Mitos Menyesatkan Yang Bikin Cewek Minder Menstruasi
Mitos Menyesatkan Yang Bikin Cewek Minder Menstruasi

Mitos Menyesatkan Yang Bikin Cewek Minder Menstruasi

Posted on

Menstruasi merupakan siklus alami yang kerap terjadi pada tubuh manusia, khususnya pada kaum hawa. Pada umumnya siklus ini akan muncul tiap sekitar 4 minggu atau satu bulan, dimulai sejak hari awal menstruasi hingga hari awal menstruasi selanjutnya tiba. Walau demikian, tidak semua cewek mengalami siklus yang sama. Siklus menstruasi terkadang bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dengan perbedaan yang berkisar antara 21 sampai 35 hari.

Menstruasi ini di sebabkan hormone esterogen dalam tubuh perempuan yang meningkat pada tiap siklus mentruasi untuk bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya pembuahan. Tahap ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium akan berlangsung dan dinding rahim akan menebal.

Mitos Menyesatkan Yang Bikin Cewek Minder Menstruasi
Mitos Menyesatkan Yang Bikin Cewek Minder Menstruasi

Berdasarkan orang tua zaman dahulu kala, ada beberapa hal yang di larang atau harus kamu jauhi jika kamu sedang mengalami menstruasi. Hmmm… padahal semua hal tersebut hanyalah mitos belaka yang tak ada kebenaranya dan tidak ada faktnya.

Mau tahu apa saja mitosnya, check  this out?

Usia yang lazim menstruasi yaitu 13 tahun!

Sebenarnya tidak ada usia yang lazim atau usia normal untuk urusan datang bulan. Setiap perempuan punya waktu sendiri untuk masa menstruasi, ada yang mengalaminya pada usia 9 tahun, 10 tahun, dan seterusnya. Pada umumnya, menstruasi akan di alami perempuan yang sudah memasuki masa puber pada kisaran usia 9 tahun hingga usia tahun. Jika kamu belum menstruasi sesudah lewat umur 15 tahun, maka ada baiknya kamu segera pergi kedokter dan berkonsultasi apa penyebab kamu belum menstruasi.

Kehamilan tidak terjadi saat menstruasi

Kamu harus tahu bahwa kehamilan sebenarnya tidak dapat terjadi pada saat menstruasi, meskipun kondisi kehamilan pada saat menstruasi bukanlah sesuatu yang dimaklumi. Biasanya kehamilan terjadi pada saat rahim sedang ber-ovulasi. Nah, problem terkadang susah untuk diketahui kapan terjadinya proses ovualsi rahim dan siklus menstruasi yang tepat, terutama kalau kamu sering telat menstruasi.

Telat menstruasi berarti kamu hamil!

Salah satu mitos yang tidak ada kebenaranya yaitu jika kamu tealt datang bulan, makan kemungkinan besar kamu sedang hamil. Hal tersebut memang salah satu penyebab perempuan telat datang bulan yakni terjadinya kehamilan. Tetapi, kehamilan bukanlah factor utama penyebab telat datang bulan. Ada beberapa factor lainya yang dapat merubah pola atau siklus datang bulan, seperti factor stress, perubahan berat badan, sakit, pola makan tak sehat, diet berlebihan dan lain sebagainya.

Perempuan yang baru mengalami menstruasi biasanya juga akan mengalami menstruasi lanjutan yang tak sesuai pola 28 hari. Hal tersebut akan  terjadi selam enam bulan hingga satu tahun dari datang bulan pertama.

Menstruasi terhenti jika kamu berenang

Ada beberapa pendapat bahwa menstruasi akan terhenti jika kamu berenang. Memang darah menstruasi akan secara langsung terhenti mengalirkan darah keluar saat kamu sedang berenang, dan hal tersebut disebabkan tekanan air di luar vagina. Akan tetapi, darah menstruasi akan kembali mengalir jika kamu selesai berenang.

Saat menstruasi jangan berenang di laut

Di Indonesia sendiri juga terdapat mitos yang tidak benar pada saat menstruasi yang di percaya turun temurun, Yaitu saat menstruasi jangan berenang di alut, mengapa? karena ikan hiu dapat “ mengendus” darah menstruasi kamu dari kejauhan.

Akan tetapi, faktanya sampai sekarang belum ada bukti ilmiah hiu memiliki keharusan menyerang perempuan yang sedang datang bulan pasa saat berenang di laut.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply