Tips Agar Kamu Menjadi Lebih Percaya Diri dalam Menjalani Hidup

Posted on

Untuk membangun kepercayaan diri itu tidaklah mudah. Tidak memerlukan kepesekiater agar kamu bisa membangun rasa percaya diri yang ada didalam dirimu, ada beberapa hal yang sepelu yang bisa membuatmu meningkatkan rasa percaya diri.

Cara sederhana agar kita bisa menjalani hidup dalam keadaan yang nyaman adalah bisa lebih percaya diri dalam menjalani hidup dan sebagai bekal untuk mengejar kesuksesan. Karena dengan kepercayaan terhadap diri sendiri tidak hanya akan membuat kita tampil lebih dan lebih meyakinkan di hadapan orang lain, tapi juga kamu bisa berani mencoba berbagai hal yang ada di luar sana.

percaya

Namun kenyataannya untuk menumbuhkan rasa percaya diri itu tidaklah mudah, tapi kamu juga tidak perlu khawatir, rasa percaya diri itu bisa dilatih kok. Agar rasa percaya dirimu semakin menjadi meningkat setiap hari. Pengen tahu kan? Coba deh kamu lakukan hal yang ada di bawah ini.

Jangan terlalu sering mengucapkan kata Maaf jika belum mengerti kesalahanmu. Sekarang kamu memperbanyaklah berterima kasih untuk orang lain dan juga dirimu sendiri

Kata maaf ini jika dicari maknanya, berarti ini wujud dari sifat yang legowo dan mau mengakui bahwa kamu salah dan mau bertanggung atas semua yang telah kamu lakukan. Namun kata maaf ini sekarang sudah banyak dipakai tanpa memperdulikan konteksnya apa, contohnya saja jika ada teman yang pinjam tapi kamu tidak mempunyai lalu kamu berkata “maaf”, temanmu ini yang salah tapi malah kamu yang minta maaf, hal yang seperti ini lah akan membuat percaya dirimu menurun. Sangat berbeda dengan kata Terima Kasih yang bisa lebih mengkespresikan sebuah posisi yang setara. Jadi kamu jangan sampai menempatkan kata maaf ini pada konteks yang salah, ya?

Catatlah target untuk esok hari, agar kamu menjadi lebih percaya diri sebelum tidur

Terkadang yang sudah membuat resolusi pada setiap tahunnya yaitu momen tahun baru, mulai dari sekarang kamu bisa membuat resolusi harian tanpa harus menunggu resolusi tahunan. Contoh yang sederhana misalnya saja kamu bisa menyelesaikan buku dalam jangka waktu beberapa minggu, bisa mendapatkan klien dalam satu hari, bisa membantu orang lain walaupun hanya beberapa menit dan lain sebagainya. Dan kamu juga jangan lupa untuk mencatat keberhasilan dan kegagalanmu, karena dari data tersbutlah yang bisa kamu jadikan sebagai bahan intropeksi diri dan membangun rasa percaya diri menjadi lebih baik lagi.

Fokuslah mengembangkan diri menjadi lebih baik daripada kamu sibuk untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Salah satu yang membuat kamu menjadi tidak percaya diri adalah seringnya kamu membandingkan diri dengan orang lain, misalnya saja “Orang itu keren banget ya, aku mah biasa-biasa aja di bandingkan dia”, tidak heran lagi jika kamu akan merasa bahwa pencapaianmu menjadi tidak berarti apa-apa. Jika hal ini terus kamu biasakan akan membuat rasa percaya diri kamu menjadi luntur. Daripada kamu begini terus-terusan lebih baik kamu lebih fokus untuk memperbaiki diri dan kamu bisa berbangga hati dengan keunikanmu, kamu tidak perlu untuk menjadikan kesuksaan orang lain sebagai yang standar.

Tidak perlu malu ketika di puji, cukup tanggapi dengan kata Terima Kasih dan mulailah untuk mengapreasi diri sendiri

Tidak mau menerima pujian adalah salah satu caramu agar tidak menjadi orang yang sombong, tanpa kita sadari kita sering menolak saat mendapatkan pujian. Pujian yang telah diberikan orang adalah sebagai wujud apresiasi atas prestasi yang sudah kamu capai, maka dari itu kamu juga perlu mengapresiasikan diri dengan cara mengucapkan “Terimakasih, saya akan mencoba untuk berusaha agar menjadi lebih baik lagi dari pada hari ini”. Jangan lupa tambahkan juga senyuman dijamin rasa percaya dirimu akan terus muncul.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply