7 Bahaya Penggunaan Kipas Angin yang Terlalu Lama

Posted on

Kipas angin adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan angin, fungsi dari kipas yang sering anda jumpai dalam kehidupan anda adalah sebagai penyejuk ruangan, pengering dan mendinginkan ruangan. Secara umum kipas angin dibedakan menjadi 2, yaitu kipas angin tradisional dan kipas angin modern. Kipas angin tradisional adalah kipas yang digerakkan masih dengan cara tradisional, sedangkan kipas angin modern adalah kipas yang digerakkan dengan tenaga listrik ataupun baterai.

Semakin berkembangnya jaman, semakin berkembang juga variasi kipas angin serta energi penggeraknya, sudah banyak variasi kipas angin yang dapat anda temukan, mulai dari bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana mana dengan energi penggerak baterai, sampai yang besar ataupun yang digantung di atap atap rumah. Kipas angin listrik sudah ditemukan sejak tahun 1882 oleh Schuyler Skaats.

Penggunaan kipas angin ketika cuaca sedang panas memang sangatlah sejuk, tetapi fakta juga membuktikan bahwa penggunaan kipas angin yang terlalu lama dapat menimbulkan masalah kesehatan anda. Inilah beberapa bahaya pemakaian kipas angin yang terlalu lama :

7 bahaya penggunaan kipas angin yang terlalu lama
  1. Tubuh menjadi kekurangan air

Tubuh kita membutuhkan 70% asupan air setiap harinya, tetapi jika anda berada didalam ruangan dingin yang terlalu lama ataupun menggunakan kipas angin dengan jangka waktu yang panjang, anda bisa kehilangan asupan air pada tubuh anda dan itu akan membawa dampak buruk pada organ tubuh anda.

  1. Bell palsy

Bell palsy atau yang lebih sering disebut sebagai penyakit lumpuh, kelumpuhan yang terjadi akibat penyakit ini bukan lumpuh pada tubuh melainkan lumpuh pada daerah wajah anda yang diakibatkan hawa dingin yang terlalu lama mengenai wajah anda, seperti menggunakan kipas angin dengan jangka waktu yang lama. Wajah anda akan menegang dan membuat anda sulit untuk tersenyum.

  1. Jumlah oksigen yang berkurang

Angin yang dihasilkan dari kipas angin tidak semuanya adalah oksigen, gas karbon dioksida juga bisa dihasilkan oleh kipas angin. Jika wajah anda terlalu lama menghadap pada kipas angin maka anda akan kesulitan untuk mencari oksigen, bahkan bisa saja udara yang tidak baik tersebut tetap berada dalam lingkaran wajah anda.

  1. Kulit kering

Ruangan yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan kulit anda rusak kering, sebab penggunaan kipas angin yang terlalu lama dapat menyebabkan anda kekurangan asupan air, padahal kulit anda sangat membutuhkan air yang dialirkan dari darah anda. Hal tersebut yang menyebabkan kulit anda kering.

  1. Otot nyeri dan kaku

Terlalu lama menggunakan kipas angin dapat membuat badan anda nyeri dan kaku, sebab cairan lubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot tubuh anda akan berkurang karena suhu dingin yang terlalu lama anda rasakan. Jadi wajar bila anda tidur menggunakan kipas angin lalu keesokan harinya anda merasakan nyeri sekujur tubuh.

  1. Infeksi pernapasan

Proses penyaringan udara tidak tersedia pada kipas angin, udara yang ada pada ruangan akan dihembuskan kipas angin pada anda, baik itu udara bersih ataupun tidak. Perlu anda tau tidak semua udara itu bersih, apalagi jika tidak disaring, masih banyak kuman dan bakteri yang terkandung didalam udara tersebut. Jadi, bisa saja bila anda nanti terkena penyakit asma ataupun penyakit pernapasan lainnya sebab anda terlalu lama menggunakan kipas angin.

  1. Mudah sakit

Tubuh yang mudah terserang penyakit bisa juga terjadi sebab tubuh tidak bisa mengeluarkan keringat yang biasanya dihasilkan oleh imun aktif didalam tubuh anda. oleh karena itu sistem metabolisme tubuh anda akan berkurang dan ditambah anda yang menggunakan kipas angin ketika sedang tidur, pasti anda akan lebih mudah terserang penyakit.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply