Jika Anda Menyayangi Mata Anda, Sudahkan Anda Menjaga Kesehatan Mata Anda?

Posted on

Banyak orang yang berkata bahwa mata itu jendela dunia, karena dengan mata setiap orang bisa melihat berbagai macam hal yang menakjubkan yang berada di dunia ini. Mata ialah sebuah indera yang sangat rumit loh guys, bahkan ada kamera terbaik yang pernah diciptakan oleh manusia pun tidak akan mampu menandingi kehebatan mata ini.

jangan terlalu sering menggunakan lensa mata

Mata juga diciptakan sangat unik, jika anda memperhatikan bagian kornea mata, pasti tidak ada satu pun yang identik dengan satu sama lainnya bukan, dan bahkan memiliki beragam warna yang sangat menakjubkan.

Namun jika mengetahui betapa pentingnya fungsi mata, maka kita juga di wajibkan untuk menjaga dan merawatnya dengan baik. Tapi, seiring dengan bertambahnya usia dan kemamouan mata juga akan banyak mengalami penurunan. Dan untuk itu kita harus bisa mencegah hal tersebut yah guys. Selagi kita masih muda, maka lakukanlah beberapa hal yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan mata anda, antara lain:

  • Lakukanlah pemeriksaan mata secara rutin

Ketika seseorang itu memasuki usia 20-an ini adalah usia yang paling tepat untuk kita memulai melakukan pemriksaan mata secara rutin. Karena pada saat seseorang memasuki usia 40-an pastinya akan banyak sekali berdatangan penyakit dan mungkin diantaranya ialah penyakit mata. Jadi, mulai sekarang lakukanlah pemeriksaan mata secara rutin yah guys.

  • Lindungi mata dari terpaan debu dan sinar matahari

Dalam hal seperti ini guna melindungi mata kita agar tetap sehat, karena ada banyak partikel lembut yang ia mampu mencederai mata kita. Dan juga sinar matahari yang terik juga sangatlah berbahaya bagi kesehatan mata kita. Jadi, oleh karena itu jika kamu akan bepergian ataupun menggunakan sepeda motor usahakanlah kamu menggunakan helm guna melindungi mata kamu ataupun kaca mata hitam agar debu dan sinar UV matahari tidak merusak pada mata kamu.

  • Atur jarak aman saat menonton TV, di depan Komputer ataupun saat menatap layar smartphone

Mungkin bagi sebagian dari anda sudah mengetahui tentang hal ini. Karena radiasi yang dipancarkan oleh layar TV, LCD smartphone dan minitor komputer itu tidak akan sepenuhnya disaring oleh mata kita. Bahkan radiasi ini akan menyebabkan mata kita kelelahan, dan sampai-sampai kita akan mempunyai penyakit mata yang serius seperti astenopia dan katarak.

  • Jangan membaca dalam cahaya redup

Dalam hal ini sebisa mungkin kamu menghindari membaca dengan cahaya redup yah. Karena dengan cahaya yang redup ini akan menimbulkan penyakit mata yang serius. Maka jika kamu ingin membaca buku berilah pencahayaan yang baik, supaya otot-otot mata itu tidak cepat lelah. Dan juga bagi kamu yang suka membaca sambil tidur itu tidaklah baik, dan juga sering-seringlah kamu berkedip pada saat sedang membaca ataupunsedang fokus. Dan kalau ada waktu gunakanlah istirahat mata sejenak dengan kamu melihat ke luar ruangan selama beberapa menit saja.

  • Jangan melihat cahaya terang tanpa pelindungan

Janganlah kamu melihat sinar matahari secara langsung, karena cahaya terang ini akan menyilaukan dan juga mamou merusak retina mata kamu sehingga menyebabkan kebutaan loh. Maka gunakanlah pelindung mata jika kamu ingin melihat cahaya secara langsung.

  • Batasi waktu penggunaan lensa mata

Jika kamu salah satu pengguna lensa mata sebaiknya batasilah waktu penggunaannya yah, selalu cuci bersih lensa mata kamu yang telah kamu gunakan dan juga jangan lupa simpan di temat yang bersih. Dan sebaiknya kamu menggunakan kaca mata saja karena kaca mata lebih aman jika dibandingkan dengan lensa mata, dan juga perawatan kaca mata jauh lebih aman dan lebih tahan lama juga.

  • Matikan lampu saat tidur

Agar mata kamu bisa beristirahat total, maka matikanlah lampu pada saat kamu tidur. Karena cahaya gelap ini mampu meredakan ketegangan otot mata kamu yang sudah beraktivitas seharian.

  • Komsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat yang kamu makan juga berguna untuk nutrisi ke seluruh anggota tubuh kamu loh. Tapi, unutuk menjaga kesehatan mata kamu sebaiknya pilih-pilih dalam hal makanan, kamu sebaiknya banyak memakan makanan yang kaya akan vitamin A, seperti tomat, papaya, jeruk, wortel, ikan tuna, hati ayam, susu, telur dan bayam.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply