Negara Indonesia

Seperti Apakah Nilai Dari Dunia Internasional Di Negara Tercinta Kita Ini?

Posted on

Pernah gak sih teman-teman semua sempat terlintas dipikiran bagaimana negara asing menilai Indonesia kita ini? Apa yang akan dikatakan bangsa asing tentang negara kita ini? Kita harus paham akan hal ini, karena dengan kita mengerti cara pandang dunia luar yang sangat penting itu akan menjadikan kita sebagai anak bangsa siap dan sigap untuk menghadapi segala rintangan dan mengambil peluang demi kemajuan bangsa Indonesia ini.

Bukan untuk melebih-lebihkan atau hanya untuk narsis saja melainkan hanya membagikan sedikit pengetahuan bahwa betapa hebatnya negara kita ini. Karena sangatlah penting untuk kita memupuk rasa cinta kepada negara tercinta ini dan dengan senang hati untuk menceritakan kehebatan dan apa saja yang dicapai Indonesia dalam urutan Internasional, dan juga untuk waspada selalu akan dunia Internasional. Dan seperti inilah negara Indonesia dimata dunia Internasional.

1. Indonesia dan kelebihannya dimata dunia

indonesia
Indonesia Terbaik

Di Indonesia ini juga memiliki banyak kelebihan. Seperti banyaknya prestasi yang serin diraih Indonesia dan bahkan membuta negara lain merasa iri. Namun, juga ada yang masih belum bisa memanfaatkan kelebihan yang ada secara maksimal. Indonesia juga disebut sebagai negara kepulauan karena itulah bangsa asing menyebut dengan.

Negara Dengan Kepulauan Terbesar dan Juga Negara Maritim.

Negara Indonesia ini merupakan negara kepulauan yang dinilai oleh Pakar Hukum Laut Hasjim Djalal. Menurut beliau negara kepulauan itu tidaklah sama dengan negara meritim. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan (archiepelagic state) yang dibuktikan menurut Konveksi Hukum Laut 1982 yang mana suatu negara yang memenuhi syarat-syarat dalam Konveksi Hukum Laut, antaranya perbandingan antara luas lautan dan daratan yang tidak boleh melebihi 1:9 dan juga tidak boleh kurang dari 1:1.

Dan sebagai negara maritim itu karena mampu memanfaatkan laut yang ada di sekitarnya dengan baik. meskipun ada negara yang tidak mempunyai perairan yang luas lalu disebut sebagai negara maritim itu karena dia mampu memanfaatkan perairan yang ada. Sama halnya dengan negara Indonesia yang dahulu, masyarakat yang dahulu belum bisa dan belum mengerti bagaiman memanfaatkan perairan yang luas itu sehingga dengan mudah negara lain mampu menjajah Indonesia dengan 350 tahun lamanya.

Namun Indonesia yang sekarang sebagai negara kepulauan terbesar dan negara maritim tidak bisa terbantahkan di dunia Internasional. Karena sekarang Indonesia mampu mengolah dengan maksimal dan itupun tergantung dari sudut pandang masing-masing orang dalam melihat Indonesia yang sekarang atau yang dahulu.

Masyarakat yang Berbudaya dan Bersosial.

Menurut penjelasan para ilmuwan bahwa negara Indonesia sebagai masyarakat yang majemuk dan terdiri atas macam-macam suku, agama, ras, dan juga golongan. Memiliki bermacam-macam bahasa daerah yang tersebar di 17.504 pulau di dalam lingkup NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang memeiliki sembiyan Bhinneka Tunggal Ika. Beberapa hal yang menonjol dari Indonesia dimata dunia Internasional dalam ilmu antropologi, berikut dibawah:

  • Indonesia memiliki suku terbanyak, yang jumlahnya lebih dari 740 suku
  • Indonesia adalah negara dengan bahasa daerah terbanyak di dunia yakni 583 bahasa dan dialek yang berasal dari 67 bahasa induk.
  • Indonesia adalah negara yang jumlah dari pemeluk agama islam terbanyak di dunia yakni 88% atau kurang lebih 216 juta jiwa dari seluruh masyarakat yang ada di Indonesia.
  • Indonesia menjadi tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia yaitu Pithecanthropus Erectus yang kira-kira berasal dari 1,8juta tahun yang lalu.

Potensi Sumber Daya Alam Di Indonesia.

Sudut pandang dari dunia internasional dari segi SDA juga sangat bagus karena Indonesia memiliki Batubara yang merupakan negara pengahsil batubara terbesar kelima di dunia dan juga pengekspor batubara nomer 1 di dunia. Selain batubara Indonesia juga memiliki Minyak Bumi, dan untuk saat ini negara kita ini masuk dalam daftar negara pengimpor minyak bumi dikarenakan penggunaan BBM jauh lebih tinggi dibandingkan produksi yang ada. Karena potensi minyak bumi di Indonesia ini semakin mengalami penurunan karena seringnya di eksploitasi. Dan masih banyak lagi.

Keanekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia.

Negara Indonesia ini mempunyai hutan tropis terbesar di dunia karena itulah Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna terlengkap di dunia, yang letaknya berada pada Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dan dimata dunia Indonesia merupakan negara dengan tingkat keanekaragaman flora fauna tertinggi di dunia. Karena di Indonesia memiliki jenis tumbuhan diperkirakan 25.000 jenis atau lebih dari 10% jumlah seluruh flora di dunia. Dan memiliki jenis hewan dengan jumlah 220.000 jenis dan juga rincian dari jenis serangga 200.000 atau 17% serangga yang ada di dunia ada di Indonesia, dan juga ada lagi yaitu 4.000 jenis ikan, 2.000 jenis burung, serta 1.000 jens reptil dan amphibi.

2. Militer Indonesia Dimata Dunia

militer
Militer Indonesia

Tentunya setiap negara akan mengatakan bahwa negara merekalah yang terkuat dalam militer. Karena dalam bidang ini menyangkut akan gengsi, harkat, serta martabat suatu negara agar bisa mempertahankan kedaulatannya. Dan negara kita ini mempunyai prestasi yang cukup membanggakan terkait dengan kekutan militer Indonesia yang dari masa ke masa hingga tahun 2016 lalu.

Terkuat Di Belahan Bumi Selatan.

Dalam segi militer Indonesia pernah tercatat sebagai militer yang paling ditakuti dan disegani diera 1960an terutama, angkatan udaranya. Karena pada masa tersebut memiliki jet tempur yang canggih dan kemampuan angkatan lautnya pun juga tak kalah hebat. Kekuatan militer yang didapat Indonesia itu dikarenakan kedekatannya dengan Uni Soviet pada waktu itu, dan juga Uni Soviet tidak tanggung-tanggung memberikan dana sebesar US$ 2,5 Milyar.

Urutan No. 1 Di Asia Tenggara, No. 12 Di Dunia.              

Dengan berajalannya waktu dari zaman ke zaman persaingan militer di dunia pun juga sangat ketat. Karena itulah Indonesia juga melakukan pertahanan, perbaikan dan upgrade alutsista sehingga Indonesia pada tahun 2015 lalu menduduki peringkat ke 12 tingkat dunia yang sangat jauh meninggalkan kekuatan militer negara lain di Asia Tenggara.

3. Peringkat Indonesia Dimata Dunia

peringkatt
Peringkat Ekonomi Indonesia Secara Internasional

Dalam lingkup dunia negara Indonesia tentunya juga memiliki peringkat, dan diantaranya adalah:

Peringkat Indonesia Dalam Bidang Internet.

Sebagai pengakses internet Indonesia cukup banyak sekali dan juga Indonesia menduduki peringkat ke 15 dan dalam Asia Indonesia menduduki peringkat ke 5. Urutan pertamanya diduduki oleh China dan kedua adalah Jepang.

Peringkat Indonesia Dalam Bidang Ekeonomi.

Kehidupan masyarakat Indonesia dari 238 juta penduduk atau 17,8% penduduknya masih berada dalam garis kemiskinan. Dan hal ini menjadi bertolak belakang dengan kenyataan bahwa Indonesia masuk dalam daftar 15 besar negara yang berpendapatan perkapitanya atau GDPnya terbesar di dunia. GDP penduduk Indonesia adalah USD 3,900.

Peringkat Indonesia Dalam Pencemaran Air.

Negara Indonesia kurang peduli dengan kondisi lingkungan karena hal ini dibuktikan dari adanya 775 ton sampah ang mencemari air di Indonesia. Dengan begitu Indonesia masuk dalam daftar negara dengan pencemaran air terbesar di dunia dengan urutan ke 6. Ini bukanlah sebuah prestasi yang membanggakan. Karena itulah selalu rajinlah membersihkan lingkungan sekitar agar tidak diurutan atas.

Jadi seperti itulah bagaimana Indonesia dimata dunia Internasional, dan semoga yang sudah baik akan menjadi lebih baik lagi dan selalu dipertahnkan dan jika kita menyadari bahwa masih banyak hal yang buruk di negara Indonesia maka mari perbaiki bersama-sama dan kobarkan semangat anak bangsa dan banggakanlah Indonesia dengan berbagai budaya.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply