Emosi Manusia - Bahagia

Beberapa Emosi Unik Manusia

Posted on

Emosi manusia adalah gambaran ekspresi atau raksi alami dari seseorang sebagai dampak yang ditimbulkan karena terjadinya perubahan tertentu di sekitarnya. Baik itu perubahan suasana hati ataupun lingkungannya. Emosi dapat berupa emosi yang positif dan emosi yang negatif.

Macam-Macam Emosi Manusi Dalam Kehidupannya

  1. Emosi Marah
Emosi Manusia – Marah

Emosi marah adalah salah satu jenis ekspresi manusia yang dianggap paling dasar. Emosi ini timbul saat keinginan seseorang tidak terwujud atau tidak terkabul. Kondisi yang menghambat keinginannya terwujud bisa menjadi penyebab utama seseorang marah. Dia akan cenderung tidak sabar dan cepat marah. Marah adalah bentuk emosi yang negatif, apabila tidak bisa mengendalikannya lebih baik dihindari saja. Emoasi ini sangat sukardikendalikan dan selalu berkaitan dengan sikap agresif dan tindakan kekerasan. Orang yang mudah marah berpeluang memiliki menakit jantung. Semakin tinggi tigkat kemarahan seseorang, resikonya juga semakin tinggi. Kualitas kesehatan seseorang juga dapat dipengaruhi oleh emosi ini.

  1. Emosi Malu
Emosi Manusia – Malu

Perasaan malu adalah ekspresi yang timbul dari diri seseorang sebagai bentuk penyesalan karena sudah berbuat yang tidak seharusnya atau tidak umum dilakukan. Emosi ini adalah yang paling membuat kacau perasaan seseorang. Jika seseorang malu, maka dirinya akan merasa tidak baik dan sikap ini juga termasuk emosi yang negatif karena dapat merugikan diri sendiri. Malu juga merupakan salah satu bentuk penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri.

  1. Emosi Bahagia
Emosi Manusia – Bahagia

Bagaimana dengan emosi bahagia? Bahagia merupakan emosi yang positif. Perasaan bahagia melebihi rasa suka, senang dan gembira. Karena kalau seseorang suka belum tentu dia bahagia. Bahagia itu unik sama seperti marah. Bahagia itu merupakan dasarnya emosi manusia. Banyak sekali penyebab bahagia di dunia ini. Semua orang pasti pernah merasakannya meskipun berbeda-beda caranya.

  1. Emosi Takut
Emosi Manusia – Takut

Emosi takut adalah ekspresi yang timbul di saat tertentu secara tiba-tiba. Karena memang keberanian itu tidak muncul seketika. Berani itu muncul setelah proses menghilangkan rasa takut. Siapapun pemberani di dunia ini pasti punya rasa takut juga. Namun,karena dia mampu mengalahkan rasa takutnya, dia kini jadi pemberani. Ternyata rasa takut juga berdampak pada kesadaran seseorang. Penyebab rasa takut juga berbeda dari setiaporang. Bisa disebabkan karena menghindari bahaya. Karena munculnya tiba-tiba seperti gerak refleks.

  1. Emosi Sedih
Emosi Manusia – Sedih

Emosi sedih seseorang kemungkinan timbul karena keadaan hatinya yang sedang kecewa, gelisah, adau menderita. Kesedihan juga bisa menyebabkan seseorang sampai menangis. Setelah sedih kelanjutannya adalah menangis. Setelah menangis biasanya seseorang akan mengurung diri di kamar dan tidak ingin bertemu siapa-siapa. Menangis sebagai proses pelampiasan dari emosi sedih tersebut. Setelah menangis biasanya perasaan seseorang akan sedikit lega. Namun, jika kesedihan terlalu lama dipendam akan berakibat fatal.  Tingkatan lebih tinggi selanjutnya adalah depresi dan gangguan kesehatan.

  1. Emosi Cinta
Emosi Manusia – Cinta

Perasaan cinta adalah pengikat perasaan seseorang dengan orang lain atau pada benda. Kalau tingkat emosinya sudah cinta, maka tidak keinginan untuk mendapatkan akan selalu berambisi.emosi ini termasuk positif yang bisa memunculkan motivasi dan keinginan yang tinggi.

  1. Emosi Dengki
Emosi Manusia – Dengki

Emosi dengki adalah bentuk rasa iri terhadap sesuatu yang dimiliki orang lain. Biasanya seseorang dapat merasaknnya karena rasa cintanya yang tinggi terhadap apa yang dimiliki orang lain dan dia ingin memilikinya juga. Namun, dia tidak mampu memilikinya.

  1. Emosi Cemburu
Emosi Manusia – Cemburu

Cemburu itu menguras hati. Emosi ini yang akan membuat seseorang menjadi gelisah. Cemburu biasanya muncul akibat perasaan cinta terhadap sesuatu. Biasanya, perasaan ini akan menimbulkan penilaian lebih terhadap yang dicintainya. Seperti takut kehilangan.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply