Penjelasan Lengkap Mengenai Hardisk

Posted on

Penjelasan Lengkap Mengenai Hardisk

Komputer terdiri dari berbagai macam komponen. Mulai dari komponen yang bersifat media input dan output. Nah di media yang bersifat input ini terdiri dari berbagai macam komponen seperti hardisk yang akan saya bahas kali ini. Hardisk merupakan perangkat keras yang bersifat penyimpanan, dan perangkat keras satu ini sifatnya sangat penting untuk computer dan laptop. Terciptanya seunit laptop ataupun computer itu Karena adanya komponen-komponen yang di rakit menjadi satu unit. Semuua bagian yang ada di dalam computer itu penting semua bila salah satu bagian aja tidak ada maka tidak akan tercipta yang namanya computer di karenakan semua komponen yang ada itu harus terhubung.

Nah di artikel saya kali ini saya akan membahas secara singkat mengenai hardisk mulai dari pengertian hardisk hingga fungsi hardisk.

Pengertian Hardisk

Hardisk merupakan perangkat keras (hardware) computer atau laptop yang bekerja secaara sistematis yang mana perangkat ini menjadi media penyimpanan bagi computer/laptop itu sendiri. Data-data atau file yang telah di simpan di dalam hardisk ini tidak akan hilang kecuali di hapus. Bahkan bila computer atau laptop kita matikan data di dalamnya tidak akan hilang juga. Dengan kata lain bisa kita simpulkan bahwa hardisk ini adalah media penyimpanan yang bersifat permanen (datanya tidak akan hilang kecuali di hapus oleh user). Kapasitas daya yang dapat di tampung di dalam hardisk ini terbilang cukup besar yang mana kalkulasi dipakai di dalam ukuran byte (B).

Fungsi Hardisk

Fungsi dari hardisk secara umum yang kita ketahui adalah sebagai media penyimpanan yang permanen yang mana dihasilkan oleh pemerosesan di dalam perangkat computer yang mana di dalam hardisk ini terdapat sebuah ruang penyimpanan utama. Yang mana di situlah setiap informasi atau data disimpan, selain ruang utama hardisk juga ternyata memiliki bagian-bagian yang pastinya kalian belum ketahui, bagianya adalah ruang kecil yang terdiri dari direktori, folder, subdirektori, dan subfolder. Yang di pakai untuk meletakan data atau informasi dari ruang utama.

Demikianlah penjelasan yang cukup singkat mengenai hardisk semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semuaa. TERIMAKASIH…

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply