sulit tidur

7 Cara Mudah Mengatasi Masalah Insomnia yang Jarang Diketahui

Posted on

Cara Mudah Menyembuhkan Insomnia

Agar istirahat anda tidak terjadi kendala dan agar anda memiliki kualitas tidur yang baik, maka menyembuhkan insomnia merupakan hal utama yang perlu anda lakuakan. Sebab, insomnia merupakan gangguan kesehatan bagi setiap manusia yang di tandai dengan sulit tidur secara terus menerus. Hal ini dapat menurunkan system kekebalan tubuh yang akhirnya akan mengganggu kesehatan, baik secarabiologis maupun secara fisik.

Selain pengertian di atas. Insomnia bisa di artikan sebagai kondisi yang dimana iaterbangun saat tidur namun ia merasa ketidak nyamanan. Dari sini bisa di simpulkan bahwa insomnia adalah ketidak mampuan seseorang untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

cara mengatasi Insomnia
cara mengatasi Insomnia

Penyebab terjadinya Insomnia

Untuk dapat menyembuhkan insomnia anda harus melakukan dengan segera mungkin . karena hal ini akan berdampak pada aktifitas yang akan anda lakukan di setiap harinya. Jika anda kurang tidur, maka hal ini dapat menjadikan anda lemas, lesu, tidak semangat dan kurang focus saat menjalani aktifitasnya sehari- hari. Anda perlu mengenali masalah insomnia terlebih dahulu, dan berikut ini adalah beberapa penyebab insomnia secara umum yang sering terjadi :

  • Cemas berlebih
  • Stress
  • Depresi
  • Pecandu atau menggunakan obat tertentu
  • Mengkonsumsi kafein
  • Memiliki kebiasan tidur yang buruk
  • Perubahan lingkungan
  • Memiliki penyakit tertentu
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak saat malam hari

Gejala insomnia

Anda tidak cukup jika hanya memahami penyebabnya saja, anda juga harus memahami beberapa gejala dari insomnia. Gejalanya, antara lain :

  1. Mudah marah
  2. Suasana hati yang sedang kacau
  3. Sering mengantuk di siang hari
  4. Badan terasa lemas, lesu, tidak bersemangat
  5. Kesulitan untuk tidur
  6. Sering terbangun di malam hari
  7. Terbangun terlalu pagi padahal malamnya tidur terlarut malam

Cara Menyembuhkan Insomnia

Menyembuhkan insomnia harus dengan segera anda lakukan. Jika tidak, hal ini dapat menimbulkan banyak komplikasi kesehatan, atau bahkan beberapa kaasus yang paling parah dan menyeramkan dapat menyebabkan kematian. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakuakn untuk menyembuhkan masalah insomnia :

  1. Merilekskan pikiran

Membiasakan tidur tidak terlarut malam dapat memprogram pikiran untuk terbiasa tidur lebih cepat, sehingga hal ini dapat membuat tidur anda menjadi lebih mudah.

 

  1. Mengkonsumsi air putih yang cukup

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya aka membantu tubuh untuk mengeluarkan semua racun yang ada dalam tubuh. Dengan demikian akan membuat orang terasa rileks dan akan membuat seseorang mudah unntuk tidur.

 

  1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Hindari untuk Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein 3 jam sebelum tidur karena hal ini akan membuat saraf di dalam tubuh akanmerasa tegang yang akhirnya akan mengakibatkan seseoprang sulit untuk tidur.

 

  1. Buatlah kondisi tempat tidur dan lingkungan yang senyaman mungkin

Dengan membuat ruangan tidur anda menjadi senyaman mungkin akan berpengaruh terhadap kualitas tidur anda. tentunya hal ini akan membuat anda mudah untuk tidur, karena tubuh anda akan merasakan nyaman dan rileks.

 

  1. Olahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dan teratur akan membuat tubuhmu terasa lebih shat, sebab, aliran darah dalam tubuh dapat mengalir dengan cepat dan lancar. Sehingga akan membuat anda semakin rileks dan nyaman.

 

  1. Menerapkan gaya hidup sehat

Jika anda telah terbiasa dengan gaya hidup yang sehat, hal ini sangat membantu anda untuk mnegatasi masalah insomnia, misalnya, jangan mengkonsumsi kafein, tidak makan berlebih saat malam hari dan selalu menjaga kenyamanan dan kebersihan tempat tidur dan senbagainya.

 

  1. Menggunakan pengobatan herbal

Sekarang ini telah banyak pengobatan yang tersedia dan bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah insomnia. akan tetapi dengan pengobatan herbal secara alami tanpa adanya efek samping yang berbahaya dapat menjadi pilihan bagi kebanyakan oranguntuk dapat mengatasi masalah ini.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi insopmnia, silahkan anda lakuakn cara tersebut sesuai  dengan kebutuhan anda. semoga bermanfaat:)

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply