Pulau Bishop Rock ini Merupakan Pulau Terkecil yang ada di Dunia Loh!

Posted on

Jika anda penasaran dengan pulau terkecil yang ada di dunia, anda bisa saja datang ke Pulau Bishop Rock. Pulau ini berlokasi di Kepulauan Scilly, mungkin sekitar 48 KM dari Inggris. Pulau ini memiliki panjang 46 meter dan lebar 16 meter, bisa anda bayangkan bukan kalau pulau ini sangatlah kecil dan ini pulau bukanlah sebuah pulau yang dapat dijadikan sebagai tempat tinggal dalam keadaan sehari-hari loh guys.

meskipun pulau ini terkecil di dunia tetapi banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini
meskipun pulau ini terkecil di dunia tetapi banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini

Dan apabila anda membayangkan pulau yang meiliki pasir putih di tengah samudera dan ini ialah wujud dari pulau terkecil yang ada di dunia. Bishop Rock ini merupakan sebuah pulau yang berupa tonjolan karang yang berada di tengah laut berdekatan dengan Kepulauaan Scilly. Bahkan Pulau Bishop Rock ini merupakn satu-satunya pulau yang ia tidak memiliki pantai, pasir putih ataupun pohon kelapa. Karena di pulau ini keseluruhannya ialah permukaan batu karang dan batu karang tersebut kira-kira memiliki kedalaman sekitar 45 meter.

Walaupun pulau ini kecil dan terpencil, pulau terkecil di dunia ini juga sangat terkenal dengan keunikannya loh guys. Apa sih keunikan dari Pulai Bishop Rock ini? Keunikannya ialah adanya sebuah mercusuar yang memiliki 10 lantai dan ia berdiri kokoh di atas batu karang yang setiap saat dihempas oleh ombak yang besar.

Harus kita akui membuat mercusuar di tengah lautan yang berombak bukanlah suatu pekerjaan yang mudah loh guys, bahkan pada saat pembangunan mercusuar ini berbahankan dasar batu granit dan pekerjaan ini juga sempat dihentikan karena sering ada angin yang kencang, ombak yang besar bahkan arus yang sangat kuat. Adapun pembangunan tahap pertama itu pada tahun 1847, dan hal ini gagal karena mercusuar yang dulunya berbahan besi ini runtuh dimakan ombak yang begitu ganas. Setelah kejadian itu barulah memulai pembangunan mercusuar yang baru yang mercusuar itu terbuat dari batu granit dan pembangunan itu selesai pada tahun 1858. Dan sejak saat itulah tidak ada lagi kecelakaan menabrak Bishop Rock, karena Bishop Rock ini mempunyai cahaya mercusuar yang dapat menembus jarak sekitar 45 Km dan juga dijaga oleh beberapa orang penjaga mercusuar tersebut.

Tahukan anda jika di setiap lantai mercusuar yang berlantai 10 ini mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda-beda loh, antara lain:

  • Lantai 1 ini memiliki fungsi tangki air bersih untuk para oenjaga.
  • Lantai 2 ini memiliki fungsi pintu masuk.
  • Lantai 3 ini memiliki fungsi ruang untuk penyimpanan.
  • Lantai 4 ini memiliki fungsi ruang tangki minyak bahan bakar mercusuar.
  • Lantai 5 ini memiliki fungsi ruang tangki minyak bahan bakar mercusuar.
  • Lantai 6 ini memiliki fungsi ruang tengah untuk penjaga.
  • Lantai 7 ini memiliki fungsi ruang tidur untuk penjaga.
  • Lantai 8 ini memiliki fungsi ruang penyimpanan.
  • Lantai 9 ini memiliki fungsi ruang servis.
  • Lantai 10 ini memiliki fungsi lampu mercusuar.

Dan sampai saat ini pulau terkecil di dunia ini tidak memiliki penghuni, hal ini di karenakan pada tahun 1992 seorang penjaga mercusuar Bishop Rock pensiun dari pekerjaannya. Tapi jangan khawatir guys, karena sekarang pekerja mercusuar itu sudah ada gantinya, yaitu sebuah mesin otomatis yang ia dapat mengatur mercusuar tersebut. Namun tak hanya itu saja ko guys, karena setiap beberapa waktu dalam sebulan akan ada petugas yang ia datang ke Bishop Rock dengan menggunakan helicopter hanya ingin melakukan pengecekan mercusuar tersebut. Oke guys, walaupun pulau ini tidak berpenghuni, pada saat ini pulau ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dicari wisatawan loh. Anda bisa mengeluarkan uang sekitar 250.000 rupiah saja, untuk anda bisa diantar ke pulau ini menggunakan kapal dan nantinya kapal itu akan merapat ke Bishop Rock, namun anda tidak usah khawatir anda juga akan dikasih kesempatan ko untuk bisa berfoto bersama di pulau terkecil yang ada di dunia ini.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply