makanan sehat untuk penderita sakit ginjal
makanan sehat untuk penderita sakit ginjal

7 Makanan Terbaik Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Posted on

Makanan terbaik bagi penderita penyakit ginjal

Makanan yang memiliki manfaat untuk melindungi tubuh terhadap osidasi asam lemak yang tidak diinginkan, merupakan suatu konsisi yang terjadi karena oksigen yang terdapat dalam tubuh akan bereaksi dengan lemak dalam darah dan lemak yang ada dalam sel- sel tubuh anda.

Oksidasi merupakan proses normal untuk dapat memeproduksi energy dalam tubuh dan berbagai reaksi kimia dalam tubuh. Akan tetapi jika terjadi oksidasi yang berlebihan dalam tubuh yang di sebabkan karena lemak dan kolestrol akan meciptakan suatu molekul yang biasa di kenal dengan sebutan radikal bebas yang hal ini dapat merusak membrane sel, gen dalam tubuh dan juga merusak protein anda.

Makanan yang mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralisir sekaligus melidungi tubuh agar terhindar dari radikal bebas. Banyak jenis makanan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang di masukan dalam pilihan makanan terbaik untuk seseorang penderita penyakit ginjal. Mengkonsumsi makanan sehat, penting bagi penderita penyakit ginjal. Seseorang penderita penyakit ginjal kronis akan mengalami peradangan dan memiliki resiko lebih tinggi bagi penyakit kardiovaskular. Dan kali ini kita akan membahasbeberapa  makanan yang baik bagi kesehatan ginjal.

Sayangi Ginjal dengan makanan yang sehat
Sayangi Ginjal anda  dengan makanan yang sehat
  1. Paprika merah

Setengah cangkir paprika merah sama dengan 1 mg sodium, 10 mg fosfor, dan 88 mg kalium. Paprika merah merupakan salah satu bahan masakan yang memiliki kandungan rendah kalium dan tinggi akan rasa, namun hal itu bukanlah sebagai satu satunya alasan mengapa paprika merah di masukkan dalam kategori makanan untuk diet ginjal. Paprika merah ini merupakan sayuran lezat yang merupakan salah satu sumber yang baik daroi vitamin A dan C , vitamin B6, serat dan juga folat. Paprika merah mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh terhadap mudahnya terkena penyakit tertentu.

 

Cara memakan paprika merah ini untuk diet ginjal, anda tiak perlu memasaknya. Anda hanya perlu memakannya sebagai cemilan atau sebagai makanan pembuka, atau anda juga bisa mencampurkannya sebagai salad tuna atau ayam atau juga dapat di gunakan sebagai toping dalam masakan anda. hal ini dapat membantu anda dalam menjaaga ataupun menyembuhkan anda dari penyakit ginjal.

 

  1. Bawang

Setengah cangkir bawang itu kandungannya sama dengan 3 mg sodium, 3 mg fosfor, dan 116 mg kalium. Bawang adalah salah satu bumbu dasar yang sering di guanakan dalam berbagai macam masakan, bawang ini mengandung senyawa sulfur yang memiliki bau yang sangat tajam. Kandungan antioksidan, quercetin dan juga flavonoid yang bekerja untuk menjaga dan mengurangi penyakit jantung dan juga penyakit kanker. Bawang memiliki kandungan kalium yang sangat rendah dan memiliki kandungan mineral yag baik hal ini dapat membantu metabolism lemak, protein dan juga karbohidrat.

 

  1. Buah apel

Satu Buah apel dengan kulinya kandungannya sama dengan 158 mg kalium, dan fosfor 10 mg.  apel telah lama di kenal sebagai makanan yang dapat digunakan untuk mencegah dari sembelit, mengurangi kolestrol, melindungi terhadap penyakit jantung serta apat mengurangi terkena resiko kanker.

 

  1. Minyak zaitun

1 sendok makan minyak zaitun kandungannya sama dengan kurang dari 1 mg sodium, dan kurang dari 1 mg kalium. Minyak zaitun merupakan salah satu sumber asam lemak dan asam oleat, lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun memiliki peran untuk melindungi tubuh terhadap oksidasi. Selain itu minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah oksidasi dan juga peradangan.

 

  1. Anggur merah

1 cangkir anggur merah ama dengan 2 mg sodium, 176 mg kalium, dan fosfor 8 mg. flavonoid yang terkandung dalam buah anggur merah ini lah yang memberikan warna merah pada anggur ini. Flavonoid ini mampu membantu untuk melindungi tubuh terhadap beberapa penyakit jantung dengan mengurangi pembekuan darah dan mencegah oksidasi serta dapatr melindungi tubuh terhadap terjadinya kanker dan mencegah peradangan.

 

  1. Putih telur

Kandungan yang terdapat dalam 1 putih telur sama dengan protein 3 gram, 55 mg sodium, 54 mg kalium, fosfor 5 mg. putih telur adalah salah satu protein murni dan mampu memberikan protein tertinggi dengan semua asam amino ensensial.

 

  1. Ikan

6 ons salom liar kandungannya sama dengan 100 mg sodium, 736 mg kalium, dan fosfor 274 mg. ika memiliki protein yang berkualitas tinggi dan dapat mengandung lemak anti inflamasi yang biasa di sebut dengan omega-3. Lemak sehat yang terkandung dalam ikan dapat mengurangi penyakit kanker dan juga penyakit jantung serta penyakit ginjal.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply