Hobi Bisa Jadi Investasi

Hobi Bisa Jadi Investasi

Posted on

Bisnis yang dikerjakan sesuai dengan hobi, akan membuat kita senang dan bisa bertahan lebih lama juga berkembang jauh lebih besar tentunya. Banyak orang yang sukses dalam bisnisnya lantaran hobi yang mereka jadikan dasar bisnis. Megapa hal ini bisa terjadi? Karena dasarnya suka ternyata dapat menjadi bisnis yang luar biasa. Factor hobi bisa jadi investasi. Jadi, bagi kamu yang bingung harus bisnis apa, kamu bisa memulainya dari hobi. Sebagai inspirasi dan masukan untuk kamu agar mudah menemukan ide bisnis. Berikut adalah daftar hobi yang bisa jadi investasi.

  1. Hobi Menulis
Hobi Menulis

Sudah banyak orang yang sukses karena hobinya menulis. Hobi ini bisa jadi sumber penghasilan utama bagi seorang penulis. Entah dia penulis blog, novel, dan lain-lain. Orang menjadikan menulis sebagai hobi dan pekerjaannya itu baik. Melalui menulis mulai dari media sosial seperti majalah, koran, dan sejenisnya. Dia yang menulis sebuah buku lalu diterbitkan bisa dijual. Menjual karya bisa dijadikan pekerjaan yang sesuai dengan hobi. Sekaligus membesarkan namanya melalui karya. Orang yang hobi menulis sudah biasa menerbitkan buku. Dia akan memiliki perusahan dan lembaga sendiri. Dia akan dicari banyak orang dan diajak bekerjasama karena karya menulisnya yang baik. Dan dibayar dengan harga yang tidak murah.

  1. Hobi Fotografi
Hobi Fotografi

Saat ini bisa dibilang zaman maraknya hobi fotografi. Meskipun tidak dengan kamera DSLR yang mahal harganya. Kini cukup dengan kamera smartphone, orang-orang bisa mengambil foto yang baik. Kamera smartphone yang beresolusi tinggi dilengkapi dengan fitur-fitur yang hampir serupa dengan yang ada di kamera DSLR menambah baik hasil foto. Hasilnya memang tidak sebagus kamera mahal seperti DSLR yang memang sudah tingkatnya kelas fotografi. Kamera smartphone sudah cukup lumayan kalau hanya untuk mengabadikan momen-momen yang menarik. Untuk kamu yang hobinya fotografi dan sudah memiliki kamera DSLR bisa menjadikannya bisnis seperti potret pra-wedding, penelitian, acara keluarga, dan lain-lain. Kamu juga bisa menjual foto hasil jepretan kamu ke perusahan majalah atau tabloid.

  1. Hobi Memasak
Hobi Memasak

Bagi kamu yang punya hobi kuliner dan maemasak, entah itu laki-lai ataupun perempuan. Kamu bisa memulai dengan bisnis catering atau rumah makan yang sederhana. Ada banyak kisah orang sukses yang hobi memasak kini menjadikoki terkenal. Dia memang terlahirdari keluarga sederhana dan tidak mungkin untuk kuliah yang tinggi. Namu, karena beasiswa dan kemampuan memasaknya yang tidak diragukan lagi, kini menjadi sukses dengan rimah makannya yang bercabang dimana-mana. Menjadi koki dan usaha kateringnya yang laris manis.

  1. Hobi Olahraga
Hobi Olahraga

Ada banyak macam olahraga. Yang paling gempar dan jadi perbincangan banyak orang adalah sepak bola. Tidak hanya kaum laki-laki tapi perempuan juga banyak yang menyukainya. Bahkan anak kecil kini mulai handal dalam memainkan bola dan bercita-cita ingin menjadi pemain bola yang hebat. Karena hobi ini bebrapa orang menjadikannya bisnis dengan menjual aneka perabotan olahraga seperti menjual baju bola, bola, sepatu bola dan lain-lain. Selain itu ada juga perlengkapan olahraga lain seperti perlengkapan renang, badminton dan lain-lain. Bisnis ini juga sukses berawal dari hobi.

  1. Hobi Fashion
Hobi Fashion

Jaman sekarang maraknya fashion hijabers. Buat kamu yang hobi fashion mungkin punya keahlian mendesign. Terutama bagi kaum hawa yang selalu ingin tampil modis. Dengan mengikuti perkembangan trend saat ini pasti banyak orang mencari model baru. Jika kamu bisa melihat peluang bisnis sesuai dengan hobi kamu terhadap fashion. Naluri untuk berbisnis ini akan menuntunmu bisa menciptakan sebuah pasar yang berkembang di dunia fahion masa kini. Yang tentunya berbeda dengan yang lain.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply