Waspadai Efek Samping Buah Naga yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan.

Posted on

Buah naga, siapa orang yang tak kenal akan buah yang satu ini? Buah yang memiliki bentuk yang unik dengan warna khasnya yang menyala membuat beberapa orang akan menggiur dan ingin menikmatinya. Biasanya buah naga ini kerap dijadikan berbagai olahan untuk dapat menikmatinya. Namun akan lebih menggiurkan lagi bila buah naga ini sudah diolah menjadi berbagai macam minuman seperti jus buah naga. Namun mengonsumsinya secara langsung juga tak kalah segarnya dengan menjadikannya sebagai jus. Bila memilih menjadikannya sebagai olahan makanan makan pilihan yang paling tepat adalah keripik buah naga.

Tetapi, eits jangan terlalu jauh dulu memikirkan tentang buah naga ini. Memang sih buah naga ini memiliki gizi dan nutrisi yang tinggi, sehingga tak heran kalau buah naga ini memiliki banyak manfaat. Tapi taukah kamu jika mengonsumsi buah naga ini secara berlebih juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan? Seperti yang kita semua tau bahwa segala sesuatu yang berlebih juga memiliki dampak buruk yang akan menjadi akibatnya. Maka dari itu sebaiknya bagi kamu yang menjadi salah satu orang yang menggemari buah yang satu ini sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Kalau tidak mau beberapa hal buruk dibawah ini terjadi padamu. Berikut inilah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh buah naga:

  • Dapat membuat perut menjadi kembung.
Menyebankan Perut Kembung Dan Begah
Menyebankan Perut Kembung Dan Begah

Efek sampingnya yang pertama ialah dapat menyebabkan perut kamu menjadi kembung atau yang biasa disebut dengan perut begah. Hal ini juga dapat terjadi kepadamu karena kandungan yang ada di dalam buah naga yaitu mineralnya. Hal ini seperti halnya jika kita mengonsumsi air putih dalam jumlah yang terlalu banyak pastinya hal ini akan menyebabkan perut kamu menjadi kembung. Hal ini bisa terjadi Karena buah naga ini juga memiliki kandungan yang kaya akan mineral.

Meskipun memang jenis kandungan mineral ini sangat baik untuk dapat menjaga kesehatanmu dan merupakan kandungan yang dibutuhkan tubuh. Tetapi jika mineral ini masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang terlalu banyak, hal ini akan menyebabkan perut menjadi kembung dan begah.

Menyebabkan Penyakit Maag Menjadi Kembuh

Waspadalah bagi kamu yang memiliki penyakit maag disini karena buah naga ini juga berpotensi untuk membuat penyakit maag menjadi kambuh. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa disebabkan karena kandungan asam yang terdapat di dalam buah naga. Hal ini bermula karena kandungan asam yang cukup tinggi yang dimiliki buah naga yaitu mencapai sekitar 0,139 per 100 gramnya akan membuat asam lambung menjadi naik.

Yang akhirnya kadar asam lambung yang tinggi itu akan menyebabkan munculnya gejala mual-mual pada perut kamu. Dan karena kadar asam lambung ynag mendadak tinggi inilah yang akan berpotensi membuat sakit maag atau gangguan asam lambung lain yang terdapat dalam dirimu bisa menjadi kembuh secara mendadak. Maka dari itu agar bisa mengurangi resiko ini ada baiknya kamu untuk tidak berlebihan mengonsumsi buah naga ini dan usahakan makan makanan berat terlebih dahulu sebeum kamu dapat mengonsumsi buah naga ini.

  • Dapat membuat munculnya gejala diabetes jika dikonsumsi berlebihan.
Menimbulkan Gejala Diabetes
Menimbulkan Gejala Diabetes

Meskipun tingkat persentase terjadinya resiko yang satu ini cukup rendah, tapi tetap saja mengonsumsi buah naga secara berlebihan ini juga dapat memunclkan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan kadar kandungan gula dalam buah naga yang cukup tinggi. Terlebih jika mengonsumsinya secara berlebih, hal ini akan membutnya semakin berbahaya lagi. Hal ini akan membuat kadar gula darah kamu menjadi naik. Apalagi biasanya orang akan menambahkan buah naga ini menjadi campuran dari beberapa minuman yang tergolong manis. Hasilnya akan membuat kadar gula kamu menjadi tidak terkontrol lagi.

Maka hal inipun akan berpotensi menyebabkan munculnya berbagai gejala penyakit diabetes pada dirimu. Maka dari itu ulai bijaklah dalam hal mengonsumsi buah naga ini meskipun kamu terasuk dari salah salah satu oaring yang menggemarinya. Dan sebagai tambahannya usahakan agar tidak mencampur buah naga ini dengan berbagai olahan yang manis jika kamu tak mau resiko yang satu ini terjadi kepadamu dan malah membahayakan kondisi kesehatanmu.

  • Dapat membuat perut menjadi sakit.
Menyebabkan Sakit Perut

Untuk yang terakhir ini merupakan resiko yang sangat umum bisa dirasakan oleh sebagian orang yang mengonsumsi buah naga ini. Yaps, selain dapat menyebabkan perut kembung, asam lambung naik, dan penyakit maag bisa kembuh. Efek samping yang satu ini juga dapat terjadi dan yang paling sering kita temui jika mengonsumsi buah naga terlalu banyak. Hal ini disebabkan karena perut kita yang sudah terlanjur menerima asupan makanan yang terlalu banyak akan tak dapat lagi untuk menambahinya.

Dan ini adalah bentuk pemberontakan yang dilakukan oleh perut karena secara terus menerus dimasuki oleh makanan. Ditambah lagi perut akan terasa semakin penuh dan penuh lagi karena buah naga juga termasuk jenis buah yang dapat mengenyangkan. Maka dari itu mulailah untuk dapat mengontrol lagi dalam mengonsumsi jenis buah yang satu ini.

Itulah beberapa efek samping buah naga yang akan berdampak buruk bagi kesehatan ini. Namun, kamu juga tak dapat menyalahkan buah naganya karena jika buah ini tidak dikonsumsi secara berlebih dan mengonsumsinya menurut takaran yang ada maka efek samping inipun juga dapat kamu hindari.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply