merasabersalah
Menerima Kegagalan

Jangan Khawatir Untuk yang Sering di Bully, Ada Tips Ampuhnya Kok!

Posted on

Kata bullying saat ini sudah tak asing lagi bukan di telinga kita yang mana bullying ini adalah masalah sosial. Kejadian ini biasanya akan sering terjadi di lingkungan, sekolah, tempat kerja, universitas, bahkan juga ada yang di sosial media atau “cyber bullying” dan ini bisa berdampak buruk bagi seseorang yang dibully baik dari harga dirinya maupun kesehatan psikologisnya. Mungkin saja dampak buruknya tidak terjadi disaat dibully namun dapat juga dampak buruk ini terjadi untuk kurun waktu yang panjang.

Jadi pernahkah kamu merasa terbully dan sering menjadi korban bully? Seseorang yang selalu membuatmu tertekan, dipermalukan di depan umum, atau merendahkan secar sengaja. Dan itu semua membuatmu takut untuk beraktifitas di keseharianmu, bahkan kamu akan sanagt takut dan cemas bila nanti kamu harus bertemu dengannya. Jika memang iya kamu sebagai salah satu orang yang sering dibully cobalah lakukan beberapa hal berikut.

1. Jangan Minder

minder
Jangan Mudah Minder

Salah satu alasan umum seseorang terkena bully itu mungkin karena dia adalah seorang yang minder. Dan sesorang yang membullymu itu mungkin karena dia merasa lebih hebat dibandingkan dirimu. Setiap manusia diciptakan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan kamu tak perlu menjadi seseorang yang minder dengan kelebihan seseorang yang telah diberikan oleh Tuhan. Selain kekurang yang kamu punya tentunya kamu juga punya kelebihan yang terpendam karena kita ini diciptakan dengan memiliki kekurang dan kelebihan, dengan kelebihanmu yang terpendam itu mungkin saja kamu belum mengetahuinya namun jika kamu terus mencari pasti akan ketemu kok. Dan kunci dari semua itu adalah Percaya dirilah sehingga kamu tidak menjadi target anak yang dibully.

2.Nggak Usah Beri Tanggapan

silent
Tak Usah Direspon

Jika kamu sedang merasa dinully ada baiknya nggak usah ditanggepin karena kebanyakan orang yang nge-bully itu ingin mendapatkan respon sehingga dia akan semakin melunjak. Ketika kamu dibully dan kamu merasa marah, sedih, dan terganggu maka pembully itu akan merasa 100 persen berhasil membullymu karena itulah yang mereka inginkan dari membully. Jika saja kamu merespon apa saja yang dikatakannya secara otomatis nantinya dia akan mengulanginya lagi di lain hari.

3. Jangan Merasa Bersalah, Marah, Malu ataupun Takut

merasabersalah
Tak Perlu Merasa Bersalah, Malu, Marah

Kebanyakan orang yang dibully dia akan menunduk ke bawah menurunkan bahunya dan tak berani menatap mata yang membully. Nah, jika bisa kamu jangan seperti itu usahakanlah untuk berdiri tegak dan yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bukanlah orang yang tepat untuk dibully. Berikanlah raut muka yang tegas dan berjalanlah dengan santai sesuai tujuanmu. Dan untuk mereka yang akan atau bahkan pernah membullymu maka hiraukanlah saja karena mereka nantinya bisa menghalang-halangimu mencapai cita-citamu.

4.Beranilah Untuk Menatap matanya

tatapmata
Beranilah Menatap Matanya

Seperti yang saya katakan di atas bahwa janganlah menunduk ketika dibully akan tetapi taplah matanya jika bisa berikan sorotan mata yang sinis dan tegas. Buatlah dia takut untuk membullymu lagi buatlah dia tahu bahwa kamu tak takut padanya dan juga yakinkan padanya bahwa kalian diposisi yang sama. So, kamu nggak perlu takut lagi untuk menghadapinya.

5. Bicaralah Dengan Asertif

soekarno
Bicaralah Dengan Tegas

Terkadang memang ada baiknya untuk tidak merespon apa yang dikatakan sang pembully, akan tetapi tidak akan menjadi masalah ketika kamu harus meresponnya. Respon yang saya maksud di sini bukan sekedar merngek minta maaf atau apa namun suatu perkataan ketegasan darimu bahwa apa yang telah dilakukan orang itu sangat tidak benar. Tidak perlu memasang wajah penuh amarah cukup berkata dengan tegas dan Lebih dewasa lagi.

6. Ceritalah dengan orang terdekatmu

saran
Ceritalah Ke Orang Terdekatmu

Jangan malu untuk bercerita kepada orang lain, paing tidak satu orang yang bisa menjadi pendengar yang baik dan memberikan solusi padamu atau jika tidak ceritakanlah pada orang terdekat yang kamu percaya. Karena merka ada untuk peduli kepada yang lainnya. Carilah solusi yang tepat untuk semua masalahmu itu bersama dengannya, sebelum hal yang lebih buruk terjadi padamu.

7. Jalan-jalanlah bersama temanmu

teman
Hangoutlah Bersama Teman

Seperti biasa ketika bersama dengan seorang teman itu akan merasa menjadi kuat karena itulah teman ada untuk bisa mengerti perasaan kita yang akan seneng susah bersama kita dan yang peduli kepada kita dibandingkan orang lain. Sam dengan pepatah yang mengatakan “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”. Jadi, biarkanlah temanmu menjadi seseorang yang perduli padamu yang siap selalu mendampingimu di manapun dan kapanpun.

8. Nggak perlu takut untuk melaporkan ke pihak yang berwajib

polisi
Laporkan Pada Pihak Berwajib

Jiak memungkinkan seseorang yang membullymu itu sudah terlewat batas seperti terjadi kekerasan fisik atau perlakuan yang tidak wajar, maka kamu berhak melaporkan hal in ke pihak sekolah terlebih dahulu jika saja masih belum terkondisikan maka laporkanlah ke pihak yang berwajib seperti polisi agar dihukum sesuai Undang-undang. Tapi sebelum kamu melapor ada baiknya jika kamu membawa bukti yang akurat.

Karena kebanyakan seseorang yang senang membully itu ada masalah dalam dirinya sendiri dan salah satu aspeknya adalah kehidupannya yang kurang sempura, misalnya saja keluarganya tidaklah harmonis, ekonomi yang kurang, dan masih banyak lainnya. Jadi dia melakukan semua itu hanya untuk menutupi kekurangannya agar orang lain tidak menjatuhkannya.

9. Jika kamu memiliki bakat dan potensi maka kembangkanlah

prestasi
Kembangkan Bakat dan Potensi

Buatlah iri orang yang membullymu dengan segala macam bakat dan potensi yang kamu miliki. Tetaplah percaya diri dan jadikanlah mimpi-mimpimu menjadi kenyataan. Jangan hanya sibuk mengurusi orang lain yang tidak penting dan mencari-cari kekuranganmu namun carilah bakat apa yang bisa menjadikanmu seseorang yang berprestasi. Karena dengan bakat itulah kamu akan merasa lebih percaya diri lagi dan nantinya orang lain juga akan menghargaimu.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply