liberica
Liberica Coffee

Untuk Kamu Pecinta Kopi. Inilah Jenis-Jenis Kopi Dari Penjuru Dunia

Posted on

Zaman sekarang ini siapa sih yang nggak pernah minum kopi? Pastinya hampir dari semua orang pernah minum kopi walaupun hanya mencicip sedikit. Dan bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang menyukai melainkan masyarakat dunia juga menyukai kopi, karena aroma dan rasanya yang sangat khas tentunya disukai oleh banyak orang. Dan tidak heran sekali jika kita banyak sekali menemukan cafe-cafe yang menjual kopi-kopi atau warung-warung kopi di pinggir jalan. Dan dari semua tempat yang menjual kopi pasti selalu ada kopi hitamnya.

Kopi sendiri memiliki banyak species yakni terdiri dari 90 species. Dan dari semua banyaknya species kopi tersebut yang komersial untuk buah hanya 25 saja. Dan hanya 4 species saja yang terkemuka dalam perdagangan biji kopi, yaitu kopi arabika, kopi robusta, kopi liberica, dan juga kopi excelsa.

1. Kopi Arabika

arabika
Kopi Arabika

Kopi yang terkenal ini dihasilkan oleh beberapa negara dan Indonesia termasuk juga penghasil kopi arabika dan negara lainnya adalah Brazil, Peru, Kolombia, Kenya, Zambia, Venezuela, Paraguay, Bolivia, Hawaii, Yaman, Puerto Rico, Costa Rica, Nicaraguay, Papua Nugini, Ethiopia Tanzania, dan Zimbabwe. Kopi ini termasuk kopi yang menguasai 70 persen pasar kopi di dunia dan kopi ini memiliki banyak varietas, iklim, tergantung negara, tanah yang ditanami kopi. Kamu nanti juga akan menemukan kopi mandaling, kopi toraja, kopi kolumbia, kopi brasilia dan masih banyak lagi. Untuk kopi arabika ini antara satu dan lainnya memiliki rasa yang berbeda-beda. Kopi arabika juga mempunyai ciri-ciri seperti berikut:

  • Mempunyai rasa asam yang tidak dimiliki kopi lainnya,
  • Aromanya yang sedap seperti campuran bunga dan buah. Tumbuh di daerah yang sejuk dan dingin,
  • Rasa kopinya lebih halus,
  • Kopi ini juga terkenal dengan rasa pahitnya,
  • Terkenal dengan rasa kopi yang kental ketika disruput di mulut,
  • Harga per Kg nya sekitar Rp 32.000

2. Kopi Robusta

Di Indonesia ini ternyata juga menghasilkan kopi robusta juga lho. Namun bukan di Indonesia saja di negara lain pun juga seperti Negara Sri Lanka, Kongo, Kamerun, Madagascar, Angola, Uganda, Nigeria, Vietnam dan Filipina. Tersebarnya kopi robusta ini sudah di luar Kolumbia yakni Filipina dan Indonesia. Dan kopi ini telah menguasai 30 persen perdagangan kopi dunia. Kopi robusta ini juga sama seperti dengan kopi arabika yang memiliki rasa yang berbeda dikarenakan oleh bedanya iklim, kondisi tanah, dan juga pengemasannya. Kopi ini juga memiliki ciri-ciri, berikut ciri-cirinya:

  • Kopi ini memiliki bau yang khas dan berbeda dengan kopi lainnya yaitu manis,
  • Rasanya lebih seperti cokelat,
  • Warnanya yang berbeda-beda sesuai pengolahan,
  • Teksturnya tidak seperti arabika yaitu lebih kasar,
  • Untuk per Kg nya Rp 18.000.

3. Kopi Liberica

liberica
Liberica Coffee

Di temukannya kopi ini di hutan Liberia dan juga Pantai Gading. Pohon dari kopi ini ukurannya lebih besar dari kopi robusta dan buahnya dua kali lipat dari kopi arabika. Tanaman ini sangat membutuhkan suhu yang tinggi dan juga air yang berlimpah jadi kopi in dipilih sebagai graft-holder. Dan juga tanamannya juga tahan terhadap penyakit yang umum menyerang pohon kopi. Dan pohon ini akan tumbuh dengan baik apabila di tanam di dataran rendah.

4. Kopi Excelsa

Kopi ini sedikit berbeda dengan lainnya karena dibudidayakan di dataran yang basah yakni daerah yang tak sama dengan jenis arabika dan robusta. Kopi ini memiliki ciri yang khas antaranya mempunyai cabang yang primer bisa bertahan lama juga berbunga pada batang yang tua. Seperti kopi Liberika pohon kopi ini batangnya kekar, membutuhkan jarak tanam yang relatif kecil danjuga tidak beragam. Aroma dari kopi ini sangatlah menyenangkan hampir mirip dengan salah satu kopi arabika, dan harga dari kopi ini yang jelas lebih mahal dari kopi robusta.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply