minyak kelapa
Menggunakan Minyak Kelapa

Tips Ampuh Menghilangkan Telur Kutu Dari Rambut

Posted on

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa kutu yang ada di rambut itu sangatlah menyebalkan dan mengganggu. Selain rasa gatal yang timbul tersebut tentunya kutu juga mempunyai telur dan telur tersebut akan tetap dirambut meski sudah menetas dan yang pasti telur kutu yang putih akan terlihat dirambut hitammu dan bisa jadi membuatmu merasa tidak percaya diri dan mungkin kamu bisa saja dijauhi karena mereka yang melihat akan takut tertular. Karena itulah, sebelum hal itu terjadi segera bersihkanlah kutu berserta telurnya.

Namun, untuk kamu yang suka menggaruk-garuk kepala untuk mengusir kutu dari rambutmu lebih baik jangan lakukan lagi karena hal ini bisa menjadikan lapisan kulit kepalamu jauh lebih tipis. Apalagi jika kamu menggaruknya dengan keras itu nantinya akan menimbulkan luka di kulit kepalamu. Luka itu akan mudah terinfeksi sehingga kuman-kuman yang ada di rambut bisa masuk kemudian bisa menimbulkan sakit yang lebih parah lagi. Oleh karena itu, kamu membutuhkan tips yang ampuh untuk membasmi kehidupan kutu yang ada di rambutmu itu.

Baik itu anak-anak atau dewasa pasti ada yang mempunyai kutu. Namun, yang sering terkena kutu rambut adalah anak-anak. Ini terjadi karena mereka sering bermain bersma teman-temannya yang mungkin salah satu temannya memiliki kutu lalu tanpa sadar anak-anak itu tertular kutu. Meskipun sudah dihilangkan berkali-kali kalu anak-anak itu masih bermain dengan teman yang memiliki kutu maka hasilnya masih tetap saja akan datang lagi kutunya.

Dan sebagian besar orang tua yang tidak ingin anaknya memiliki kutu mereka akan membelikan obat kutu yang dijual dipasaran. Padahal hal yang perlu diketahui bahwa kulit kepala anak sangatlah sensitif dan lebih bereaksi pada obat-obat kimia. Selain cara penggunaannya yang harus didiamkan itu justru akan membuat anak merasa tidak nyaman.

Sebab itulah, lebih baik untuk anak-anak gunakanlah dengan menggunakan cara yang alami dan terbuat dari bahan-bahan alami. Dan tentunya akan cocok dan aman untuk semua jenis kulit kepala. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun juga bisa menggunakannya.

1. Menggunakan Cuka

cuka putih
Menggunakan Cuka

Cara yang pertama adalah menggunakan cuka karena cuka dipercaya bisa menghilangkan kutu pada rambut. Penggunaanyapun juga tidak sulit kamu cukup mengolesi rambut sampai kulit kepala dengan menggunakan cuka sambil dipijat-pijat. Kemudian, tutuplah keseluruhan rambut kepalamu dengan handuk atau penutup kepala setelah itu biarkanlah rambutmu tertutup hingga 2-3 jam. Apabila sudah 2-3 jam bilaslah rambutmu dengan shampoo dan air yang segar dan bersih.

2. Menggunakan Minyak Kelapa

minyak kelapa
Menggunakan Minyak Kelapa

VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak kelapa yang telah diolah ini dipercaya mampu menyembuhkan segala macam penyakit kulit. Dan minyak kelapa ini juga bisa menjadi obat yang alami untuk membasmi kutu rambut hingga telur-telurnya yang bersarang di kepalamu. Caranya pun tidak sulit. Sebelum kamu tidur oleskan terlebih dahulu minyak kelapa dengan rata ke seluruh rambut hingga kulit kepalamu. Setelah itu tutup rambutmu dengan handuk atau penutup kepala semalaman. Esoknya kutumu akan mati karena merasa dehidrasi. Dan hendaknya setelah kamu menutupnya semalaman maka bilaslah rambutmu dengan menggunakan shampoo.

3. Menggunakan Bawang Merah

bawang
Menggunakan Bawang Merah

Bahan alami kali ini sangatlah mudah dijumpai, yakni bawang merah. Caranya tidaklah sulit, potonglah beberapa bawang merah kemudian oleskan potongan itu tersebut ke seluruh kulit kepalamu hingga rata. Kemudian diamkanlah semalaman dengan ditutup menggunakan handuk atau penutup kepala lainnya. Cara ini hampir sama dengan cara VCO diatas, hanya saja disini kita menggunakan uap dari bawang merah. Uap yang ditimbulkan bawang merah inilah yang akan mematikan kutu dan telurnya karena kutu akan sangat membenci aroma ini. Jika saja aroma dari bawang merah masih menempel di kepalamu maka bersihkanlah menggunakan shampoo dan bilaslah sampai bersih.

4. Menggunakan Minyak Kayu Putih

obat kutu alami
Menggunakan Minyak Kayu Putih dan Jerk Nipis

Selain untuk obat angin atau penghangatan badan, minyak kayu putih juga mampu untuk perawatan rambut. Namun, jika kita ingin menghilangkan kutu dan telurnya kita harus mencampurkannya dengan perasan jeruk nipis.

Caranya bandingkanlah antara minyak kayu putih dan perasan jeruk nipis 50:50. Setelah sama rata maka oleskanlah campuran tersebut ke seluruh permukaan kulit sambil dipijat-pijat. Kemudian tutuplah rambutmu itu menggunakan handuk kering atau penutup kepala, setelah itu biarkanlah terbungkus selama 2 jam, lalu bilaslah rambutmu dengan menggunakan shampoo dan air yang segar dan bersih.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply