Tips Menambah Berat Badan Secara Alami

Posted on

Berat badan sering menjadi permasalahan di semua kalangan, baik anak muda, maupun orang yang sudah tua. Sebagian orang yang merasa kegemukan mereka ingin menurunkan berat badan, sebaliknya orang yang merasa kurang gemuk, mereka ingin menambah berat badan mereka. Mereka yang kurang gemuk tapi banyak makan itu karena semua makanan yang masuk lebih banyak diolah menjadi energi dan hanya sedikit yang disimpan sebagai lemak dan otot. Jika anda memang benar-benar ingin menambah berat badan, coba lakukan olahraga yang teratur dan diseimbangi dengan pola makan sehat yang teratur. Itulah kuncinya agar berat badan cepat naik, inilah beberapa tips untuk menambah berat badan :

berat-bdn-1

Tips untuk pola makan

  • Tingkatkan masa makan dalam satu hari

Orang bertubuh kurus perlau makan yang lebih sering untuk meningkatkan berat badannya, tetapkan jadwal makan yang sesuai dengan kondisi fisik, lalu jalani secara teratur. Siapkan camilan yang berkalori tinggi, susu yang rendah lemak. Jangan kebanyakan minum setelah makan, berilah jeda sekitar 30 menit, karena jika anda setelah makan langsung minum dengan jumlah banyak itu akan membuat anda cepat kenyang.

  • Perbanyak makanan yang mengandung lemak sehat

Jika anda ingin memiliki tubuh berisi bukan berarti anda bebas makan apa saja, pilihlah lemak sehat yang mempunyai manfaat pada tubuh seperti kacang-kacangan, apukat dan lain lain. Jauhi makanan yang berlemak jahat seperti gorengan, es krim.

  • Perbanyak asupan protein

Protein diperlukan untuk meningkatkan masa otot sehingga berat badan bertambah. Protein berguna untuk membentuk sel sel tulang, darah, kulit, rambut. Cobalah mengkonsumsi makanan yang berprotein.

  • Pilih makanan berkarbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari, karbohidrat dapat membentuk otot dan menunjang fungsi penting organ tubuh. Kurangi makan karbohidrat yang sederhana seperti nasi, gula pasir, permen, kue, karena itu bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang menyebabkan penyakit diabetes.

  • Sering makan di malam hari

Makan atau menyemil di malam hari setelah pukul 8 dapat meningkatkan berat badan, tapi anda disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan, karena itu akan mengakibatkan meningkatnya kadar asam lambung dan dapat beresiko terkena stroke.

Tips untuk olahraga

  • Tingkatkan masa otot

Otot memiliki masa lebih tinggi daripada lemak, gunakanlah olahraga yang dapat meningkatkan masa otot, seperti push up, squat jump, crunces. Berolahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan karena lapar.

  • Batasi gerak tubuh

Jika anda sering beraktifitas kalori yang ada dalam tubuh anda akan sering terbakar karena mengeluarkan energi. Jadi anda harus lebih sering sering bersantai tapi juga diseimbangi olahraga yang teratur.

Sudah tau kan gimana caranya untuk meningkatkan berat badan? Silahkan dicoba secara teratur. Terima kasih

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply