10 Kewajiban Perempuan Setelah Menikah Menurut Islam

Posted on

Seorang perempuan yang telah menikah pasti memiliki peran yang berbeda dari sebelumnya. Sebelumnya dia hidup hanya dalam lingkungan keluarga saja dan memiliki kewajiban sebagai seorang anak bagi orang tua atau sebagai saudara dari adik atau kakaknya. Sekarang perempuan yang sudah menikah mempunyai kewajiban terhadap suaminya.

Kewajiban perempuan yang sudah menikah menurut islam terdapat dalam al quran dan hadist. Selain itu juga istri mempunyai kewajiban terhadap anaknya serta suaminya.

Berikut ini dibawah merupakan 10 kewajiban perempuan setelah menikah menurut islam antara lain yaitu:

  1. Taat terhadap suami

Kewajiban istri yang pertama dan paling utama adalah taat kepada suaminya. Hal tersebut merupakan taat di dalam segala hal. Ketika sudah menikah suami mengambil tanggung jawab penuh pada istrinya. Kehidupan istripun juga yang mengatur dan bertanggung jawab adalah suaminya. Oleh karena itu istri wajib mentaati suaminya, namun dengan catatan kalau suami itu memerintah pada kebaikan. Jika suami memerintah pada kejelekan maka istri berhak tidak taat pada suaminya.

  1. Menjaga kehormatan

Jika ada yang beranggapan bahwa istri tidak perlu lagi untuk menjaga dirinya  sebab sudah ada dalam perlindungan suaminya, maka hal itu tentu menjadi masalah yang besar. Istri justru harus menjaga dirinya lebih baik lagi dalam bersikap maupun berkata supaya tidak merusak kehormatan atau nama baik suaminya.

  1. Mengasuh serta mendidik anak

Apabila istri sudah mempunyai anak, tanggung jawab istri yaitu mengasuh serta mendidik anak bersama suaminya. Peran seorang ibu sanagtlah berbeda dengan peran suami dalam keluarga, karena itulah suami serta istri bisa saling melengkapi dalam mendidik anak. Selain itu juga istri wajib mendidik anak supaya anaknya tidak menjadi anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya.

  1. Menjaga segala rahasia suaminya

Selain taat kepada suami, istri juga wajib dalam menjaga semua rahasia suaminya. Aturan islam yaitu istri tidak boleh membicarakan kejelekan ataupun rahasia suaminya kepada orang lain terutama pada orang tuanya, termasuk dalam menceritakan kejadian dalam hubungan suami di rumah.

  1. Memelihara kerukunan dalam berumah tangga

Berkat peran suami dan istri kerukunan dalam rumah tangga dapat terwujud. Dilihat dari peran istrinya yaitu memelihara serta menjaga kerukunan dalam menjalin rumah tangga supaya tetap rukun, damai dan utuh dalam menjalin hubungan antara anggota keluarga yang lainnya.

  1. Menjaga serta menghormati orang tua

Menikah bukanlah alasan seorang istri untuk berlaku buruk kepada orang tuanya atau menjadi orang asing. Menikah bukanlah berarti putus hubungan dengan orang tua. Seorang istri tetaplah mempunyai kewajiban untuk menghormati orang tuanya  agar tetap dapat membahagiakan orang tuanya walaupun dia sudah ada dalam perlindungan suaminya. Suami yang baik tentunya akan mengizinkan istrinya  untuk tetap menjaga serta berbakti kepada orang tuanya, selama tidak menjerumus pada kejelekan.

  1. Menjaga serta menghormati mertua

Kewajiban isrti lainnya yaitu ikut menjaga serta menghormati mertuanya. Sedangkan kewajiban suami yaitu tetap mendahulukan kedua orang tuanya. Mertua yaitu orang yang telah melahirkan serta membesarkan sang suami, karenanya mereka harus menerima hormat serta bakti yang sama.

  1. Mejalankan semua ajaran agama

Kewajiban seorang istri adalah menjalankan kewajiban dalam beragama seperti, menjalankan shalat lima waktu, puasa, sedekah dan lain sebagainya. Termasuk dalam menjalankan rumah tangganya sesua ajaran islam serta menerapkan pendidikan agama dalam keluarga terutama adalah terhadap anak anaknya serta semua anggota keluarga.

  1. Menjaga tingkah laku dan ucapan terhadap suami

Perempuan yang bertutur kata lembut dan halus kepada suaminya berarti telah memenuhi kewajibannya. Sang istri wajib menyampaikan sesuatu yang menjadi maksudnya terhadap suami dalam menjaga kelanggengan hubungan serta kerukunan dalam berumah tangga. Hal ini tentu saja harus diimbangi dengan cara suami dalam memperlakukan istri yang  baik juga.

  1. Menghormati serta menghargai suami

Kewajiban seorang istri selanjutnya adalah menghargai dan hormat terhadap suaminya. Suami merupakan seorang pemimpin dalam rumah tangga, karenanya suami berhak mendapatkan rasa hormat serta penghargaan dari istrinya.

Demikian artikel tentang 10 kewajiban perempuan setelah menikah menurut islam semoga dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Incoming search terms:

  • kewajiban seorang istri setelah menikah
  • tugas istri setelah menikah
  • kewajiban istri setelah menikah
Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply