Hal yang Harus di Hindari Bagi Ibu Hamil

Posted on

Selain kamu menikmati masa-masa saat kehamilan, ada baiknya juga untuk ibu hamil agar tetap waspada terhadap hal-hal yang berbahaya nagi kesehatan ibu dan janinnya. Apalagi untuk hal yang sederhana seperti membersihkan kotoran hewan. Sebab ketika masa kehamilan kesehatan ibu hamil dan janin ini sangat rentan dengan gangguan baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Dengan menjaga kesehatan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Ingin tahu? Hal apa saja yang harus di hindari oleh ibu hamil.

Ibu Hamil

Jangan mengonsumsi obat dengan sembarangan

Dengan mengonsumsu obat dengan sembarangan akan menjadi satu hal yang harus dihindari oleh ibu hamil. Senyawa kimia yang akan di konsumsi ibu hamil, apapun itu bentuknya akan mempengaruhi pada janin, termasuk juga dengan obat-obatan yang dikonsumsinya. Maka dari itu, ketika ibul hamil sakit disarankan untuk segera konsultasi terlebih dahulu tentang obat yang dikonsumsi kepada bidan atau dokter kandungan. Jika sakit yang dirasakan itu harus ditangai oleh dokter spesialis lain, kamu jangan lupa mengatakan bahwa sedang hamil. Agar dokter bisa memberi resep obat yang aman untuk ibu hamil.

Hindari rokok

Untuk orang yang sehat saja merokok bisa merusak dan sangat berbahaya untuk ibu hamil dan janinnya. Walaupun ibu hamil itu tidak merokok namun jika berada di antara orang-orang merokok, ibu hamil sama saja dengan merokok. Malah akan menjadi lebih berbahaya untuk perokok pasif daripada perokok aktif. Berdasarkan data dari hasil WHO, asap rokok itu mengandung 4000 lebih senyawa kimia yang sangat berbahaya yang 43 diantaranya bisa menyebabkan kanker. Ini sangat berbahaya untuk ibu hamil dan janin, karena bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir dengan premature, bayi yang lahir sangat rendah berat badannya bahkan hingga kematian.

Jangan terlalu stress

Hasil penelitian di AS menunjukkan, bahwa wanita yang sedang mengalami stress ketika awal kehamilan akan berpotensi lebih tinggi melahirkan bayi yang prematur. Selain itu, hormone kortisol atau hormone yang menyebabkan stress akan menghambat aliran darah ke plasenta, sehingga janin tidak akan mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk perkembangan yang cukup optimal.

Hindari minuman berakohol

Di AS banyak bayi yang terlahir dengan Fetal alcohol atau sindroma alcohol yang sangat berbahaya untuk janin. Gejala dari sindroma antara lain, keterbelakangan mental, cacat bawaan dari janin, disfungsi system saraf pusat, terjadi kegagalan system organ tubuh dan kesalahan dalam pembentukan malformasi pada wajah di janin.

Jangan mandi menggunakan air panas

Mandi dengan air panas memang cukup mengasikkan, tapi kamu juga harus ingat. Untuk ibu hamil suhu yang maksimum yang boleh untuk di gunakan tidak boleh lebih dari 35 derajat. Selain itu ibu hamil juga tidak boleh berendam yang terlalu lama karena bisa menyebabkan timbulnya kontraksi.

Hindari zat-zat kimia yang berbahaya

Di sekitarmu lingkungan rumahmu banyak zat-zat yang berbahaya contohnya pembersih lantai, pestisida, tinner dan lain sebagainya. Zat yang terkadung dalam benda-benda tersebut jika diserap oleh ibu hamil baik itu terserap lewat kulit atau udara tetap saja akan mengancam kesehatan janin. Bahkan dalam waktu yang panjang, bisa juga mempengaruhi pada tumbuh kembang janin, cacat bawaan dan lahir dengan berat badan yang rendah. Zat kimia berbahaya juga menjadi hal yang harus kamu hindari saat hamil.

Rajinlah membersihkan kotoran hewan

Untuk ibu hamil yang sedang memiliki hewan peliharaan, jika dalam hal membersihkan kotorannya, lebih baik kamu menyerahkannya pada sang suami atau kepada orang lain. Kotoran anjing atau kucing bisa juga mengandung parasite toksoplasma yang sangat beerbahaya untuk ibu hamil dan si janin. Parasite bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir dengan keadaan cacat, rusaknya organ dalam, dan akan mengganggu system saraf pusat.

Hindari memakai baju ketat

Dalam hal memakai baju ketat memang harus dihindari oleh ibu hamil. Memakai baju ketat apalagi dibagian perut akan mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin. Untuk ibu hamil, lebih baik memakai pakaian yang longgar. Selain agar leluasa bergerak, pakaian yang longgar juga tidak akan menekan pada bagian perut yang terlalu keras ini.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply