Sudahkan Anda Melakuakan 12 Cara Ampuh Agar Laptop Anda Tetap Awet?

Posted on

Tahukan kalian apa itu laptop? Mungin sebagian dari kalian sudah mengetahuinya bukan guys, laptop ialah computer bergerak (bisa kalian pindahkan kemana saja dengan sangat mudah), laptop juga rata-rata berukuran kecil dan ringan, mungkin sekitar 1-6 kg berat laptop pada umumnya. Dan karena laptop ini bisa kalian gunakan di mana saja dan kapan saja, segingga laptop ini mempunyai baterai yang memungkinkan  beroprasi tanpa harus terhubung ke stopkontak.

jika kamu mnginginkan laptop yang awet dan tahan lamu sebaiknya kamu tidak menggunakannya untuk bermain game berat
sebaiknya kamu tidak menggunakannya untuk bermain game berat

Laptop juga secara signifikan itu lebih lambat jika kita bandingkan dengan komputer desktop loh guys. Akan tetapi kemajuan teknologi manufaktur ini bisa memungkinkan laptop bisa melakukan hampir sama dengan Komputer PC desktop pada umunya. Laptop computer juga pada umunya lebih mahal jika kita bandingkan dengan computer desktop, hal ini dikarenakan kemampuan yang sama karena komputer itu akan sulit untuk merancang dan memproduksi. Dan satu lagi guys banyak orang yang ia tidak mengetahui bagaimana sih cara merawat laptop dengan baik dan benar? Karena pada umumnya jarang sekali dari mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Dan meskipun harga laptop sekarang murah-murah, tapi dibalik itu semua kita harus bisa merawat laptop agar komponen ataupun bagian pada laptop nantinya akan tetap awet dan pastinya akan berumur lama juga.

Oke guys, kali ini saya akan member sedikit cara yang ampuh untuk merawat laptop dengan baik dan benar, antara lain:

  1. Jangan terlalau sering anda menggunakan laptop untuk bermain game yang berat.

Kebiasaan yang satu ini sering kali anda lakukan, ntah itu sanda sudah tau ataupun anda belum tahu dampaknya. Karena jika anda menggunakan laptop untuk bermain game yang berat dalam waktu yang agak lama hal ini akan bisa menyebabakan komponen yang ada di dalam laptop akan mengalami overheat. Dan selain kebiasaan buruk itu juga hal ini akan menyebabkan baterai laptop anda akan bocor guys.

  1. Jangan menggunakan laptop di atas kasur.

Mungkin mengunakan laptop di atas kasur jaug lebih nyaman jika dibandingkan dengan kita duduk di atas kursi belajar berjam-jam, dan hal itu bisa membuat kita merasa tidak nyaman bukan. Tetapi anda juga harus memperhatikan, bahwa laptop yang anda gunakan di atas kasur ini akan menyebabkan panas dari laptop yang tidak sempurna, sehingga laptop pun akan mengalami overheat.

  1. Jangan menaruh barang berat di atas laptop.

Mungkin kebiasaan yang satu ini sering kali anda anggap sepela bukan guys, padahal dari kebiasaan yang satu ini akan berakibat fatal loh. So, mulai sekarang  hindarilah barang yang berat di atas laptop anda yah guys. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada layar laptop anda nantinya dan juga akan merusak komponen-komponen lainnya yang ada di laptop anda.

  1. Jauhilah minuman dari laptop anda.

Jika laptop anda ketumpahan minuman itu dapat mengakibatkan kerusakan pada hardware yang berada di dalam laptop anda. Karena air itu merupakan musuh utama bagi rangkaian elektronik, dan alangkah baiknya juga anda menjauhkan minuman dari laptop anda, guna mencegah kerusakan yang fatal pada laptop anda nantinya.Dan kalau bisa anda gunakan keyboard protector, hal ini bertujuan guna mencegah resika masuknya cairan pada celah-celah keyboard nantinya.

  1. Jauhkan laptop dari jangkauan anak kecil.

Dalam hal seperti ini anda haruslah berhati-hati yah guys. Namanya juga anak kecil, bisa saja ia menganggap bahwa laptop kesayangan anda sebuah mainan dan ia akan memainkannya sesuka hatinya. Jadi, mulai sekarang jauhkanlah laptop kesayangan anda dari anak kecil yang guys.

  1. Jauhkan makanan dari laptop.

Dalam hal ini anda haruslah lebih berhati-hati lagi ketika akan menaruh makanan atau cemilan di dekat laptop anda yah. Dan pastikan juga makanan yang anda makan itu tidak berjatuhan ke keyboard laptop anda. Karena hal seperti itu akan menggangu kinerja keyboard pada laptop anda tentunya.

  1. Jauhakan laptop dari sinar matahari.

Dalam hal ini anda juga dapat menghindari kontak langsung antara laptop anda dengan sinar matahari, hal ini dikarenakan beberapa komponen yang ada di dalam leptop anda sangat rentan mengalami kerusakan jika ia terkena sinar matahari secara langsung.

  1. Bersihkan layar laptop secara rutin.

Membersihkan layar laptop anda ini juga berguna sekali agar laptop kesanyangan anda bisa awet dan tahan lama tentunya. Dan satya sarankan anda membeli dulu screen protector ataupun pelindung layar terlebih dahulu yah, hal ini berguna untuk melindungi layar laptop kesanyangan anda dari berbagai goresan yang pastinya tidak anda inginkan.Dan satu lagi jangan lupa anda membersihkan layar laptop anda dari debu-debu yang menempel dengan secara rutin.

  1. Bersihkan Optical Drive laptop anda.

Dalam hal seperti ini perlu anda ketahui, jika Optical Drive/DVD ROM laptop anda sangatlah rentan terhadap debu loh guys.Dan hal seperti ini akan dapat menggangu proses pembacaan data dari CD/DVD. Oleh karena itu lakukanlah membersihkan debu-debu yang biasa menempel pada Opcital Drive yang ada pada laptopmu dengan cara rutin yah. Dan satu lagi anda harus berhati-hati ketika akan memasukkan CD/DVD pada Optical Drive karena lensa optinya itu sangatlah rentan sekali.

  1. Jangan sembarangan mengunduh software dari internet.

Dalam hal yang satu ini juga akan menyebabkan serangan virus pada laptop anda loh, dan juga mulai dari sekarang anda jangan terlalu sering mengunduh software dengan sembarangan yah guys. Dan saya harapkan anda harus memiliki Antivirus pada laptop anda, hal ini sangatlah berguna bagi laptop anda.

  1. Jangan menggunakan laptop terlalu lama.

Laptop ini juga sangat berbeda dengan komputer yang ia bisa anda pakai bekerja selam 24 jam nonstop tanpa adanya istirahat sekalipun. Maka, gunakanlah laptop seperlunya saja yah guys, jika laptop anda ngangur lebih baik anda matikan saja laptop anda tersebut. Dab hal seperti ini juga bisa membuat laptop anda mengalami overheat.

  1. Perhatikan suhu laptop anda.

Dalam hal seperti ini masih banyak pemilik laptop yang tidak mau memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi ini merupakan salah satunya penyebab overheat pada laptop anda loh guys. Seperti teman saya, dia itu sering sekali menggunakan laptopnya untuk bermain game yang berat dan ia jarang memperhatikan suhu pada laptopnya. Dan pada akhirnya, setelah dia cek ke bengkel laptop ternyata suhu hardwarenya menggunakan software HWMonitor.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply