Kelainan Tulang Belakang
Kelainan Tulang Belakang

Kebiasaan Duduk yang Salah Sangat Berpengaruh Bagi Tulang

Posted on

Taukah kamu, kebiasaan duduk yang terkadang kita suka meremehkannya akan bisa berdampak buruk bagi tulang kita, jika kita sudah terbiasa duduk dengan posisi yang salah maka secara berkala akan sangat berpengaruh buruk bagi tulang kita.

Tulang belakang merupakan tulang yang sangat penting bagi manusia, karna tulang itulah yang menyangga tubuh kita ketika kita tegak dalam posisi berdiri maupun duduk. Sekaligus menjadi penghubung antara kaki dan kepala.

Kebiasaan duduk yang salah ini juga memicu bisa menyebabkan nyeri pada punggung. Hal ini karena adanya peradangan yang dipicu oleh penyempitan ruang saraf dan bisa juga karena pengapuran sendi pada tualng punggung yang akhirnya akan keluar menekan saraf dan menjadikan tulang bengkok.

Kelainan Tulang Akibat Kebiasaan duduk yang salah

Ketika terjadi kelainan pada tulang belakang maka akan dapat berpengaruh atau dapat mengubah postur tubuh (bentuk badan), yang terkadang juga bisa disertai dengan nyeri pada otot dan saraf. Berikut ini adalah 3 jenis kelainan tulang belakang yang sering ditemui:

  • Skoliosis

Kebiasaan duduk yang salah ini dapat memperberat kerja tulang kita dalam menyangga tubuh kita, karena dapat mengganggu kerja tulang yang bahkan akan berpengaruh juga.Yaitu kelainan tulang yang mana tulang belakang cenderung miring ke samping. Gangguan ini dapat biasanya disebabkan oleh kebiasaan menulis sesorang yang ingin tulisannya bagus dan rapi yang cenderung memiringkan posisi tubuhnya agar ia nyaman dalam menulis. Selain itu dapat juga karena faktor genetik, karna penyakit, faktor hormone, ataupun gangguan pada pertumbuhan seseorang.

  • Kifosis

Meskpun faktor bawaan ataupun penyakit merupakan faktor tebanyak yang menyebabkan Kifosis, namun kebiasaan pada duduk yang salah juga dapat merupakan penyebabanya. Kifosis merupakan kelainan tulang belakang yang mana tulang lebih condong ke arah belakang (bungkuk). Karna memnag kebanyakan orang menyukkai posisi ini yang dianggap lebih nyaman, yang ternyata ini berdampak buruk bagi tulang kita.

  • Lordosis

yaitu kelainan pada tulang yang mana bentuk tulang yang berada di bagian perut melengkung ke depan sehingga perut akan lebih sedikit maju ke depan. Biasanya hal ini disebabkan oleh kebiasaan seseorang yang terlalu lama bersandar pada meja, sehingga terbiasa dalam posisi tersebut.

Itulah beberapa kelainan pada tulang belakang yang biasanya terjadi pada kebanyakan orang, kamu juga dapat mencegahnya dengan cara memposisikan duduk yang baik.

Posisi duduk yang baik dapat dilakukan dengan cara biasakan pada saat duduk yaitu, punggung dengan bahu yang kebelakang itu lurus, tekuk lututmu yang posisi lututmu itu pastikan lebih tinggi dari pinggul. Jangan terbiasa menyilangkan kaki atau lebih baiknya lagi jika ada pijakan kaki di bagian bawah. Pastikan lengan dan siku dalam keadaan rileks. Kursi yang kita duduki jangan jauh dari meja , janagn duduk membungkuk apalagi keadaan miring. Dan lakukan pereganganjika mulai merasakan pegal dan nyeri pada tulang, tapi jangan sekali-kali memutar pinggang dan leher.

Itulah sedikit penjelasan dari saya, semoga bisa di ambil manfaatnya. Serta menjadi tambahan wawasan bagi kita semua.

Incoming search terms:

  • kelainan tulang belakang
  • gambar gaunguan tulang akibat salah duduk
  • gambar kelainan tulang
  • kelainan pada tulang
Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply