11 Tips Melaksanakan Shalat Tahajud Setiap Malam dengan Mudah

Posted on

Shalat tahajud adalah shalat sunah yang sangat istimewa. Banyak sekali keistimewaan shalat tahajud. Meskipun shalat tahajud mempunyai banyak manfaat tapi tidak semua orang dapat mengerjakannya karena beberapa alasan salah satunya yaitu sulitnya bangun malam.

Berikut ini adalah 11 tips melaksanakan shalat tahajud setiap malam dengan mudah antara lain:

  1. Niat karena Allah

Selalu menjaga keikhlasan saat berniat untuk bangun malam serta mengerjakan sholat tahajud. Niatilah sholat tahajud karena Allah, pastinya Allah akan meringankan pekerjaan hambanya yang awalnay berat menjadi ringan. Jika anda sulit untuk bangun malam, cobalah untuk meluruskan niat karena Allah.

  1. Jangan membuat diri anda terlalu lelah pada siang hari

Agar anda dapat mengerjakan sholat tahajud, janganlah anda membuat diri anda terlalu lelah saat siang hari. Anda harus bisa menyeimbangkan ibadah dengan bekerja. Jika memang ada tugas yang perlu diselesaikan dan dibawa saat esok hari, sebaiknya kerjakanlah setelah mengerjakan sholat tahajud. Jangan dikerjakaan saat malam hari saat anda mau tidur yang dapat memakan waktu sampai larut malam dan pada akhirnya dapat membuat anda tidak bisa bangun saat sepertiga malam.

  1. Tidur keadaan suci

Biasakanlah kalau sebelum tidur anda berwudlu lebih dulu. Tidur dalam keadaan yang suci dapat membuat jiwa menjadi bersih serta ruhyah terjaga. Sehingga kita dapat bangun sepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajud dengan ikhlas karena Allah.

  1. Jangan membuat tempat tidur mewah

Menurut Rasulullah SAW bermewah mewahan dengan tempat tidur dapat menghalagi seseorang untuk bangun malam serta menghalagi sholat malam.

  1. Tidur miring ke kanan

Rasulullah menganjurkan supaya tidur dengan miring ke kanan. Karena pada saat kita tidur dengan miring ke kanan posisi jantung hanya akan terbebani oleh paru paru kiri yang berukuran kecil. Selain itu posisi ini juga baik untuk pencernaan.

  1. Setelah shalat isya segeralah tidur

Biasakan tidur di awal waktu seperti tidur seteah shalat isya. Jangan begadang untuk suatu hal yang tidak penting, yang akhirnya dapat membuat mata anda menjadi lelah dan mengantuk untuk bangun sepertiga malam. Tidur lebih awal merupakan cara terbaik agar kita bangun lebih awal serta mampu untuk mengerjakan sholat tahajud.

  1. Sebelum tidur hendaknya berdzikir

Cara yang lainnya adalah dengan cara melakukan dzikir sebelum tidur. Selain mendapatkan pahala dari Allah, dzikir juga dapat menjadi benteng untuk diri kita dari gangguan setan. Sebab Allah akan menjaga hambanya yang selalu ingat padanya.

  1. Rasakan jika Allah telah memanggil

Bagi kalian yang memenuhi panggilan dari Allah maka Allah akan menjanjikannya kedudukan yang terpuji. Cobalah rasakan bahwa Allah sudah memanggil kita untuk melaksanakan sholat tahajud. Karena sholat  tahajud merupakan jalan untuk mendapatkan tempat terpuji.

  1. Rasakan jika Allah melihat serta mendengarkan shalat tahajud serta doa kita

Sebuah hadist dari Rasulullah menerangkan “shalatlah seolah olah kamu melihat Allah, dan jika kamu tidak mampu pasti Allah melihatmu”. Ketahuilah jika Allah mengetahui apa saja yang kita lakukan walaupun sekecil apapun perbuatan itu. Manusia yang sedang tertidur lelap pasti Allah melihatnya. Bahkan berdoa di kegelapan malam akan didengar oleh Allah serta akan mendapatkan perhatian yang khusus.

  1. Ingin mempunyai sifat yang dimiliki orang yang mengerjakan sholat tahajud

Seseorang yang megerjakan sholat tahajud secara rutin, pasti dia akan mendapatkan dampak yang sangat luar biasa dari dalam dirinya. Misalnya ketenangan hati dan jiwa, kesehatan jasmani dan rohani dan lain sebagainya. Pastinya tidak terlepas dari keikhlasan serta kekhusyukan shalatnya.

Shalat tahajud juga akan mempengaruhi kepribadian seseorang, sebab shalat tahajud merupakan bagian dari terapi hati. Maka barang siapa yang mengerjakannya insyaAllah akan dijauhkan dari kemaksiatan. Perilakunya akan terjaga serta jiwanya merasaken ketentraman.

  1. Ingat azab nerakanya Allah

Selain surga Allah juga mempersiapkan neraka untuk orang orang yang ingkar padaNya, yaitu bagi mereka yang tidak mau sujud kepadaNya. Dengan mengingat adanya neraka maka kita akan selalu ingat serta takut akan azab nerakanya Allah

Demikian artikel tentang 11 tips melaksanakan shalat tahajud setiap malam dengan mudah semoga dapat bermanfaat untuk kalian terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply