Bingung Punya Hobi Apa? Yuk Kenali Lewat Hal-Hal Kecil Ini

Posted on

Pernah sutau ketika kamu mendapat selembar kertas dari gurumu di sekolah yang harus kamu isi. Seorang guru menunggu kamu untuk menuliskan biodata tentang diri kamu. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir, dan lain-lain kamu dapat isi dengan lancar. Namun, satu yang membuatmu selalu bingung untuk mengisi jawaban. Dan untuk kesekian kalinya kamu menuliskan biodatamu, hanya poin ini yang sangat sulit dan sangat lama untuk dipikirkan. Sebuah kolom yang menanyakan hobi kamu. Dan sudah berapa kali kamu mengisinya dengan seenaknya. Mulai dari hobi yang paling sederhana dan sering ditulis oleh anak sekolahan adalah membaca. Tapi, pada kenyataannya kamu lebih senang mendengarkan daripada membaca.

Lalu, bagaimana bisa kita mengenali hobi dengan hal-hal kecil? Perhatikan ciri-cirinya, kalau hobi itu kamu miliki.

  1. Hobi Itu Yang Sesuai Dengan Kemampuan Kamu

Kamu suka memasak? Kamu bisa berenang? Kamu bisa menari atau bernyanyi? Bisa jadi hobi kamu salah satu diantaranya atau bahkan semuanya. Karena sebenarnya, hobi itu menyesuaikan dengan kemampuan diri kita. Kalau kamu punya kemampuan melakukan sesuatu, maka bisa jadi itu adalah hobi kamu. Biasanya kalau kamu sudah mahir dalam sebuah kegiatan dan kini menjadi keahlianmu, maka kamu akan senang bisa melakukannya terus-menerus. Kegiatan itu bisa juga setara dengan bakat yang kamu punya tapi belum kamu sadari. Atau mungkin bisa juga kalau hobi kamu tidak sesuai dengan bakat yang kamu punya. Tapi, yang penting kamu merasa senang jika melakukannya setiap hari itu tidak jadi masalah. Dan akan lebih baik jika hobi kamu itu sesuai dengan bakat kamu. Dengan begitu kemampuan kamu akan berkembang dan lebih mahir lagi tentunya.

  1. Hobi Itu Kegiatan Yang Tidak Pernah Membuat Kamu Bosan

Kalau kamu senang melakukan suatu kegiatan dan terus-menerus, maka itu adalah hobi kamu. Saat kamu melakukannya akan membuat perasaanmu bahagia bahkanketika kamu diberikan waktu untuk melakukan hobimu, kamu akan sering lupa kalau waktu yang diberikan sudah habis. Kesenangan yang kamu lakukan mampu melupakan segalanya tidak terkecuali waktu. Begitulah hobi itu ada, hobi itu kamu miliki dan dapat membuat kamu bahagia hingga melupakan waktu istirahat juga waktu makanmu.

  1. Hobi Itu Tidak Membuat Kamu Bingung Atau Kepayahan

Kamu mungkin punya keinginan berbeda dengan yang biasanya orang inginkan pada umumnya. Kamu senang jalan-jalan, petualangan, travelling keliling dunia. Tapi, kamu bingung bagaimana melakukannya. Kapan dan dengan siapa melakukannya. Harus dimulai dari mana? Sekali kagi kamu harus tahu, hobi itu kegiatan yang tidak membuat kamu bingung ataupun kepayahan untuk melakukannya. Hobi itu yang bisa kamu lakukan sendiri dan membuatmu senang yang bisa menjadikanmu kebiasaan dengan itu. Jadi, kalau suatu kegiatan itu membuatmu pusing dan bingung, berarti itu tidak cocok dengan kemampuan kamu. Itu bukan hobi yang harus kamu miliki dan kamu bisa mencari hobi lain yang sesuai dengan kemampuanmu. Dengan tanpa memaksa keadaan, karena yang memaksa itu akhirnya tragis.

  1. Hobi Itu Boleh Lebih Dari Satu, Jadi Jangan Bingung

Masih bingung dengan hobi kamu apa? Hobi apa yang cocok buat kamu itu yang tahu kamu sendiri. Yang perlu kamu tahu adalah hobi itu boleh lebih dari satu, jadi jangan khawatir dan bingung. Memang terkadang hobi itu tidah selalu dilakukan setiap hari. Ada orang yang harus merelakan waktu untuk melakukan hobinya karena suatu pekerjaan lain. Tulis saja keinginanmu dan kesenanganmu. Lakukan hal yang kamu suka selagi ada waktu. Percayalah dengan apa yang kamu inginkan hari ini untuk kamu lakukan suatu hari nanti. Semua akan terjadi di masa depan. Berpikir yang positif dan tidak mudah putus asa.

  1. Hobi Itu Kegiatan Yang Bermanfaat, Tapi Tidak Semua Hal Disebut Hobi

Kamu suka makan, kamu suka tidur, apakah hal itu bisa disebut sebagai hobi atau termasuk hobi? Tentu tidak. Semua orang juga senang melakukannya, namun, itu bukanlah hobi. Hobi itu yang bisa memberikan manfaat. Misalnya kamu hobi menulis, kamu bisa mengembangkannya dengan belajar menulis blog. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya bukan hanya materi tapi juga apresiasi dari hobi kamu sendiri. Akan menyenangkan jika kamu melakukan sesuatu yang membuatmu bahagia dan menghasilkan hal yang bermanfaat.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply