buangairkencing
Sering Buang Air Kecil

Apakah Anda Sering Buang Air Kecil? Mungkin Inilah Penyebabnya

Posted on

Sering melakukan buang air kecil itu mungkin terjadi karena terlalu Banyak minum dan bahkan bisa jadi karena kondisi medis tertentu yang tak bisa disepelekan. Dan untuk buang air kecil ukuran normalnya sehari itu 4-8 kali atau kira-kira 1-1,8 liter. Akan tetapi ada juga orang yang buang air kecil melebihi frekuensi diatas. Dan bahkan dia juga harus sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Dan jika hal ini terjadi itu artinya ada kondisi medis tertentu.

buangairkencing
Sering Buang Air Kecil

Akan tetapi, anda juga harus lebih memastikan apakah anda memang terlalu banyak minum atau mungkin anda minum mendekati dengan waktu tidur sehingga anda mudah terbangun ketika tidur. Dan bila anda tidak mengalami hal demikian, maka perhatikanlah gejala-gejala lain yang bisa jadi anda rasakan.
Berikut merupakan beberapa kondisi yang menjadi Penyebab seringnya buang air kecil dan gejala lain yang bisa menyertai juga:

  • Infeksi saluran kemih.
    Jika anda selalu ingin buang air kecil yang tak bisa ditahan. Dan apabila rasanya juga disertai demam dan rasa yang tidak nyaman atau mungkin nyeri pada area perut itu bisa menjadi tanda pertama infeksi saluran kemih.
  • Terlalu aktifnya kandung kemih.
    Kandung kemih yang aktif ini terjadi karena kondisi otot kandung kemih berkontraksi tiba-tiba dan tidak terkontrol, sehingga ini yang menjadi penyebab keinginan anda untuk buang air kecil meskipun kandung kemih belum terisi penuh.
  • Infeksi ginjal.
    Dan selain anda merasakan seringnya buang air kecil, mungkinkah anda juga mengalami gejala seperti sakit di punggung, sakit di sekitar pangkal paha, mual, muntah,demam, diare, dan juga gemetaran.
  • Batu ginjal.
    Ketika urine terkonsentrasi maka batu mineral akan terbentuk di dalam kandung kemih. Dan selain gejal ini gejala lain yang mungkintimbul adalah kencing yang keluar sedikit-sedikit dan juga disertai rasa nyeri, terbangun di malam hari untuk kencing, perut bagian bawah merasa sakit, warna urine berubah menjadi gelap atau keruh bahkan terdapat darah pada urine.
  • Kehamilan.
    Untuk awal kehamilan biaanya akan mudah sering buang air kecil karena uterus yang akan tumbuh dan terus menekan kandung kemih.
  • Diabetes.
    ketika seseorang buang air kecil dengan tidak normal seringkali di sebut dengan gejala diabetes. Karena hal ini diakibatkan oleh tubuh yang terus berusaha membersihkan glukosa yang tak terpakai di darah melalui urine.
  • Gangguan prostat.
    Hal yang menyebabkan dinding pada kandung kemih mengalami iritasi adalah pembesaran prostat yang menekan uretra dan menutup aliran urine. Sehingga yang terjadi kandung kemih mudah berkontraksi meskipun ada sedikit urine, sebab itulah sering sekali muncul ingin membuang air kecil.
  • Mengonsumsi obat-obatan diuretik.
    Obat yang memiliki tekanan darah tinggi atau penimbunan cairan yang ada di ginjal seperti itulah obat-obatan diuretik. Dan obat inilah yang akan membuang cairan yang berlebih di dalam tubuh dan menyebabkan tubuh ingin buang air kecil terus menerus.
  • Penyakit saraf atau stroke.
    Saraf yang rusak sering kali berkaitan dengan fungsi kandung kemih dan memicu seringnya buang air kecil.
  • Peradanagan pada dinding usus besar.
    gejala ini biasanya berawal dari pusar dan terus bergerak ke perut yang bagian bawah, demam, seringnya buang air kecil serta merasakan rasa nyeri saat kencing, dan bahkan ada juga yang pendarahan pada dubur.
  • Faktor psikologis.
    Gejala yang ini salah satunya adalah cemas yang berlebih dan berlangsung lama. Seperti, khawtir tentang keuangan, sekolah, pekerjaan, atau keluarga. Namun, tak bisa dijelaskan yang menjadi penyebab secara spesifik atau gangguan cemas menyeluruh. Selain seringnya buang air kecil gejala lainnya adalah jantung yang berdebar-debar, otot tegang, berkeringat, sulit tidur mudah marah, mudah terkejut, gemeteran, dll.
buangairkecil
Penyebab Sering Buang Air Kencing

Oleh karena itulah juga diperlukan pemeriksaan urine untuk mengethui apakah urine abnormal atau tidak. Dan bukan hanya itu saja, biasanya juga dilakukan tes pencitraan, tes neurologis, dan juga tes urodinamik. Ini dilakukan supaya tahu dan menampilkan gambar dari dalam tubuh, memeriksa gangguan saraf, dan juga memeriksa apakah ada kerusakan pada kandung kemih.

Untuk pengobatannya dilakukan tergantung dari penyebabnya, apabila dikarenakan infeksi biasanya dokter akan memberikan antibiotik, dan apabila diabetes penanganannya yaitu mengontrol gula darah.

Untuk kandung kemih yang terlalu aktif kami juga bisa membantu memberikan saran dengan langkah-langkah berikut:

  • Melatih kandung kemih
  • Senam kegel
  • Mengganti pola makan
  • Akupuntur

Saya rasa cukup untuk Berbagi info ini. Dan jika anda memiliki gejal-gejala di atas maka segeralah periksa ke dokter karena ini bukanlah hal yang sepele. Apalagi ketika air kencing sudah berubah warna menjadi keruh dan gelap atau terdapat darah pada urine.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply