efek samping kemoterapi
efek samping kemoterapi

7 Efek Samping yang di Timbulkan Dari Kemoterapi

Posted on

Efek samping dari kemoterapi

Kemoterapi merupakan sebuah pengobatan yang biasa dilakuakan untuk mengobati berbagai macam kanker. Kanker adalah penyakit yang sangat mengancam nyawa si penderita. Yang hal ini di akibatkan oleh perkembangan salah satu sel ganas yang tak terkontrol. Sel kanker ini dapatr menyebar dengfan mudah ke bagian tubuh yang lain, dengan melalui system peredaran darah.

Terdapat berbagai macam kanker seperti ; kanker hati, kanker jantung, kanker paru-paru, kanker usus, kanker payudara, dan masih banyak kanker- kanker yang lainnya. Jika seseorang mengidap kanker masih dalam stadium awal, ia masih memiliki kesempatan hidup yang lebih tinggi. Ada beberapa pilihan pengobatan untuk kanker termasuk kemoterapi, operasi bedah, atau terapi radiasi.

Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan kanker sistematis yang dapat memngaruhi seluruh tubuh anda. obat yang diguanakn untuk kemoterapi bekerja dengan cara membunuh sel kanker, namun kelemahan dari kemoterapi sendiri adalah ia tidak bisa membedakan antara sel kanker atau sel normal dalam tubuh. Itulah hal yang dapat menyebabkan banyak efeksamping dari kemoterapi. Beberapa efek samping yang di akibatkan oleh kemoterapi adalah :

efek samping dari kemoterapi
efek samping dari kemoterapi
  1. Rambut rontok

Rambut menjadi rontok adalah salah satu efek amping dari kemoterapi yang sering terjadi. Sel- sel folikel, sel folikel adalah sel yang dapat membelah dengan cepat dalam tubuh ini. Seperti yang telah di jelaskan diatas bahwa obat dari kemoterapi tidak bisa membedakan yang mana sel kanker dan sel normal tubuh kita. Dan obat kemoterapi tersebut juga menghancurkan sel yang terdapat dalam rambut dann akhirnya akan menyebabkan kerontokan pada si penderita.

 

  1. Mual

Mual merupakan salah satu efek samping dari kemo terapi yang paling umum, hal ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, dehidrasi dan juga konstipasi.

 

  1. Reaksi alergi

Akibat dari kemoterapi adalah reaksi alergi atau biasa di sebut dengan hipersensitivitas, hal ini muncul dengan dipicu oleh respon pada sisitem kekebalan tubuh. Gejala terjadinya alergi reaksi adalah gatal- gatal, pembengkakan pada kelopak mata, pembengkaan bibir dan lidah, ruam kulit.

 

  1. Kelelahan

Tak sedikit seseorang yang menderita kanker mengeluh karna kelelahan dan juga kurang tenaga. Hal ini dapat di sebabkan oleh rasa sakit, sedikit asupan makanan, darah rendah, dan juga kurang tidur. Kelelahan akibat kemoterapi akan muncul dengan tiba- tiba dan hal ini bisa saja berlangsung hingga beberapa hari, beberapa minggu, ddan bahkan hal ini dapat berlangsung selama beberapa bulan.

 

  1. Kelainan pada saraf dan otot

Dalam beberapa kejadian kemoterapi menyerang pada saraf yang hal ini dapat menyebabkan neuropati perifer  ,gejala yang timbul dari penyakit neuropati perifer ini antara lain rasa lemas, rasa terbakar, rasa sakit, kesemutan, atau bahkan mati rasa pada kaki dan tangan.

 

  1. Anemia

Menurunnya kemampuan pada sumsum tulang untuk dapat menghasilkan sel darah merah akan menyebabkan berkurangnya jumlkah sel darah merah pada tubuh. Sel darah merah berperan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika seseorang kekurangan sel darah merah , maka secara otomatis jaringan tubuh menjadi kekurangan oksigen. Animea ini sendiri, dapat menyebabkan berbagai gejala yaitu pusing, tubuh yang semakin melemah, lesu, lelah dan juga sesak napas.

 

  1. Masalah kulit

Efek samping dari kemoterapi, dapat menyebabkan beberapa masalah yang terjadi pada kulit dan kulit akan menjadi semakin kering. Selain itu juga dapat menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal, bersisik, pecah- pecah atau bahkan terkelupas.

Meskipun pengobatan secara kemoterapi memiliki banyak efeksamping, dengan pengobatan inilah cara mengobati yang paling efektif untuk mnegatasi berbagai macam penytakit kanker. Umumnya efek amping ini akan hilang setelah pengobatan di hentikan.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply