kesehatanterganggu
Kesehatan Menjadi Terganggu

Banyak Kerugian yang Ditimbulkan Dari Kebakaran Hutan

Posted on

Kebakaran yang terjadi di tahun ini menimbulkan kerugian untuk masyarakat Indonesia dan khususnya yang terjadi di Pulau Sumatera sampai Pulau Kalimantan yang memiliki hutan dan lahan gambut yang sanagt banyak. Dan terjadinya kebakaran hutan sendiri juga sangat banyak dan yang sering terjadi yaitu sebab gelombang panas musim kemarau. Hal ini sangatlah merisaukan dan merugikan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Dampak yang merugikan itu entah dari sisi ekologi hingga ekonomi. Berikut yang disebabkan Kebakaran hutan.

kebakaranhutan
Kebakaran Hutan

1. Hilang dan rusak habitat satwa liar

satwa
Habitat Asli pun Juga Terusik

Dalam hutan dan lahan gambut di Indonesia ini juga memiliki aneka ragam satwa liar. Dan juga beberapa hutan yang ada di Indonesia dijdikan Kawasan Taman Nasional yang isinya juga satwa liar dan habitat yang asli. Dan hal ini penting sekali untuk dijaga bagi sejumlah species yang ada agar tidak punah, seperti beruang madu, bekantan, orang utan, dan harimau.

2. Menjadi penyebab meningkatnya emisi gas rumah kaca

Hutan sendiri secara alami merupakan tempat untuk menyerap gas CO2 yang berlebihan di atmosfer. Dan ini menjadi peranan yang  penting sebagai pengendali perubahan iklim. Jika hutan atau lahan terbakar maka dia akan melepaskan karbon dan juga emisi menuju udara lalu berkontribusi dalam pemanasan global yang akan terjadi di bumi. Dan hal ini menjadikan bumi semakin panas dan tumbuhan juga akan sulit untuk tumbuh dengan subur, dan mungkin kekringan pun akan meraja lela. Sehingga akan banyak sekali kerugiannya.

3. Kesehatan manusia terganggu

kesehatanterganggu
Kesehatan Menjadi Terganggu

Polusi udara yang semakin buruk akan terjadi bila ada kebakaran hutan dan tentunya akan berdampak langsung bagi penduduk desa yang dekat dengan lokasi kebakaran. Seperti yang kita tahu kebakaran yang terjadi Riau beberapa waktu yang lalu, yang mana banyak sekali masyarakat yang terganggu kesehatannya seperti terkena penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan) dan juga masih banyak masyarakat yang terkena partikel asap dan tidak sedikit yang terkena pertikel asap yakni, 55 ribu jiwa dan kabut asap dari kebakaran itu menghalangi pandangan dan juga bisa merusak pandangan. Karena ini jugalah banyak sekolah yang terpaksa diliburkan demi terjaganya kesehatan pelajar di sana.

4. Secara ekonomi menjadi rugi

ekonomirugi
Secara Ekonomi Juga Rugi

Kebakaran yang terjadi tentunya juga akan mengganggu aktifitas masing-masing individu karena wilayahnya untuk bekerja terkena kabut asap dan dengan terpaksa harus berhenti bekerja demi kesehatan dan hal ini tentunya juga menghentikan perekonomian seperti perdagangan. Dan juga bisa menjadi dampak yang buruk pada perputaran ekonomi di wilayah yang terkena kabut asap tersebut. Dan buruknya lagi ketika kabut asap bukan hanya di negara sendiri melainkan juga merambat ke negara tetangga yang mengakibatkan buruknya hubungan bilateral Indonesia.

5. Banjir di mana-mana

Seperti yang kita tahu bahwa banjir akan terjadi ketika hujan deras turun tiba-tiba, lalu menagapa jika kebakaran terjadi efeknya akan terjadi banjir? Jadi gini, jika kebakaran hutan terjadi maka akan menimbulkan polusi udara kemudian pohon-pohon yang ada di hutan menjadi mati semua lalu jika hujan turun dengan tiba-tiba siapa yang akan menyerap air ke dalam tanah kalau bukan pohon itu sendiri. Dan banjir juga akan sangat merugikan bagi masyarakat yang tinggal di wilyah hutan itu selain terkena kabut asap mereka juga akan terkena banjir. Banjir yang terjadi di wilayah hutan akan menimbulkan erosi tanah sebab tidak bisa menopang tanah terlebih lagi juga bisa menimbulkan tanah longsor jika wilayah tersebut berbukit-bukit. Maka dari itu, jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan banjir akan terjadi di wilayah hutan karena hutan itu sebagai penyeimbang alam yang wajib stabil kondisinya.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply