Jangan Membuat Usia 20 mu Sia Sia. Cobalah Hal Hal Berikut ini Selagi Masih Ada Kesempatan Terbuka

Posted on

Beralih ke kepala kepala dua, kenapa kamu merasa cukup tua. Padahal usia ini masih awal kamu menjadi dewasa. Menurut banyak orang, sekalipun dewasa tidak hanya berpatok pada umur. Akan tetapi beralih dari sikap kekanak kanakan yang dapat membuat orang ragu padamu. Paling tidak kamu sudah berusaha untuk mempunyai pengalaman baru yang dapat menjadi nilai lebih untukmu. Sebenarnya pengalaman yang kamu punya ini yang secara diam diam dapat membuatmu terlihat lebih dewasa.

Jangan sampai kamu menjadi generasi yang rugi. Di usia 20 tahun ini hanya belajar serta bekerja pada zona yang nyaman saja. Kamu juga perlu mendobrak zona kenyamananmu dengan cara melakukan hal hal yang seru. Janganlah kamu mau menjadi generasi muda yang tahunya hanya lulus, bekerja serta menikah saja ya!!

Jangan membuat usia 20 mu sia sia. Cobalah hal hal berikut ini selagi masih ada kesempatan terbuka yaitu:

  1. Cobalah bepergian sendiri ke suatu tempat yang mungkin itu baru bagimu, agar kamu bisa mandiri serta tahu makna bebas dengan tanggung jawab

Ada yang berkata jika bepergian itu dapat memberi beberapa keuntungan untuk dirimu. Mulai dari menjadi pelipur lara sampai dengan meluaskan pergaulan serta ilmu yang sudah kamu punya. Akan tetapi bepergian tidak harus bersama sama dengan teman teman atau keluarga saja. Bisa jadi akan lebih seru jika kamu melakukannya secara sendiri atau menjadi solo traveler.

Perasaan takut pergi ke tempat yang asing atau tempat yang baru akan menjadi hal yang manusiawi. Akan tetapi kamu harus percaya kalau ketakutan itu akan terbayar dengan kemandirian dan pengalaman yang penuh dengan kebebasan bertanggung jawab. Kamu bisa memaknai setiap perjalananmu dengan cara berpikir yang lebih terbuka.

  1. Ikut serta dalam program pertukaran ke luar negeri

Selain kamu mendapat beasiswa keluar negeri, mengikuti berbagai pertukaran pemuda itu membuatmu cukup beruntung. Karena kamu di sana bisa belajar budaya lain, serta merasakan tinggal di tempat yang baru atau mungkin tempat yang asing, bertemu dengan orang yang cara hidup atau bahasa yang berbeda. Kamu juga dapat berjalan jalan ke tempat yang kamu impikan dahulu. Itu menyenangkan bukan? Mendapat banyak pengalaman, teman, serta kebahagiaan yang tidak bisa kamu dustakan.

  1. Menabung memang perlu, tapi jangan membatasi untuk membeli apapun kalau kamu memang perlu

“ Selagi masih muda, jangan lupa untuk menabung agar kelak nanti pikiran menjadi tenang!”

Menabung sejak dini memang sangat perlu. Tapi jangan sampai kamu pelit dengan dirimu sendiri. Belilah barang selagi kamu itu butuh, dalam arti barang tersebut mempunyai manfaat untuk dirimu.

Misal kamu membeli kamera mirroless yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan bakatmu dalm bidang fotografi. Pokoknya apapun menurutmu itu penting, tidak perlu ditahan ataupun dibatasi. Asalkan kamu bisa mengatur pengeluaran dengan baik.

  1. Mencoba bekerja pada tempat yang berbeda beda

Mungkin banyak orang yang heran ketika mendengar kamu berpindah pindah tempat kerjanya. Mungkin 2 tahun yang  lalu kamu bekerja di penerbitan, tahun kemarin di e-commerces dan sekarang kamu bekerja di google. Orang bilang kamu seperti bunglon yang loncat dari pohon ke pohon lainnya. Mungkin ini kurang baik bagi mereka. Akan tetapi jika kamu mengambil pelajaran dengan baik dari tempat tempat kerjamu, itu merupakan pelajaran yang tidak akan pernah tersia siakan.

Demikian artikel jangan membuat usia 20 mu sia sia. Cobalah hal hal berikut ini selagi masih ada kesempatan terbuka semoga dapat menjadi motivasi dan bermanfaat, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply