10 Bahaya Dibalik Penggunaan MSG

Posted on

Monosodium Glumate atau yang biasa disebut dengan MSG ini adalah bahan untuk menyedapkan masakan. Jika anda tau bahaya apa yang disebabkan oleh MSG pada kesehatan tubuh anda, pasti anda akan membuangnya. Banyak penyakit yang sedang mengintai para penikmat MSG ini, rasa gurih yang enak akan membuat mereka melupakan bahaya MSG dan tetap menjadi pemakainya.

MSG adalah garam natrium dari asam glumate yang dijuak dengan bentuk semacam kristal halus, setiap orang selalu membutuhkan 11 gram gluatamate, tapi kandungan ini juga bisa digantikan dengan kandungan protein alami yang telah anda makan sehari-harinya. Sebenarnya jika anda tau, masih banyak MSG alami yang telah dipasarkan dan aman jika anda konsumsi, tapi masih banyak orang yang tidak tau akan hal ini dan mereka lebih memilih memakai MSG buatan yang terbuat dari fermentasi zat tepung dengan gula tebu. Biasanya MSG buatan ini dipakai untuk campuran membuat makanan instan dan minuman instan.

10 bahaya dibalik penggunaan MSG

Inilah beberapa dampak jika anda mengkonsumsi MSG buatan :

  1. Jantung tidak sehat

Banyak dampak dari MSG yang berpengaruh buruk pada jantung anda, seperti detak jantung yang tidak beraturan, irama jantung yang terlalu cepat dan tidak beraturan, detak jantung terlalu lambat, jumlah detak jantung yang melebihi biasanya, nyeri pada dada dan jantung yang kekurangan darah. Biasanya seluruh kejadian ini juga diikuti dengan perasaan yang tidak nyaman, was was dan cemas.

  1. Pusing dan leher menjadi kaku

Perlu anda tau, MSG mampu membentuk alanin yang bisa menghambat kerja vitamin B6. Gelaja yang ditemukan biasanya penderita akan merasa ingin mual, pusing, ruam di wajah, leher kaku dan mulut akan terasa kering. Untuk menghindari terjadinya hal seperti ini, minumlah air putih yang banyak dan jangan lupa untuk beristirahat.

  1. Otot menjadi kaku

Dampak menjadi penikmat vetsin ketiga adalah otot tubuh anda akan terasa nyeri dan kaku.

  1. Kanker

Proses pembuatan MSG yang memakan waktu lama dan menggunakan suhu yang tinggi bisa memicu hadirnya senyawa yang dapat menyebabkan penyakit kanker bagi penikmatnya.

  1. Kerusakan pada syaraf

Jika anda sudah menjadi penikmat MSG atau sering sekali menggunakan MSG sebagai penyedap masakan anda, bisa saja anda terkena migrain, depresi dan insomnia. Zat zat kimia yang terkandung didalam MSG bersifat merusak sel sel pada otak, selain itu MSG juga bisa menyebabkan penyakit alzheimer, autisme dan parkinson.

  1. Efek pada organ genital

Bahaya lainnya jika anda mengkonsumsi MSG bagian organ tubuh dalam anda bisa menyebabkan nyeri pada kandung kemih, sering kencing, bengkak pada kelenjar prostat.

  1. Dampak pada penglihatan

Pemakaian MSG secara terus menerus bisa menyebabkan pandangan kabur, mata tidak sehat dan nyeri pada sekitar organ mata.

  1. Efek pada kulit

Penggunaan MSG bisa membuat kulit anda menjadi sensitif, gatal gatal dan sariawan pada bibir.

  1. Tekanan darah yang tidak normal

MSG bisa membuat tekanan darah anda menjadi naik secara drastis dan kacau.

  1. Gangguan pada sistem pernapasan

Mengkonsumsi MSG secara berlebihan juga berdampak pada sistem pernapasan anda, biasanya penderita akan terkena bersin bersin dan asma.

Selain itu masih banyak efek dari mengkonsumsi MSG, sebab asam glumat yang berkumpul pada jaringan sel otak mampu menyebabkan lumpuh. Cobalah mengganti penggunaan MSG dengan bahan dapur lainnya seperti gula, rempah rempah dan garam.

Ada beberapa dampak penggunaan MSG bagi kesehatan yang gampang menghinggapi tubuh anda seperti sakit kepala, sering berkeringat, mual, wajah dan leher panas, gampang mengantuk, nyeri pada bagian dada, kesemutan dan lainnya.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply