bab berdarah
bab berdarah

7 Penyebab Buang Air Besar yang Disertai Dengan Keluarnya Darah

Posted on

Penyebab Buang Air Besar yang Disertai Dengan Keluarnya Darah

Buang air besar dengan di sertai dengan adanya darah merupakan salah satu gejala yang cukup umum terjadi pada sebagian orang, tak sedikit dari kita mengalami gejala ini karena beberapa alasan tertentu. Sering kali hal ini terjadi pada anak- anak bahkan bayi juga bisa mengalaminya. Hal ini di sebabkan luka yang terjadi pada anus saat seseeorang sedang buang air besar karena sembelit.

Dilihat dari warna tinja tersebut (berwarna hitam atau merah terang), bisa di ketahui dari warnanya tersebut untuk menentukan apakah pendarahan itu berasal dari saluran pencernaan bawah atau atas. Biasanya pendarahan ini terjadi pada bagian atas, darah melewati usus penyerapan, kemudian lewat usus besar, yang mana disaat berlangsungnya oksidasi hemoglobin yang akan menyebabkan tinja menjadi berubah warna menjadi kehitraman.

BAB yang di sertai dengan adanya darah ini, sebaiknya mengacu pada tinja yang berwarna merah terang. Ini menandakan bahwa pendarahan tersebut terdapat pada saluran pencernaan pad bagian bawah. Berikut adalah beberapa penyebab buang air besar di sertai dengan darah :

jaringan pencernaan yang tergesek menyebabkan luka
jaringan pencernaan yang tergesek menyebabkan luka
  1. Pendarahan rectal

Pendarahan rectal merupakan alasan yang sudah umum. Pendarahan bisa terjadi pada bagian usus besar, beberapa penyebab terjadinya pendarahan yaitu lewatnya tinja yang keras, sembelit atau wasir.

  1. Penyakit maag

Maag kronis, ini adalah satu dari beberapa alasan yang menyebabkan buang air besar yang di sertai dengana darah, baik pendarahan yang terjadi di lambung ataupun terjadi pada usus 12 jari, yang akhirnya akan membuat buang air besar menjadi berdarah. Jika ini adalah penyebab dari pendarahan saat buang air besar. Pengobatan yang dapat anda lakukan adalah anda hanya perlu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat tinggi dan meminum obat-obatan.

  1. Fissure ani

Fissure ani merupakan sayatan yang dapat menyebabkan robekan atau luka pada permukaan anus pada bagian dalam anus. Hal ini lah yang dapat menyebabkan tinja keluar engan di sertai dengan darah segar.

  1. Terjadinya peradangan pada tukak lambung

Pada permukaan lambung yang terkena iritasi dan terjadinya peradangan yang di sebabkan oleh inveksi virus dan juga bakteri akan menyebabkan terjadinya wasir.  Ketika  seseorang sedang melakukan buang air besar yang di sertai dengan keluarnya darah. Ini di sebabkan kerena terjadi peradangan yang ada pada tukak lambung akan semakin melebar saat jaringan ini terkontaminasi dengan zat- zat kimia yang memicu pendarahan yang cukup deras.

  1. Divertikular

Divertikular merupakan penyakit yang semacam kantung kecil yang berfungsi sebagai pembangun dan sebagai penyususn pertahanan di dinding usus besar. Jika dinding usus ini terluka dan terjadi suatu peradangan maka pendarahan pun akan terjadi. Darah tersebut akan ikut keluar ketika buang air besar berlangsung.

  1. Terjadinya colitis

Colitis ini di sebut juga dengan peradangan berat yang terjadi pada usus besar. Peradangan yang terjadii pada usus besar ini dapat mengakibatkan pendarahan yang dimana kondisi ini akan mengakibatkan pembuluh darah menjadi rentan untuk pecah dan robek. Serta dapat menyebabkan darah segar dapat mengalir dengan sendirinya saat buang air besar.

  1. Ambeien

Ambeien adalah salah satu keadaan yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah balik dalam saluran dubur. Apabila pelebaran tersebut terjadi pada saluran dubur, maka kondisi ini sering di kenal dengan hemorrhoid internal. Sedang kan jika terjadi di sekitar lubang dubur di sebut dengan ambeien luar.

Itulah beberapa penyebab buang air besar yang di sertai dengan keluarnya darah. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, oleh karena itu, muali sekarang anmda perlu menerapkan pola hidup sehat agar tehindar dari beberapa penyakit. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply