Memaafkannya Memang Mudah, Tetapi Menghilangkan Lukanya Yang Sulit
Memaafkannya Memang Mudah, Tetapi Menghilangkan Lukanya Yang Sulit

Memaafkannya Memang Mudah, Tetapi Menghilangkan Lukanya Yang Sulit

Posted on

Masing masing orang pasti pernah berbuat kesalahan, tiap dari kita pun pernah meminta maaf dan memaafkan seseorang. Kita di nasehati dan di ajarkan agar dapat memaafkan kesalahan orang lain, walau kesalahan itu sudah terlalu menyakiti hati. Tapi pada kenyataanya memaafkan itu lebih sulit dan susah dari yang kita bayangkan.

Saat ada orang yang berbuat kesalahan dan menyakiti hati kamu, memang susah untuk langsung memaafkanya begitu saja. Contoh, seseorang yang sangat kamu cintai mengaku bahwa dia telah menduakanmu atau teman yang sangat kamu percayai tapi dia malah melukai dan menghianati kamu. Saat hati sudah perih, seakan kata maaf tak pantas untuk dia. hati ini sakit dan di penuhi kemarahan, kenangan manis bersamanya sudah tak ada gunanya. Hubungan yang di jalin dengan kebohongan itu bukan yang dia impikan.

Memaafkannya Memang Mudah, Tetapi Menghilangkan Lukanya Yang Sulit
Memaafkannya Memang Mudah, Tetapi Menghilangkan Lukanya Yang Sulit

Sesungguhnya menyimpan dendam pun tak baik bagi agama maupun kesehatan, itu hanya akan membebani hati dan pikiranmu. Oleh karena itu, kata maaflah jalan keluarnya. Berikut beberapa trik mudah untuk memaafkan seseorang yang telah menyakiti kamu. Check this out!

1# mudah memaafkan tapi juga meninggalkan luka

Sebenarnya meminta maaf mudah kok, bahkan menyuruh dia untuk meminta maaf terlebih dahulu pun bukan hal yang berat. Hanya saja semuanya akan terasa berbeda. Ada luka yang dia berikan. Ada lubang di dalam hati yang selanjutnya meninggalkan bekas. Banyak hal yng di rasa berbeda. Dia yang kamu kenal buknalah orang yang sama. Dia telah menyakiti kamu, susah untuk bersikap seperti dulu lagi pada dirinya.

2#  memaafkan dan melupakan kesalahan itu dua hal yang tak sama

Saat kamu berbuat salah kamu bisa meminta maaf detik itu juga. Tetapi perlu waktu yang lam hingga bertahun-tahun untuk melupakan kesalahan yang pernah dia buat. Walaupun kamu sudah member maaf padanya. Melihat dia akan member rasa yang berbeda. Setiap saat kamu berusaha untuk memaafkan kesalahan dia, semakin kuat juga ingatan soal luka yang pernah dia torehkan padamu. Menghabiskan waktu bersamanya menjadi sesuatu yang menyakiti dan sangatlah menyiksa bagimu.

3# Terpaksa memaafkan karena tak ingin hubungan memburuk

Sakit pastinya jika harus memaafkan orang yang telah melukai perasaan kita. Lebih sakit lagi tatkala kita meminta maaf hanya karena kita ingin membuat dia merasa sakit hati. Kondisi ini memang dapat terasa lebih rumit. Hanya saja adakalanya kita memang harus mengorbankan perasaan karena yang kita inginkan yakni membuat hubungan yang telah di bangun tak memburuk apalagi retak. Kita harus lebih menghargai ikatan yang sudah di jalin dari pada mementingkan egoisme pribadi.

4# Meski susah memaafkan kesalahanya, memaafkan menjadi awal membuka lembaran baru

Setelah kita memaafkan dia, hal tersebut bukanlah jaminan kita akan bisa lupa begitu mudah dengan kesalahan dan rasa sakit  yang dia perbuat dalam hidup. Lubang hati yang kamu rasan walaupun telah hilang, tetapi bekasnya masih bisa di rasa. Ada yang berubah dalam menjalani hubungan dan cara kamu berkomunikasi dengan dirinya.

Tapi selagi ada cara untuk membuka lembaran baru, maka lakukanlah dan jangan ragu ataupun takut untuk tersakiti yang kedua kalinya. Karena adanya sakit kita bisa belajar bahwa hidup itu berputar kadang di bawah dan kadang di atas. Orang yang kita kenal pun dapat berubah dengan cara mereka sendiri. Menyakiti dan tersakiti menjadi bagian hidup yang kita jalani bersama orang-orang terdekat. Kenyataanya memang lebih perih dari pada yang kita bayangkan, tapi begitulah adanya.

Oke sobat, mungkin demikian yang dapat saya sampaikan,semoga bermanfaat bagi anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply