simbolsopan
Kesopanan

Arti Tersendiri Untuk Diamnya Seseorang

Posted on

Setiap oarang yang ada di bumi ini memiliki sifat yang berbeda-beda, mungkin saja ada yang bersifat ceria, misterius, dan ada juga yang senang dan memilih hidup dengan ketenangan. Dan kebanyakan orang yang tenang itu orang yang sedikit bicara dan pendiam. Namun, ada juga orang yang sebenarnya bukanlah pendiam, akan tetapi untuk beberapa hal dia malah lebih memilih untuk menjadi seseorang yang pendiam. Yang dimaksud arti diam disini bukanlah hal yang buruk namun diam untuk sebuah kebaikan.

Banyak sekali orang yang mengira seseorang yang memiliki sifat diam itu berarti dia memiliki watak yang buruk, jangnlah beranggapan seperti itu jika kamu masih mengenal namanya saja. Andai kamu tahu, bahwa diam itu tidak selamanya jelek. Nah, masih ingat tidak dengan sebuah kalimat “Diam itu Emas”? Dari kalimat itulah kita harus berfikiran yang positif bahwa diamnya seseorang itu bisa jadi mendatangkan kebaikan yang bermanfaat untuk dirinya bahkan untuk orang lain juga, seperti emas.
Jadi, saya akan memberikan sedikit manfaat dibalik diamnya seseorang kepadamu.

1. Bahasa Non-verbal

gerakantubuh
Bahasa Non-verbal

Seorang yang pendiam biasanya dia tidak akan banyak bicara namun dia akan lebih banyak bergerak dan bertindak. Dan untuk orang yang diajak bicara atau yang menjadi lawan bicarnya akan mengerti apa yang dimaksud meskipun tanpa suara. Nah, gerakan tubuh seorang pendiamlah yang akan sering diperhatikan ketika sedang berbicara.

Karena dari gerak tubuhnya itulah kamu akan mengerti dan bisa menilai sendiri apa yang tersembunyi dibalik diamnya seseorang itu. Gerakan yang mungkin menunjukkan dia sedang keheranan dilakukakan dengan mengernyitkan dahinya, dan dia akan mengangguk ketika dia setuju dengan suatu hal, atau bahkan masih banyak lagi respon yang dia berikan melalui gerakan tubuhnya.

2. Diam untuk menarik perhatian

menarikperhatian
Cara Menarik Perhatian

Diam bisa menjadi alasan tersendiri untuk seorang pendiam menarik perhatian orang lain. Misalnya ketika kamu sedang melakukan presentasi di depan kelasmu namun yang terjadi semua teman-temanmu tidak memperhatikan dan hanya ramai saja. Maka hal yang perlu kamu lakukan adalah diam sejenak setelah itu lihatlah apa yang terjadi, semua temanmu pun nantinya juga akan diam dan dengan segera memalingkan pandangannya kepadamu yang sedang presentasi. Dan dengan cara inilah seorang pendiam menarik perhatian orang lain.

3. Wujud Empati

empati
Unjuk Rasa Empati

Untuk menunjukkan rasa empati kepada seseorang bukan hanya menyampaikannya melalui kata-kata, ada saatnya mungkin bagimu bingung untuk mengungkapkan perasaan yang ada di hatimu kepada seseorang yang terkena musibah itu. Kamu tak perlu menyampaikannya dengan kalimat yang bertele-tele, kamu cukup diam menemani dan menenangkannya itu sudah lebih dari cukup.

Karena hakikatnya, kalimat yang kamu ucapkan dan keluar dari mulutmu itu belum tentu akan menjadi solusi terbaik dan mampu menenangkan hati temanmu. So, diam cukup menjadi cara yang tepat untuk menenangkan seseorang.

4. Simbol Kesopanan

simbolsopan
Kesopanan

Gerakan tubuh seorang pendiamlah yang sering diperhatikan oleh seseorang. Dan diam juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan keseponan seseorang. Dan dengan diam juga lebih terlihat bahwa dia justru menghargai seseorang dan bersikap santun pada seseorang.

Ketika seseorang yang sedang berbicara dan tiba-tiba dia menyela pembicaraanmu terkadang memang ada seseorang yang seperti itu yang senangnya bicara dan tahunya hanya menyela omongan orang lain saja. Karena itulah, dengan diamnya dirimu itu akan lebih menunjukkan kesopananmu dan menghargai apa yang orang lain ucapakan kepadamu.

5. Diammu Mewakili Perasaanmu

diam
Diam Juga Bisa Mewakili Apa yg Kamu Rasakan

Pernahkah kamu mendengar kalimat yang mengatakan “Diam tanda bahwa kamu setuju”. Nah, dengan itulah terkadang seseorang lebih memilih untuk diam dalam memebrikan jawaban kepada orang lain. Dan dengan jawaban itulah yang menjadikan persetujuan atau bisa jadi sebaliknya.

Karena justru orang diam itu akan menghindari berpura-pura ketika memberikan jawaban. Dan cara inilah yang banyak dipilh agar tidak mengatakan kata-kata yang buruk dan salah bicara.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply