5 Cara Menjaga Pandangan Mata Menurut Islam

Posted on

Alloh telah memberikan sepasang mata yang sangat menajubkan kepada kalian, lalu tugas anda adalah menjaga kedua mata tersebut dari bahaya kesehatan mata anda. Tetapi, bukan hanya kesehatan mata yang harus kalian jaga, didalam islam juga sudah dijelaskan bahwa anda harus menjaga mata anda dari pandangan yang bisa mendekatkan anda kepada zina. Pasti anda sudah pernah mendengar istilah “ cuci mata “ kalimat itu sering diucapkan seseorang yang mau keluar untuk bersantai ataupun nongkrong sambil melihat orang yang lalu lalang.

Menurut islam perilaku seperti ini adalah perbuatan dosa, memandang lawan jenis  yang bukan mahromnya dan menikmati kecantikannya itu sudah dikatakan dosa. Sebagai umat islam tentunya kita harus berusaha untuk menjaga diri dari perbuatan seperti ini.

Islam telah mengajarkan kepada kita untuk menundukkan pandangan, tepatnya mata. Sebab dengan menggunakan kita dapat mengetahui sesuatu yang tidak kita ketahui, anda bisa menerawang semuanya dengan mata anda jika anda tau bagaimana caranya. Tetapi dengan mata juga kita bisa melakukan sesuatu yang tidak ingin Alloh lakukan kepada kita. Dengan mengumbar pandangan anda, itu sudah diartikan bahwa anda mengumbar hati anda, oleh karena itu mata juga disebut sarana berzina.

5 Cara menjaga pandangan mata menurut islam

Pada zaman yang semakin modern ini, menjaga pandangan mata sangatlah berat dilakukan, ini semua disebabkan karena semakin renggangnya budaya islam di zaman sekarang. Apalagi kurangnya pendidikan agama juga bisa menjadi pemicu utama, inilah beberapa cara untuk menjaga pandangan mata :

  1. Selalu ingat pada Alloh

Ingatlah bahwa Alloh selalu melihat apa yang kita kerjakan dan semuanya akan selalu dicatat oleh malaikat,  walaupun itu baik ataupun buruk. Selalu tanamkan kesadaran pada diri anda, dengan demikian anda bisa menahan pandangan anda dengan mudah. Jangan pernah bosan untuk memperkuat iman anda, jagalah iman anda dengan selalu berbuat baik dan cobalah untuk merubah sikap menjadi lebih baik daripada kemarin. Menahan pandangan juga termasuk cara anda untuk menjaga diri anda sebelum menikah.

  1. Jauhi tempat yang memicu lahirnya fitnah

Supaya anda terbebas dari zina mata, sebaiknya anda menghindar dari tempat tempat yang membuat anda gampang  melihat aurot lawan jenis anda. atau bisa saja anda menghindari tempat yang dapat menimbulkan fitnah, selain itu juga bisa menghindari terjadinya berpacaran.

  1. Berdoalah kepada Alloh

Berdoalah adalah salah satu cara untuk membuat hati kita menjadi lebih tenang dan nyaman, agar kita jauh dari pandangan yang tidak diinginkan. Banyak berdoa juga membuat anda lebih dekat dengan Alloh, itu artinya perlindungan Alloh selalu ada untuk anda. Ingatlah tujuan dari agama islam adalah untuk beribadah kepada Alloh, jadi semuanya harus berdasarkan untuk Alloh.

  1. Rajin puasa

Puasa adalah salah satu amalan yang bertujuan untuk mendapatkan pahala. Dengan melaksanakan puasa anda diajarkan untuk menahan nafsu pada diri sendiri atas hal hal yang sudah diharamkan untuk anda, menahan nafsu dari makan dan minum.

  1. Menikah

Menikah sangat dianjurkan didalam islam, dengan menikah anda akan terhindar dari segala perbuatan maksiat, menjaga anda dari pelanggaran didalam islam. Oleh karena ini, jika kalian sudah sanggup untuk menikah, maka sebaiknya menikahlah dengan segera. Sebab bila anda sudah menikah, pikiran anda akan lebih fokus pada rumah tangga dan jika anda ingin melakukan sesuatu seperti “ cuci mata” anda pasti ingat pada pasangan sah anda dirumah. Atau bisa juga gunakan cincin nikah kemanapun anda berada, agar anda selalu ingat apa kewajiban anda.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply