Bahaya di Balik Kebiasaan Sepele Kita

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti melakukan banyak hal. Dan pastinya kita sering melakukan hal-hal kecil yang lama kelamaan menjadi kebiasaan, seperti menggigit kuku, meniup makanan/minuman yang masih panas, dan lain-lain. Tanpa kita sadari beberapa kebiasaan kecil tersebut bisa membahayakan tubuh kita. Di bawah ini saya akan menyebutkan dan menjelaskan beberapa kebiasaan kecil yang dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh kita.

  1. Meniup Makanan/Minuman yang Masih Panas

meniup-makanan

Saat kita ingin makan/minum tapi makanan/minuman kita masih dalam keadaan panas, pasti tidak jarang kita akan meniupnya dahulu agar makanan/minuman kita menjadi lebih dingin agar kita lebih mudah memakannya. Tapi taukah anda ternyata kebiasaan tersebut berdampak buruk bagi tubuh kita. Saat kita menghembuskankan nafas, gas yang kita keluarkan adalah CO2, sedangkan makanan/minuman yang panas mengeluarkan uap air (H2O). Apabila uap air bertemu dengan karbondiokasida, maka akan menghasilkan senyawa asam karbonat yang bersifat asam. Asam karbonat akan mempengaruhi tingkat keasaman darah kita, sehingga menyebabkan keadaan di mana darah kita akan lebih asam dari seharusnya, sehingga pH dalam darah menurun dan mengakibatkan pernafasan menjadi lebih dalam dan lebih cepat. Keadaan tersebut berpengaruh buruk pada ginjal dan mengakibatkan penderita mulai merasa kelelahan yang luar biasa, sering merasa mengantuk, mual-mual dan mengalami kebingungan.

 

  1. Menggigit Kuku
Businesswoman biting fingernails
Businesswoman biting fingernails

Menggigit kuku mungkin pernah dilakukan oleh semua orang, saat menunggu sesuatu, saat melamun, atau bahkan saat berbicara dengan orang lain. Kebiasaan menggigit kuku di tempat umum mungkin terlihat menjijikkan atau terlihat tidak sopan. Selain terlihat tidak sopan, kebiasaan menggigit kuku juga mengakibatkan bakteri yang ada dalam kuku berpindah ke mulut dan usus kita, yang berakibat sakit percenaan dan diare. Sering menggigit kuku juga dapat mengakibatkan cantengan karna kulit jari yang lecet akan menjadi tempat masuknya bakteri. Selain itu, posisi gigi juga akan bergeser akibat kebiasaan kita ini, karna saat menggigit jari, gigi akan saling bersentuhan dan mengunyah.

 

  1. Makan/Minum Sambil Berdiri

makan-minum-sambil-bediri

Tidak jarang kita melihat orang yang makan/minum sambil berdiri. Kitapun juga pasti sering melakukannya, ternyata kebiasaan tersebut tidak baik bagi kesehatan karna dapat mengakibatkan reflux asam lambung, jika kebiasaan ini terus kita lakukan maka kerongkongan akan mengalami iritasi akibat naiknya asam lambung ke saluran esophagus dan lebih parahnya lagi akan mengakibatka kanker saluran esophagus.

 

  1. Mengucek Mata

mengucek-mata

Saat mata kita terkena debu atau saat mata kita gatal pasti kita refleks untuk menggosoknya, saat mata anda terasa gatal atau kemasukan debu maka segera carilah obat tetes mata jangan malah menggosoknya. Karna gesekan halus pada mata dapat meningkatkan resiko kebutaan.

 

  1. Membunyikan Jari

membunyikan-jari

Tidak jarang kita membunyikan jari-jari saat tangan kita merasa lelah atau saat kita gugup, kebiasaan tersebut akan mengakibatkan persedian jari menjadi geser bahkan rusak dan kekuatan jari kita akan berkurang.

 

  1. Mengorek Kuping Terlau Dalam

mengorek-kuping

Jika telinga anda dalam keadaan kotor atau gatal dan anda akan mengorek telinga anda menggunakan cotton bud atau benda yang lain, saya sarankan jangan terlalu dalam memasukkan benda tersebut ke telinga anda karna kalau anda terlalu dalam memasukkan benda ke telinga, resikonya gendang telinga akan pecah dan pendengaran akan rusak.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply