Pesona Air terjun Angel yang Menjadi Air terjun Tertinggi Di dunia.

Posted on

Setelah beberapa hari lalu saya sudah membahas tentang keindahan air terjun Niagara. Pada kesempatan yang lain ini kita akan membahas tentang air terjun tertinggi di dunia yaitu air terjun Angel atau yang biasa disebut dengan Santo Angel. Tentunya berpetualang keliling Indonesia demi mencari air terjun tertinggi yang pernah ada akan jauh terkalahkan dengan ketinggian yang dimiliki oleh air terjun Angel ini. Paling-paling yang dapat kita temui adalah air terjun yang memiliki 10 sampai 100 meter saja jika mencarinya hanya di sekitar wilayah Indonesia.

Santo Angel ini merupakan air terjun tertinggi di dunia yang terjun dengan bebas dari ketinggian 979 meter atau yang setara dengan ketinggian 3.212 kaki dan hampir mencapai 1 kilometer lho. Wow sangat tinggi bukan? Air terjun ini terletak di kawasan Amerika latin, atau lebih tepatnya lagi berada di sebuah Taman Nasional Canaima di Rio Caroni, Venezuela. Memang kedengarannya sulit dipercaya jika mendengar ketinggiannya yang hampir mencapai 1 kilometer ini, tapi jika kamu bena-benar melihatnya secara langsung barulah kamu akan percaya bahwa air terjun yang beradara di sebelah utara Brazil tersebut nyatanya benar-benar ada. Karena faktor itulah air terjun ini telah dinobatkan secara resmi menjadi air terjun tertinggi yang pernah ada di dunia oleh National Geograpic society pada tahun 1949.

Pemandangan yang Terlihat Dari Ketinggian Angel Falls
Pemandangan yang Terlihat Dari Ketinggian Angel Falls

Sejarah Ditemukannya Air Terjun Angel.

Air terjun ini menjatuhkan ribuan debit air dengan bebas dari puncak bukit Mesa yang setinggi 979 meter yang kemudian air ini jatuh menuju aliran air sungai Churun. Jika dilihat dari sejarahnya, sebenarnya yang pertama kali melihat air terjun ini adalah penjelajah Ernesto De Santa Cruz yaitu sajak abad 20-an. Tetapi kemudian air terjun ini nampaknya tidak akan dikenal oleh dunia sehingga secara tidak sengaja ditemukan pada tahun 1936 oleh seorang penerbang dari Amerika yaitu James Crawford Angel dan beliau mulai memperkenalkan air terjun ini kepada dunia.

Ceritanya berawal dari penerbangan Jemes Crawford Angel yang awalnya hanya terbang diatas sebuah gunung tunggal yang bertujuan untuk mencarai penambangan emas. Maka ketika beliau mulai mencoba untuk mendaratkan pesawatnya diatas sebuah gunung karena alasan beliau yang terjebak dalam daerah sebuah hutan lantas kemuadian iapun melihat adanya air terjun yang tampak begitu mengesankan pandangan matanya. Karena ternyata air terjun ini mamiliki air yang terjun bebas dibawah ribuan kaki jauhnya. Maka tak perlu menunggu lama pemerintah Venezuela-pun akhirnya menamakan air terjun Tersebut dengan sebutan Angel yang disesuaikan dengan nama penemunya yaitu Jemes Crawford Angel.

Pendapat Warga sekitar Mengenai Angel falls.

Bukit Setan yang Biasa Dikenal oleh Suku Indian Pemon
Bukit Setan yang Biasa Dikenal oleh Suku Indian Pemon

Menurut kabar dari penduduk setempat yaitu suku Indian Pemon, suku mereka sendiri menjuluki bukit tempat air terjun ini sengan sebutan “Auyan-tepui” yang memeiliki arti “Gunung setan”, karena pengalaman pahit yang ditemui oleh suku tersebut. Yaitu banyak dari mereka yang tidak dapat lagi menemui para pendaki gunung itu kembali setelah izin akan menaklukkan gunung tersebut.

Selain pengalaman yang pahit ini, ternyata ada pula fenomena unik yang memebuat air terjun ini semakin terkenal yaitu “Falls Of The Deepest Place” atau secara bahasa Indonesia diartikan sebagai fenomena jatuh ke tempat terdalam. Yaitu ketika musim panas mulai tiba maka kadar volume air dalam air terjun ini akan menurun yang menyebabkan airnya akan cepat habis dan air yang terdapat air terjun ini mulai membias sebelum mencapai dasar tebing. Maka fenomena inipun menjadi ajang atraksi wisata yang paling popler di Venezuela.

Bagaimana cara menuju ke Angel Falls ini?

medan Untuk Dapat Menuju Ke Angel Falls
medan Untuk Dapat Menuju Ke Angel Falls

Jika kamu berminat ingin langsung mengetahui bagaimana bentuk asli dari Angel Falls ini sebenarnya medan untuk dapat menuju kesana terasa cukup sulit. Karena harus menggunakan pesawat dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar yang bertujuan ke Canaima Camp. Nah, dari Canaima Camp ini kemudian kamu tinggl menyusuri sungai Churun yang mengaliri air terjun ini menggunakan sebuah perahu kuno dan dapat memakan waktu sampai tiga hari.

Walaupun cukup ekstrim dan ribet namun angan khawatir. Karena sudah ada banyak sekali operator tur yang ada di Venezuela yang akan selalu siap untuk mengantarmu berpetualang menuju Angel Falls ini. Atau kamu bisa memilih untuk memesan paket tiga hari untuk dapat berlibur ke Angel falls ini dengan biaya yanga akan dikenakan mulai dari yang sebesar 55 dolar per malamnya atau yang setara dengan 639 ribu Rupiah, hingga paket tur untuk dapat berkeliling diatas Angel falls ini dengan jalan menaiki helikopter yang akan dikenakan biaya sebesar 60 dolar atau yang setara dengan 694 ribu Ruoiah.

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk dapat kesini dan menyaksikannya secara langsung pesona Air terjun Angel yang telah dinobatkan menjadi air terjun tertinggi di dunia ini? Maka jika kamu berniat ada baiknya jika kamu mulai menabung dari sekrang ya… itulah beberapa penjelasan yang dapat saya berikan tentang air terjun Angel ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian semua.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply