keuntungan menjadi kutu buku
keuntungan menjadi kutu buku

Inilah 7 Keuntungan Menjadi Seorang Kutu Buku

Posted on

Keuntungan menjadi seorang kutu buku

Di dalam kehidupan manusia, orang yang senang membaca buku sangat mudah untuk di temukan. Orang- orang yang seperti ini sering di sebut dengan kutu buku. Seorang kutu buku ini sering kali terlihat hanya melakukan hal yang sama pada setiap harinya, yaitu hanya membaca buku. Mereka juga jarang keluar rumah, dan atau mungkin mereka tidak menyukai aktivitas yang berada di luar ruangan. Sebab Hal inilah, banyak orang yang menganggap bahwa seorang kutu buku banyak di remehkan dan di anggap tidak bisa mendapatkan pekerjaan, karena ia tidak pandai bahkan jarang untuk bersosialisasi dengan kehidupan nyata dengan orag lain. Benar begitu?

Semua anggapan itu tidak sepenuhnya salah, kerena kebanyakan kutu buku memilih untuk berinteraksi dengan buku dari pada dengan orang lain. Seorang kutu buku menganggap bahwa dunia ini jahat dan untuk melarikan dari semua itu, mereka lebih memilih untuk menikmati kegiatannya dengan membaca buku dan mengikuti alur cerita dari buku yang ia baca.

Di sisi lain, semua anggapan itu tak sepenuhnya benar. Sebagaian orang memutuskan untuk menjadi kutu buku, karena memang ia tertarik dengan membaca buku. Bagi kebanyakan orang yang memang suka untuk membaca buku, buku merupakan ladangnya ilmu. Alasan lain, adalah karena mereka menyukai kisah- kisah dalam buku. Pada dasarnya semua manusia itu menyukai hiburan. Dan ada yang  beralasan bahwa buku adalah seni, maka cara ia menikmatinya yaitu dengan membaca buku.

Meskipun begitu, kebanyakan seorang kutu buku, mereka minder dengan diri mereka sendiri. Padahal di balik itu semua ada begitu banyak hal positif yang bisa di miliki oleh seoirang kutu buku. Dan berikut ini adalah beberapa keuntungan tersebut.

keuntungan dari seorang kutu buku
keuntungan dari seorang kutu buku
  1. Ktreatif

Kebanyakan kutubuku adalah orang yang  secara otomatis akan menjadi orang yang kreatif, karena ia telah terbiasa untuk membaca ide- ide dari berbagai ilmu yang telah ia baca. Dengan begitu ia juga bisa mengembangkan imajinasinya. Al ini mungkin saja jarang di temukan pada orang yang tidak suka untuk membaca buku. Itu lah sebabnya seorang kutu buku bisa menjadi creator yang hebat, seperti halnya Raditya Dika ia adalah seorang penulis dan ia juga telah menciptakan beberapa karya yaitu ia membuat beberapa filem pendek serta video komedi.

 

  1. Memiliki kemampuan sebagai penulis

Kebanyakan dari Seorang kutu buku mungkin ia tidak bisa untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang lain secara lisan dan lancar. Akan tetapi ia mampu menyampaikan perasaan secara tertulis. JK Rowling ia adalah penulis terkenal dengan sebagai detektif dana cerita fiksinya, ia mengaku bahwa ia adalah seorang yang pendiam dan tidak memiliki banyak teman di sekolahnya.

Di samping semua itu, orang yang suka membaca buku ia akan cenderung lebih menginginkan alur cerita yang berbeda dengan ending yang telah ia baca. Dorongan untukk mencip[takan alur cerita yang berbeda inilahh yang dapat membuat seorang kutu buku berbakat ntuk menjadi seorang penulis.

  1. Teliti dan tekun

Seorang kutu buku terbiasa untuk membaca berlembar- lembar teks, sehingga tanpa sadar ia akan paham akan kaidah penulisan. Yang perlu kamu ketahui adalah, mungkin hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan ini. Seorang editor mungkin membutuhkan ketahanana untuk membaca berlembar- lembar teks yang harus di sunting dan harus cepat di selesaikan jadi ia harus membacanya secara tekun dan teliti.

 

  1. Merangsang otak untuk lebih aktif

Di saat kita membaca buku, secara otomatis otak kita bekerja. Oatk kita akan mengekspresikan, menerjemahakan, dan menangkap maksud dari buku yang kita baca. Menurut penelitian kegiatan otak dapat memperlambat bahkan juga dapat mencegah terjadinya Alzheimer (hilang ingatan) dan penurunnya daya ingat.

 

  1. Meningkatkan konsentrasi

Saat kita membaca  buku sangat di perlukan konsentrasi, sebagaimana aktivitas lainnya. Saat kita membaca buku, pikiran kita akan terkonsentrasi . hal ini lah yang akan membuat kita terbiasa untuk konsentrasi dan lebih focus.

 

  1. Pikiran lebih terbuka

Buku merupakan salah satu sarana untukmengenal pola pikir, dan pemikiran orang lain. Dengan cara sering membaca buku, secara otomatis otak kita akan terbiasa untuk membuka pikiran kita lebih luas. Dan dengan membaca buku pula dapat memberikan pandangan yang berbeda dari apa yang selam ini telah kita pikirkan.

 

  1. Meredakan stress

Hal yang terjadi saat kita membaca buku adalah kita tenggelam dalam sebuah konsentrasi. Perhatian kita akan tertuju pada isi buku yang kit abaca tersbut. Telah yerungkap di beberapa studi yang mengenai pengaruh konsentrasi dan focus terhadap stress, daapat di simpulkan bahwa konsentrasi dan focus dapat meredakan stress.

 

Itulah beberapa keuntungan sebagai kutu buku. Jika kamu merasa, bahwa kamu juga sebagai seorang kutu buku, maka kamu tidak boleh minder dengan kelebihan yang kamu miliki tersebut. tunjukkna pada dunia bahwa seorang kutu buku itu bisa mencapai kesuksesan. Kunci utama untuk menuju kesuksesan adalah kamu hanya perlu focus pada kelebihan yang anda miliki dan memaksimalkan semua potensi yang telah kamu miliki.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply