9 Cara Untuk Mengatasi Masalah Rambut Berminyak

Posted on

Mungkin banyak masalah yang telah dihadapi oleh para wanita terutama pada rambutnya. Salah satu masalah yang mungkin membuat wanita sebal adalah masalah rambut berminyak. Begitu mudah kotoran menempel, kadang terlihat lepek dan menimbulkan bau yang tidak enak itulah ciri ciri masalah rambut berminyak. Jika anda sering keramas maka kelembaban rambut alami anda akan hilang. Selain itu juga terlalu sering mencuci rambut akan merusak rambut dan akan dapat menghilangkan nutrisinya.

Aktivitas yang menuntut anda untuk bekerja di bawah teriknya matahari mungkin akan menambah parah masalah rambut berminyak anda. Bisa jadi segala macam kotoran akan mudah hinggap sehingga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Untuk anda yang menggunakan hijab, tentu anda harus memperhatikan masalah yang satu ini.

Berikut ini merupakan 9 cara untuk mengatasi masalah rambut berminyak antara lain yaitu:

  1. Gunakanlah shampoo yang ringan

Setiap kulit kepala pastinya mempunyai shampoonya sendiri. Seperti rambut berminyak alangkah baiknya gunakanlah shampoo khusus untuk rambut yang berminyak. Atau bila perlu gunakanlah shampoo untuk bayi.

  1. Menghindari air hangat

Anda janganlah menggunakan air hangat untuk mencuci rambut atau keramas meskipun itu saat cuaca sedang dingin sekalipun. Gunakanlah air yang bersuhu sedang atau air dingin untuk keramas. Sebab air hangat dapat merusak rambut apabila digunakan secara terus menerus.

  1. Keramaslah 3 kali dalam seminggu

Cobalah anda melakukan pencucian rambut atau keramas sebanyak 3 kali dalam seminggu. Pastikan setiap helai rambut anda bersih dan anda jangan terlalu focus pada bagaian kulit kepala. Cucilah sampai bersih setiap helai rambut anda supaya kotoran dan debu yang menempel pada rambut hilang. Gunakanlah conditioner pada setiap helai rambut, bukan pada bagian kulit kepala.

  1. Janganlah menggunakan gel

Dengan memakai gel pada rambut akibatnya adalah akan memperburuk keadaan rambut anda. Hindari pemakaian gel supaya rambut tidak terlihat semakin kusam. Coa biarkanlah rambut secara alami. Yang lebih parahnya lagi pemakaian gel akan merangsang timbulnya minyak berlebih serta akan menyebabkan gatal.

  1. Janganlah terlalu sering menyisir rambut

Menyisir adalah hal yang biasa dilakukan saat rambut terasa berantakan serta sulit untuk diatur. Akan tetapi jika anda terlalu sering menyisir juga tidak akan baik. Sebab gigi gigi sisir yang menyentuh kulit kepala anda akan membuat kulit kepala semakin banyak mengeluarkan minyak, bahkan selain itu juga dapat menyebabkan kerontokan yang makin bertambah.

  1. Gunakanlah air jeruk nipis dan cuka

Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis dan cuka untuk perawatan. Dengan perbandingan 4:1. Bilaslah rambut anda dengan air tersebut setelah keramas, tapi jangan sampai mengenai kulit kepala. Jika air tesebut terlalu banyak mengenai kulit kepala maka akibatnya adalah kulit kepala anda akan semakin terasa gatal serta perih.

  1. Gunakan daun pacar air

Kemampuan yang dimiliki daun pacar adalah mampu menyerap minyak yang ada pada kulit kepala. Caranya yaitu sangat mudah, hanya dengan menghaluskan atau melumat daun pacar air hingga lembut. Lalu oleskan secara merata pada kulit kepala anda. Diamkan dalam beberapa saat sampai daun tersebut bekerja. Setelah itu bilas dengan air bersih hingga bersih. Lakukan ini cukup 2 kali dalam satu bulan.

  1. Gunakan lidah buaya

Dalam dunia kecantikan lidah buaya mungkin tidak asing lagi dalam mengatasi masalah masalah pada rambut. Caranya yaitu dengan mengupas lidah buaya sampai bersih, buanglah lendirnya serta sisakan gelnya saja. Gunakanlah gel lidah buaya untuk dioleskan pada kulit kepala. Diamkan dalam beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

  1. Gunakan tepung maizena

Untuk anda yang hobinya memasak pastinya sudah tahu apa itu yang namanya tepung maizena. Tapi tidak semua orang tahu bahwa tepung maizena ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan tepung maizena, 1 sdm air hangat dan beberapa tetesan air jeruk lemon. Oleskan pada rambut secara merata kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas samapai bersih.

Demikian artikel tentang 9 cara untuk mengatasi rambut berminyak semoga dapat bermanfaat. Dan jangan lupa untuk  melakukannya secara teratur supaya hasilnya cepat terlihat.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply