Jika kamu Ingin Membangun Server, Sudahkah Kamu Melakukan 6 Hal ini Guys?

Posted on

Jika kita berbicara mengenai server, mungkin kita akan pikirkan ialah server itu merupakan sebuah komputer yang ia mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi. Dan anggapan tersebut tidaklah salah ko guys, karena server juga bekerja dengan berat.

Anda harus melaukan analisa sebelum membuat server
Anda harus melaukan analisa sebelum membuat server

Untuk kamu yang ingin bisa membangun server,  kamu perlu melakukan analisa ke beberapa faktor yang menurut saya sih hal ini harus kamu lakukan sebelum kamu akan membangun sebuah server. Oke guys, dan berikut ini adalah beberapa hal yang nantinya harus kamu analisa sebelum mambangu server, antara lain:

  1. Aktivitas Bisnis yang Anda Lakukan.

Hal paertama ini sangatlah perlu kamu analisa yah guys, yaitu aktivitas bisnis yang nantinya akan kamu lakukan server. Dan terlebih dahulu kamu harus bisa menentukan seberapa berat aktifitas yang nantinya akan dilakukan oleh server tersebut. Apakah server yang buat itu akan bekerja berat, sedang ataukah ringan? Dan jika kamu sudah menentukan aktifitas bisnis yang akan kamu lakukan, selanjutnya kamu bisa menentukan kebutuhan hardware yang diperlukan oleh server dengan sangat mudah.

  1. Pemilihan Hardware.

Dalam hal ini kamu harus bisa memilih hardware yang tepat dan ini juga merupakan salah satu kunci untuk membangun server yang optimal. Kamu juga harus bisa bersikap bijak dalam hal memilih hardware yang nantinya akan kamu gunakan pada server yang akan kamu bangun ini. Pastikan kamu juga bisa memilih hardware yang sesuai dalam aktifitas bisnis yang natinya akan kamu lakukan dengan server ini. Dan satu lagi guys, kamu harus sangat berhati-hati dan haruslah teliti dalam memilih sebuah hardware, karena dalam hal seperti itu hardware yang kurang baik atau hardware yang kurang tepat akan berdampak jelek pada kinerja server nantinya.

  1. Jumlah Pengguna.

Dalam hal ang satu ini kamu juga harus tahu berapa banyak sih jumlah pengguna server ini nantinya? Karena jumlah pengguna juga akan sangat berpengaruh pada saat pembangunan server yang optimal nantinya. Jika aktifitas bisnisnya ringan mungkin kamu juga dapat menggunakan spesifikasi server yang rendah juga, dan begitu pula sebaliknya. Dan satu lagi guys jumlah pengguna dan aktifitas bisnis ini merupakan faktor yang tidak bisa kamu oisahkan karena faktor ini berdampingan.

4. Skabilitas.

Jika sebuah server ingin berkembang? Kamu juga hrus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang akan datang di masa depan nantinya. So, kamu perlu menentukan skema jaringan, pembagian sumber daya secara tepat dan alokasi cadangan yang tepat.  Karena itu semua diperlukan dalam menunjang perkembangan server yang nantinya akan kamu bangun itu.

  1. Titik Penyebaran.

Jika lokasi pengguna yang akan mengakses server itu hanya terdapat pada stu lokasi saj, maka satu server saja tidak akan cukup loh. Tapi bagaimana jika lokasi engguna yang akan mnegakses server itu bertebaran (berada di lokasi yang beda-beda) dan yang pastinya kamu tidak dapat menjangkau server tersebut? Dan untuk menagatsi semuanya, diperlukanlah servwr sekunder. Jika kamu mebuat server sekunder, nantinya penyampaian informasi atau data itu akan lancar jika pengguna server jauh juga akan sangat membantunya bukan. Dan ada alternative yang bisa kamu lakukan guna menaggulangi hal tersebut ialah dengan kamu meninggalkan media engiriman data, conyohnya seperti penggunaan media yang berkecepatan tinggi (kabel fiber optik).

      6. Software.

Dan seperti yang kamu ketahui jika hardware dan software ini merupakan dua sejoli yang ian itu tidak bisa kita pisahkan. Karena hardware itu tidak akan bisa bekerja tanpa adanya software dan begitu juga sebailiknya. So, pemilihan Software yang tepat juga akan sangatlah berpengaruh pada kinerja server yang nantinya akan kita bangun.  Jadi buat kamu pilihlah software yang ia menawarkan jaminan. Karena software yang berkualitas itu akan berdampak baik juga pada server nantinya.

Oke guys, intinya dari semua yang di at situ, analisa kamu terhadap server haruslah dilakukan sebelum kamu hendak membangun sebuah server nantinya. Dan jga untuk kamu bisa membangun server yang sesuai dan optimal ini, kamu juga harus memiliki server yang ia sesuai dengan aktifitasnya.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply