Siapa Bilang Teknologi Bisa Gantikan Buku Cetak! 5 Alasan Ini Yang Mengungkapkan Hal Tersebut

Posted on

Teknologi? Pastilah kalian sudah tidak asing dengan hal tersebut.Memang jika dilihat-lihat teknologi yang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia sangatlah berpengaruh. Bahkan hampir semua manusia di dunia menggunakan dan membutuhkan teknologi dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Dan bahkan sampai ada yang mengatakan bahwa teknologi mampu menggeser dan menggantikan fungsi buku cetak. Benarkah seperti itu? Saya tidak sependapat dengan hal tersebut. Karena menurut saya buku cetak belum tergantikan oleh apapun termasuk juga degan teknologi. Kenapa begitu? 5 alasan ini yanng mungkin dapat mengubah presepsi kamu tentang  teknologi yang menggantikan posisi buku cetak.

Buku Yang Belum Tergantikan Oleh Teknologi Modern
Buku Yang Belum Tergantikan Oleh Teknologi Modern
  1. Memiliki aroma yang khas

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca, pastilah sudah tidak asing dengan aroma buku yang sering kali kamu baca. Terkadang untuk sebagian orang yang memang benar-benar sangat menyukai  dan memiliki hobi membaca pastilah sangat bersahabat dengan aroma buku cetak yang katanya bisa menenangkan. Dan aroma ini tidak akan kamu temui pada  benda-benda elektronik termasuk e-book.

Buku Yang Memiliki Aroma Yang Khas
Buku Yang Memiliki Aroma Yang Khas
  1. Bisa disentuh dan dirasakan keberadaanya

Memang fungsi buku adalah untuk dibaca. Tetapi membaca tulisan di buku cetak dengan membaca tulisan di internet pastilah sangat jauh berbeda rasanya bukan? Jika membaca buku cetak, kamu akan bisa merasakan lembar demi lembar halaman buku. Dan hal tersebut akan menambah kekhusyukan kamu dalam membaca. Karena memang buku adalah sesuatu yang nyata dan dapat dirasakan keberadaanya.

Buku Yang Bisa Dirasakan Keberadaannya
Buku Yang Bisa Dirasakan Keberadaannya
  1. Tidak sampai merusak mata

Bagi kamu yang suka membaca buku cetak akan lebih aman dan lebih terhindar dari kerusakan mata. Pancaran radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone yang kamu gunakan dapat merusak mata kamu. Apalagi jika smartphone yang kamu miliki dibekali dengan teknologi blulight yang akan menyebabkan mata kamu cepat lelah dan bisa mengakibatkan kerusakan pada mata. Maka dari itu mending baca buku cetak kan dari pada baca tulisan di smartphone? Lumayan  investasi masa depan, kan kesehatan merupakan investasi masa depan.

Buku Tidak Merusak Mata Seperti Ebook
Buku Tidak Merusak Mata Seperti Ebook
  1. Koleksi dan hiasan

Bagi kamu yang senang mengoleksi buku buku, kamu dapat mengaplikasikannya dengan membuat hiasan dalam ruangan kamu. Nah, sangat bermanfaat bukan? Tidak hanya isinya dapat dibaca, tapi jika ditata dengan baik akan menjadi sebuah hiasan yang unik dan menarik tentunya. Bandingkan degan e-book, mana bisa dipajang ? Itulah yang menjadi alasan kenapa buku cetak tidak akan pernah tergantikan oleh teknologi secanggih apapun. Karena memang buku cetak memiliki daya tarik tersendiri.

Bisa Dijadikan Koleksi Dan Hiasan
Bisa Dijadikan Koleksi Dan Hiasan
  1. Bisa dicoret-coret dan digunting sesuai keinginanmu

Saat kamu membaca buku, pastilah kamu akan menemukan gambar atau tulisan yang menarik. Dan kamu bisa menandai itu atau bahkan jika kamu senang kamu bisa mengguntingnya dan kamu tempel dibuku harian atau di manapun kamu mau. Dan kamu juga bisa menandai buku tersebut dengan tanda kepemilikan kamu. Coba bandingkan dengan e-book, apakah kamu bisa mengguntingnya atau menandainya? Pastilah tidak bisa kan? Maka dari itu memang keberadaan buku setak tidak dapat digantikan oleh teknologi jaman sekarang termasuk e-book.

Bisa Digunting Dan Ditandai
Bisa Digunting Dan Ditandai

Nah, itulah alasan kenapa buku cetak tidak gampang tergantikan dengan teknologi termasuk e-book. Apakah kamu sependapat dengan saya? Atau kamu memiliki alasan lain. Tapi yang jelas untuk saat ini belum ada yang dapat menggantikan buku cetak, termasuk dengan teknologi. Tapi bagi para maniak buku cetak tentu akan bertahan dengan buku cetak karena alasan-alasan tertentu. Itulah alasan kenapa buku cetak tidak tergantikan dengan teknologi jaman sekarang. Tapi kita tidak tahu apa yang akan terjadi 10 tahun lagi dengan buku cetak. Apakah masih bisa bertahan seperti sekarang atau tidak.

Sekian artikel kami, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply