sendang-maibit
pesona sendang maibit

Pesona Sendang Maibit yang di Hiasi Penuh Mitos

Posted on

 

SENDANG MAIBIT

pesona-sendang-maibit
sendang maibit

Sendang Maibit adalah sebuah tempat wisata pemandian yang berada di desa maibit kecamatan rengel kabupaten tuban selatan, tempat ini sudah banyak yang mengenalnya. karena sumberanya bersih segaligus segar. walau musim kemarau datang mata air sendang maibit tidak habis. sumber pemandian ini di bagi menjadi 2  yaitu sendang untuk mandi laki-laki dan sendang untuk mandi perempuan dan ada yang satu lagi yaitu waduk. waduk ini sering di kunjungi  warga sekitar  dari luar desa untuk memancing ikan di sana dan banyak wisatawan yang sengaja datang intuk mandi di sana.

Berkembang nya pemandian sendang maibit, Kepala Desa Maibit menambahkan  fasilitas yang  bisa di gunakan pengunjung seperti flying fox, pengunjung bisa menghabiskan liburan dengan menaiki flying fox. flying fox ini akan melewati waduk yang lebarnya sekitar 250 m dan ada juga sebuah menara kecil yang berada di samping  waduk pengunjung bis menaiki menara ini sehingga bisa melihat desa sekitar waduk,menara ini memiliki tinggi sekitar 80 m.

Sendang maibit juga sering di kunjungi oleh orang yang ingin memiliki pesugihan inilah titik hitam dari sendang maibit, masih banyak yang percaya dengan ilmu ghoib dan sihir, setiap pagi pasti ada sesajen-sesajen yang berada di bawah pohon yang besar di samping sendang maibit,pohon ini di percayai bisa mendatangkan kekayaan, pohon ini juga yang di takuti oleh warga sekitar,karena bagi penduduk sekitar pohon ini sangat menyeramkan tapi itu hanya sebagian penduduk yang percaya masih banyak yang percaya dan yakin dengan kehendak allah bahwa tidak akn terjadi apa-apa, selalu berdzikir dan meminta pertolongan pada allah swt.

Sendang maibit juga memiliki tradisi yang unik,yaitu tradisi panen raya.di hari panen raya seluruh penduduk desa maibit membuat makanan yang di taruh bak-bak kecil mereka bias membuat itu kira-kira 4-6 bak lalu makanan itu di kumpulkan di samping sendang maibit,lalu juru kunci sendang maibit mendoai/memantrai makanan makanan itu,banyak yang datang di desa maibit saat panen raya. mereka datang dari luar desa untuk mendapatkan makanan makanan dari panen raya.setelah acara pembagian makanan panen raya selesai, di lanjutkan proses siratan.Prose ini adalah proses yang paling penting dan yang paling di tunggu-tunggu oleh warga Siratan dalam bahasa indonesia adalah cipatran para tokoh penting desa,berkumpul di tengah-tengah sendang dan warga berad di tengah-tengah sendang Hitungan ketiga para tokoh penting mulai menyirati warga sehingga  warga lari dalam keadaan basah,ini termasuk hal yang jarang di temui,kekeluargaan,gotong royong dan keceriaan bisa terlihat dalam traidisi ini inilah   salah satu potensi keragaman budaya indonesia, negara yang beribu-ribu cerita.

Demikian sedikit Informasi dari Saya, semoga bermanfaat bagi Anda.

Incoming search terms:

  • waduk maibit
  • foto pemandangam
Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply