921, yang lalu dimiliki oleh perusahaan kapal Koninklijke Pakervaart Maatschappij, Amsterdam.

Kisahnya ini ditulis dengan sangat ciamik oleh buya, lalu kemudian untuk mengenang pariwisata dibuatlah monument. Lokasinya berdekatan dengan Kantor Pelabuhan Brondong, Lamongan dimana tempat perairan kapal tersebut saat tenggelam.

Alun-alun Lamongan

Alun-alun Lamongan

Alun-alun dahulu digunakan oleh Raja yang akan mengadakan sebuah acara bersama dengan rakyat. Sekarang alun-alun digunakan untuk acara rakyat, tempatnya pun juga di tata dengan rapi agar terasa semakin betah. Alun-alun Lamongan ini melakukan perenovasian pada tahun 2011.

sudah banyak sekali masyarakat uang meluangkan waktunya di akhir pekan untuk mengunjungi alun-alun bersama keluarga. Tidak sedikit juga sebuah komunitas yang mengadakan perkumpulan disini. Tempatnya memang sangat indah yang kelilingi oleh tumbuhan yang sangat rindang, jika kamu tidak membawa bekal, maka tidak perlu khawatir. Sebab disini juga banyak penjual jajanan yang membantu para pengunjung.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply