Jika Anda Suka Berwisata, Tahukan Anda 10 Tempat Wisata Paling Populer yang ada di Kota Surabaya ini?

Posted on

Kota Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya ini termasuk Kota metropolitan terbesar di provinsi jawa Timur ini. Dan kota Surabaya ini merupakan Kota terbesar setelah Jakarta. Di Kota ini banyak sekali pusat perdangangan, bisnis, industri serta pendidikan . Kota Surabaya ini terletak 796 km di sebelah timur Jakarta, ataupun 415 km di sebelah barat laut Denpasar Bali. Di Kota Surabaya ini terdapat 10 juta jiwa, dan sekaligus kawasan metropolitan terbesar kedua yang ada di Indonesia ini setelah Jabodetabek.

salah satu wisata populer yang ada di Kota Surabaya
salah satu wisata populer yang ada di Kota Surabaya

Di Kota Surabaya ini juga memiliki banyak pesona tempat wisata yang unik dan indah, kota ini juga bisa memeberi kamu banyak pengetahuan sejarahnya loh guys. Adapun julukan Kota Surabaya ini ialah Kota Pahlawan, Sebuah nama karena pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia di Kota Surabaya terjadi pertempuran yang sangatlah hebat antara rakyat Surabaya dengan tentara penjajah dahulunya.

Oke guys, tak hanya itu saja, pesona wisata Surabaya saja yang bisa kamu temukan di kota ini, berbagai macam jajanan kulinernya pun sangatlah beraneka ragam loh.Kamu bisa saja menemukan makanan yang pastinya menggoda selera makan kamu jika berada di kota ini. Selain itu juga Kota Surabaya memiliki beberapa tempat wisata yang tentunya wajib sekali kamu kunjungi jika kamu bermain ke kota ini guys, antara lain:

Tugu Pahlawan                                                                        

Tugu pahlawan ini sebuah monument untuk kita bisa mengingat arek-arek Suroboyo akan melawan tentara sekutu dahulunya. Monumen ini memilki tinggi 41.15 meter, dan monument ini juga mempunyai bentuk lingga atau paku terbalik, sehingga badan tiangnya berbentuk lengkungan (Canalures). Dan jika kamu berwisata ke tempat ini, kamu juga bisa menjumpai Museum 10 November. Dimana Museum itu tempat mengungkapnya banyak cerita tentang makna Tugu Pahlawan dan juga sebuah bukti sejarah pada 10 November 1945 dahulu.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam ini merupakan sebuah wujud dari KRI Pasopati 410, salah satu Kapal selam TNI (Angkatan Laut dari satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur ini). Monumen ini berlokasi di pusat Kota Surabaya. KRI Pasopati ini juga termasuk jenis SS type Whisky Class yang dulunya dibuat di Vladi Rusia tepatnya pada tahun 1952.  Dan sampai sekarang kapal selam ini menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Kota Surabaya yang memiliki daya tarik unik bagi wisatawan yang berkunjung.

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular ini ialah kelanjutan dari didirikannya lembaga kebudayaan Stedelijk Historisch, oleh seorang warga Surabaya yang berkebangsaan Jerman ini, bernama Von Vaber tepatnya pada tahun 1933. Di dalam museum ini juga mempunyai 15.000 koleksi, dari mulai peninggalan masa prasejarah, peniggalan Buddha, Islam, masa kerajaan Hindu, serta pada masa kolonial. Dan adpun lokasi Museum ini berada di Jl.Raya Buduran, Jembatan laying, Sidoarjo.

Museum WR.Soepratman

Di Museum WR.Soepratman ini kamu bisa melihat tulisan asli dari WR.Soepratman loh guys, pada saat ia sedang membuat lagu Indonesia Raya, serta kamu juga melihat langsung biola historis yang setia menemaninya pada saat membuat beberapa lagu kebangsaan. Dan adapun lokasi museum ini sendiri berdekatan dengan makan salah satu pahlawan Indonesia, tepatnya berada di Jl. Mangga Tambaksari, Surabaya.

Patung Buddha Empat wajah

Patung ini ialah patung tertinggi yang berada di Indonesia dan patung ini juga tercatat MURI loh guys, keren kan? Konon ada yang berkata kalau pataung Buddha ini juga mirip dengan patung Buddha yang berada di tempat wisata Bangkok loh. Bangunan Patung Buddha Empat wajah ini dikelilingi oleh 4 pilar, yaitu pilar hijau dan emas yang memiliki 3 bagian, stupa, patung Buddha dan singgasana Buddha. Dan adapun Patung Buddha dan takhta ini masing-masing mempunyai tinggi 9 meter.

House Of Sampoerna

Wisata Surabaya ini berlokasi di Surabaya Lama. House Of Sampoerna ialah sebuah kompleks bagunana bergaya kolonial Belanda yang dulunya dibangun pada tahun 1862 dan bangunan ini merupakan situs bersejarah di Kota Surabaya yang sangat dilestarikan. Dahulunya bagunan ini digunakan sebagai sebuah panti asuhan putra yang diatur oleh pemerintah Belanda pada tahun 1931. Dan kemudian kompleks ini dibeli oleh Liem Seeng Tee (pendiri Sampoerna). Kemudian bangunan ini dijadikanlah sebuah pabrik rokok Sampoerna yang pertama kali di Indonesia ini. Sampai sekarang, kompleks ini masih berfungsi sebagai pabrik pembuatan rokok.

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar ialah sebuah masjid yang megah dan modern, masjid ini juga merupakan sebuah masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta. Bahkan masjid ini juga sebagi ikon religi Kota Surabaya loh guys. Yang unik dari masjid ini ialah dihiasi dengan berbagai corak ukiran dan kaligrafi, sehingga menjadikan masjid ini unik dan megah. Adapun pintu masuk masjid ini terdiri atas 45 pintu utama, dan semuanya itu terbuat dari kayu jati yang diukir. Dan dari situlah banyak wisatawan yang datang ke masjid ini.

Jembatan Merah

Jembatan Merah ini merupakan sejarah saksi pertempuran heroic pada tanggal 10 November tahun 1945 di Surabaya. Bahkan sejarah mencatat, peristiwa tewasnya Brigjen Mallaby ini pada bentrokan antara para pejuang Indonesia dengan tentara Belanda tepatnya di dekat Jembatan Merah. Dan area disekitar tempat ini dahulunya adalah sebuah daerah hunian dan perdagangan untuk orang Eropa di bagian barat khususnya. Sedangkan untuk bagian timur ialah daerah hunian untuk orang Cina, Arab dan Melayu.

Pusat Sepatu Wedoro

Wedoro ini sangatlah terkenal dengan industri sepatunya. Banyak orang yang sengaja datang ke tempat ini dan bahkan menjadi pelanggan setia di Pusat Sepatu Wedoro ini. Di pusat ini anda juga akan mendapatkan lebih dari 210 toko. Pusat ii juga berlokasi di Kecamatan Waru, Sidoarjo, perbatasan Surabaya.

Pasar Turi Surabaya

Pasar Turi ini ialah sebuah pasar grosir yang berada di Kota Surabaya. Di pasar ini anda dapat menemukan berbagai macam barang, dan bisa anda sebut saja sebagai tempat wisata belanja Surabaya yang memikat, karena harganya yang murah dan kelengkapan barang itu juga menjadikan pasar ini banyak pembelinya. Adapun pasar Tuli ini terbagi atas dua segmen loh, yakni pasar Turi lama dan pasar Turi baru, dan masing-masing bangunan pasr ini terdiri atas 3 lantai. Lantai bawah menjual makanan dan minuman khas Kota Surabaya, sedangkan lantai 2 dan 3 menjual berbagai barang seperti garmen, peralatan rumah tangga, elektronik, sepatu dan tentunya masih banyak lagi.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply