makanan untuk kesehatan jantung
makanan untuk kesehatan jantung

Sayangi Jantung Anda, Dengan Mengkonsumsi 10 Jenis makanan ini

Posted on

Makanan sehat yang baik bagi penderita jantung

Ada banyak sekali makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, mulai dari buah- buahan dan sayur- sayuran. Memang buah dan sayuran yang masih segar merupakan makanan pokok yang baik untuk menjaga kesehatan jantung yang makanann tersebut dapat melindungi pembuluh darah dan dapat menghapus radikal bebas.Sama halnya dengan biji-bijian, ikan, teh  dan juga kacang- kacangan yang memiliki fungsi yang ama untuk melindungi Antung dengan khasiat yang kompleks.

Banyak orang yang mencari makanan yang baik di gunakan untuk kesehatan jantung, namun untuk memiliki jantung yang sehat tidak hanya didapat dengan mengkonsumsi satu atau beberapa makanan saja, anda harus mengkonsumsi makanann yang memiliki kandungan vitamin an nutrisi yang berbeda. Berikut adlah beberapa makanan yang baik bagi kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung
makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung
  1. Yogurt

Yogurt baik digunakan untuk mengatasi penyakit gusi. Jika terlalu lama di biarkan,seseorang yang terkena penyakit gusi ini adalah salah satu penyebab  seseorang tekena resiko penyakit jantung. Beberapa penelitian di jepang melakukan penelitian bahwa dari 2000 orang dewasa yang mereka memakan yoghurt memiliki gusi yang sehat.  Yogurt mengandung probiotik atau sering di kenal dengan bakteri baik. para peneliti percaya bahwa bakteri baik yang terkandung dalam Yogurt mampu melawan tumbuhnya bakteri dalam mulut anda. dan bakteri baik tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan juga dapat di gunakan untuk meningkat kekebalan tubuh.

  1. Biji- bijian

Orang yang mengkonsumsi  biji-bijian cenderung memiliki postur tubuh yang ramping dan sangat sedikit terkena resiko penyakit jantung. Hal ini mungkin saja dapat di sebabkan karena biji-bijian yang mengandung antioksidan, potesterol, dan fitoestrogen yang cenderung produktif terhadap penyakit jantung koroner. Serat yang terkandung dalam biji-bijian memiliki beberapa manfaat. Diet tinggi serat memliliki resiko 40% lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dari pada orang yang diet dengan mengkonsumsi serat rendah. Serat larut yang terdapat dalam biji-bijian juga dapat digunakan untuk menurunkan kolestrol jahat. Jenis biji-bijian tersebut seperti : beras merah, gandum, dan gandum.

  1. Kismis

Kismis memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghambat tumbuhnya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan serta penyakit pada gusi. Seseorang yang memiliki penyakit gusi akan mempengaruhi terhadap mudah nya terkena penyakit jantung.

  1. Kacang hijau

Dengan mengkonsumsi kacang hijau dengan teratur akn berpengaruh baik bagi kesehatan jantung. Anda hanya perlu mengkonsumsi kacang hijau ini kurang lebih setengah cangkir kacang hijau setiap harinya, hal ini juga dapat menurunkan kolestrol. Kacang hijau ini memiliki serat yang cukup tinggi dan mengandung zat lain yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol jahat. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam biji kacang hijau, alah satunya adalah flavonoid yang dapat bekerja untuk menhambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga hal ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit stroke dan juga penyakit jantung.

  1. Ikan salmon

Dengan mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2 sampai 3 porsi dalam setiap minggu, dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner untuk waktu yang cukup panjang. Jenis ikan seperti ikan salmon dan juga inkan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan dapat juga untuk membantu mencegah terjadinya detak jantung yang tidak beraturan.

  1. Kacang- kacangan

Kacang- kacangan mengandung sangat banyak vitamin, lemka tak jenuh tunggal, mineral, yang menyehatkan jantung anda dan rendah akan lemak jenuh.  Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memakan kacang- kacangan, mereka memiliki jantung yang lebih sehat dan juga kuat.

  1. Teh hijau

Teh hijau memiliki manfaat yang sangat banyak termasuk bermanfaat bagi menjaga kesehatan jantung. Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka yang minum air teh hijau setiap harinya memiliki memiliki kesehatan jantung  yang sangat baik.

  1. Buah pisang

Pisang mengandung kalium yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung serta dapat menjaga mineral dan natrium yang ada dalam tubuh kita. Kalium ini dapat membantu ginjal untuk mengekresikan kelebihan natrium yang terdapat tubuh kita, sehingga baik untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

  1. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki vitamin A dan juga vitamin C, kalium serta kaya akan serat tinggi. Selain itu tomat juga mengandung iycopene, yang dapat bekerja sama dengan mineral dan vitamin lainnya untuk dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung.

  1. Buah delima merah

Para penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima merah mampu mengurangi penumpukan plak di arteri dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah studi pada tahun 2008, para ahl;I kesehatan mengatakan bahwa jika di bandingkan dengan minuman yang mengandung antioksidan lainnya termasuk jus bluberry dan anggur merah, delima merah ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

 

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply