Khasiat Daun Mint yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan.

Posted on

Daun mint ialah daun yang berasal dari tumbuhan yang bernama Mentha. Daun mint termasuk salah satu dari sekian jenis dedaunan yang mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Aroma yang bisa menenangkan dan khasiat yang yang beragam membuat daun mint ini banyak dijadikan sebagai bahan obat dan kosmetik. Karna selain bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh daun mint juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit. Maka tak heran di negara bagian Eropa banyak yang menjadikannya sebagai bahan campuran dalam berbagai macam masakan bahkan minumannya.
Kandungan Dari Daun Mint.
Dilihat dari segi manfaatnya yang sangat beragam maka tak heran jika daun mint ini juga mempunyai begbagai kandungan penting yang ada di dalamnya. Seperti kandungan terbaik yang dimilikinya adalah antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Atau berbagai kandungan lainnya, yaitu vitamin C, A, D dan E, serta berbagai mineral seperti fosfor dan kalium. Namun meskipun daun mint ini memiliki berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh, anda tetap tidak boleh mengonsumsi daun mint ini terlalu banyak atau melebihi takarannya sebab dapat menyebabkan iritasi pada lambung, menyebabkan rasa mulas dan diare di perut, dan bahkan berpotensi menyebebkan keguguran pada ibu hamil. Jadi ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat anda ambil dari daun mint:
• Dapat menambah nafsu makan.
Daun mint ini dapat menambah nafsu makan bila anda menambahkannya ke dalam berbagai masakan anda. Pasalnya daun mint ini dapat menyebabkan kecanduan pada seseorang yang mengonsumsi masakan yang mengandung daun mint ini. hal ini dikarenakan akan menimbulkan efek nyaman dan sangat menentramkan bagi penikmatnya. Sehingga bisa digunakan sebagai bahan untuk menambah nafsu makan. Dan jika anda memiliki anak yang mempunyai permasalahan susah makan, anda juga dapat menambahkannya ke dalam masakan anda dan di jamin ini akan membuat nafsu makan anak anda akan bertambah.
• Mengurangi adanya rasa batuk dan gatal di tenggorokan.

Minuman Dari Rendaman Daun Mint Juga Dapat Membantu
Minuman Dari Rendaman Daun Mint Juga Dapat Membantu

Pernahkan anda melihat bebrapa obat yang ada di warung juga mengadopsi mint sebagai penambah rasa di berbagai jenis obat batuk yang ada? Hal ini disebabkan karena kandungan aktif yang terdapat pada daun mint yang dapat meredakan bahkan menyembuhkan gatal yang ada di tenggorokan yang bisanyanya menjadi penyebab batuk. Pasalnya hal ini disebabkan karna komposisi mint ini dapat membuka rongga pada hidung yang akhirnya dapat melegakan tenggorokan. Selain mengonsumsi obat batuk yang tersedia di warung anda juga dapat mengonsumsi ramuan rendaman daun mint ini untuk meredakan batuk dan gatal di tenggorokan yang tengah anda rasakan.

• Menghilangkan adanya rasa nyeri.
Daun mint ini ternyata juga dapat mengatasi rasa nyeri. Hal ini bisa disebabkan karena zat antispasmodic yang terdapat di dalamnya. Yang mana zat ini dapat bekerja sangat baik untuk mengendurkan otot yang sedang menegang. Sehingga otot itu akan segera dapat kembali seperti semula dan yang akhirnya bisa menghilangkan adanya rasa nyeri tersebut.
• Baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh.
Selain itu daun mint ini juga sangat baik untuk kondisi pencernaan dalam tubuh anda. Kandungan antioksidan dan fitonetrien yang terdapat dalam daun mint inilah yang berguna untuk menjaga sistem pencernaan anda. Meskipun daun mint ini dapat menimbulkan berbagai gangguan pada pencernaan bila dikonsumsi terlalu banyak, namun hal ini akan berbanding terbalik bila anda mengonsumsinya dalam jumlah atau takaran yang pas.
• Menjaga kesehatan mulut dan gigi.
Karena manfaat yang satu inilah yang menyebabkan banyak perusahaan pasta gigi yang menambahkan daun mint ini sebagai bahannya. Yang mana peran daun mint disini adalah sebagai zat antiflamasi dan antibacterial yang akan menjaga serta merawat kesehatan mulut dan gigi anda. Serta juga dapat untuk membantu mencegah adanya kerusakan gigi yang permanen.
• Membantu dalam merawat kesehatan kulit.

Masker Daun Mint
Masker Daun Mint

Nah, inilah manfaat yang paling ditunggu-tunggu untuk kaum hawa. Yaitu juga dapat membantu dalam merawat kesehatan kulit. Karena kandungan vitamin E dan D yang terdapat dalam daun mint ini akan berguna untuk membantu dalam memperbaharui dan menyingkirkan sel kulit mati yang terdapat pada kilit anda. Selain itu kandungan asam salisilat yang turut hadir dalam proses pergantian sel kulit yang sudah rusak tersebut akan bisa membuat kulit anda nampak menjadi lebih segar dan sehat setelah itu. Sehingga daun mint ini akhirnya akan dapat merawat kesehatan kulit anda. Menjadikannya sebagai masker adalah salah satu pilihan tepat yang dapat anda gunakan. Yang mana masker ini juga dapat untuk membersihkan jerawat dan komedo.
• Mengatasi masalah alergi yang sedang terjadi pada kulit.
Inilah manfaat ajaib terakhir yang dimiliki daun mint, yakni dapat mengatasi masalah alergi yang sedang terjadi pada kulit anda. Hal ini bisa terjadi sebab kandungan zat yang dimiliki daun mint ini akan berfungsi dengan sangat baik dalam mengontrol rasa gatal dari alergi yang tengah dirasakan oleh kulit. Kerana zat ini akan mengontrol sekaligus mematikan berbagai bakteri jahat serta jamut yang menyebabkan alergi pada kulit.
Itulah beberapa manfaat yang dimiliki daun mint yang berguna bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda mengenai daun mint ini.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply